SETELAH COVID-19 HILANG KITA HARUS MEMBANGUN KEHIDUPAN EKONOMI YANG KUAT


“Akumulasi pikiran dan perasaan positif kita yang solid adalah sumber daya paling berharga yang kita miliki untuk membangun ekonomi yang hebat.”~Djajendra

Sesulit apa pun peristiwa yang sedang kita alami, kita harus optimis dengan masa depan kita. Jika kita tidak banyak menuntut dari orang lain dan mulai mengambil tanggung jawab dengan memperbaiki etos kerja kita untuk membangun kehidupan ekonomi yang lebih baik, maka kehidupan ekonomi kita menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Sekarang ini kita membutuhkan pemikiran yang optimis dan tindakan yang produktif. Justru di masa sulit seperti hari ini, kita harus menguatkan nilai-nilai yang membuat hidup kita kaya. Nilai-nilai seperti ketenangan, kedamaian, kepedulian, cinta, sukacita, optimis, rasa syukur, penerimaan, dan rasa hormat pada peristiwa hari ini, adalah nilai-nilai yang mampu mendorong kita untuk membangun kehidupan ekonomi yang lebih kuat. Hindari menjadi serakah, egois, takut miskin, menuntut, pamer, meminta, gengsi, dan semua energi rendah lainnya. Dalam masa sulit ini, dalam pikiran kita semua hanya harus ada niat untuk berbagi, peduli, dan menjaga harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Mental miskin itu hanya akan menuntut dan menerima dari orang lain. Mental kaya itu hanya fokus untuk menjadi produktif dan membangun etos kerja untuk bisa melewati apa pun yang harus dilewati dengan optimis.

Semua rasa takut dan khawatir itu terjadi karena kita tidak memiliki keyakinan, kepercayaan diri, dan iman dalam integritas. Jika kita cerdas, maka kita akan sadar untuk ikhlas dengan kenyataan yang sedang kita hadapi. Sebaliknya, sikap dan perilaku seperti egoisme, takut kehilangan, keserakahan, kemelekatan, dan ingin menumpuk keuntungan dari kesulitan yang ada, menunjukkan bahwa diri kita masih kurang cerdas dan mental miskin kita begitu kuat. Sebab, semua sikap dan pemikiran negatif itu hanya akan membawa ekonomi ke dalam kemiskinan. Membangun ekonomi yang kuat berarti kita semua harus mulai menabur kejujuran, integritas, produktivitas, etos kerja berkualitas, kepercayaan diri, berbagi, memberikan yang terbaik, melakukan perbuatan baik. Jika kita mampu memberdayakan potensi dan bakat kita dengan penuh semangat dalam situasi seperti hari ini, maka kita akan mengambil buah terbaik dari kerja keras kita.

Tidak perlu terlalu banyak memikirkan segala sesuatu yang bersifat buruk dan menurunkan semangat hidup kita. Gunakan pikiran dan emosi hanya untuk hal-hal yang membuat hidup kita lebih baik. Pikiran dan perasaan kita itu sumber daya ekonomi yang paling berharga, rawat dalam energi positif agar dapat digunakan untuk membangun ekonomi yang kuat. Jadi, jangan melakukan pemborosan dengan berpikir dan merasakan hal-hal yang membuat kita takut, marah, malas, lemas, kehilangan akal sehat. Sebab, ini semua adalah energi buruk yang akan merusak kekuatan ekonomi kita. Akumulasi pikiran dan perasaan positif kita yang solid adalah sumber daya paling berharga yang kita miliki untuk membangun ekonomi yang hebat. Kita adalah pemenang sejati dalam pertarungan melawan covid-19. Perang ini segera kita menangkan. Jadi mulai detik ini investasikan waktu, kualitas diri, semangat, energi, materi, keterampilan, potensi, etos kerja terbaik, pikiran, perasaan, dan kekuatan kita ke dalam hal-hal yang benar-benar produktif untuk membangun ekonomi kita yang kuat di masa depan.

Djajendra

Popular posts from this blog

Ketika Anda Merasa Kasihan Pada Diri Sendiri, Saat Itu Anda Sedang Mengalami Kemunduran Kepercayaan Diri. Jangan Pernah Mengasihani Diri Sendiri, Tapi Disiplinkan Diri Anda Untuk Menjadi Lebih Kuat Dan Lebih Tangguh Dalam Menghadapi Realitas Hidup.~Djajendra