ADA MASALAH ADA SOLUSI



“Covid -19 tidak sekedar virus yang mematikan, tetapi juga guru yang mengajarkan kita untuk hidup dengan rendah hati dan menabung.”~Djajendra

Masalah dan solusi adalah dua peristiwa yang selalu abadi dalam kehidupan. Jika ada masalah pasti ada solusi; karena itu, jangan bersedih, jangan khawatir, jangan takut. Terimalah masalah itu dengan tenang dan yakinkan diri sendiri bahwa dalam setiap masalah pasti ada solusinya. Setiap masalah selalu membawa solusi. Demikian juga, dalam setiap solusi akan muncul masalah baru. Jadi, tidak mungkin kita hidup tanpa masalah. Masalah adalah bagian dari proses menjadikan diri kita lebih bijaksana dan berpengalaman. Oleh karena itu, tidak perlu takut atau khawatir tentang apa yang akan terjadi besok, karena besok akan membawa masalahnya sendiri dan masalahnya akan memiliki solusinya sendiri. Begitulah cerita hidup kita akan selalu mengalir dalam masalah dan solusi.

Jika kita bijak dan cerdas, kita tidak akan sedih dan panik dengan masalah yang sedang kita hadapi. Sekarang ini, di jaman covid-19, terlalu banyak kesedihan dan ketakutan akan masa depan. Energi ketakutan dan kebingungan sangat terlihat di lingkungan kehidupan masyarakat. Jangan bersedih, jangan takut, masa depan masih sangat cemerlang. Ketika ketakutan dan kekhawatiran menguasai diri kita, ketika kita sedang tidak memiliki kemampuan untuk berbuat apa-apa, ketika kesedihan menguasai perasaan kita, maka yakinkan diri sendiri bahwa pertolongan dari Tuhan sudah sangat dekat. Katakan kepada diri sendiri untuk tidak bersedih, takut, atau khawatir.

Selama ini sebagian besar dari kita hidup dalam budaya konsumtif dan tidak menabung. Peristiwa covid-19 menyadarkan banyak orang tentang pentingnya menabung. Orang-orang yang terlihat sangat kaya dan tinggal di rumah gedung besar juga sedang tidak memiliki uang. Cicilan rumah, mobil, kartu kredit harus dibayar; kenyataan saat ini, penghasilan nol besar dan tabungan nol besar. Jadi, orang-orang yang terlihat kaya juga sedang menghitung beras untuk hidup mereka. Orang yang terlihat kaya dan orang yang terlihat kurang kaya semuanya sedang dibuat pusing sama covid-19. Covid -19 tidak sekedar virus yang mematikan, tetapi juga guru yang mengajarkan kita untuk hidup dengan rendah hati dan menabung.

Kita tidak perlu takut dan khawatir dengan kenyataan yang sedang kita rasakan. Hidup kita ini tidak lebih hanya sebuah pengalaman yang didapatkan dari masalah dan solusi. Kita mendapat hadiah dari Tuhan untuk berwisata menikmati bumi yang indah ini. Semua kesulitan dan masalah saat ini pasti dapat berubah menjadi kemudahan dan solusi bagi hidup kita. Covid-19 pun pasti mampu dibubarkan oleh pasukan di dalam diri kita masing-masing. Ketika peristiwa covid-19 sudah lewat, kita tidak boleh lupa diri untuk menjadi pribadi baru yang lebih baik bagi kehidupan. Kita harus membangun kualitas diri kita yang lebih rendah hati, tidak serakah, tidak mengambil hak orang lain, tidak merusak alam, tidak mengotori udara, tidak mengotori sungai dan laut, tidak mengotori air, tidak merugikan orang lain, hidup dengan empati dan toleransi, saling menghormati dan menghargai.

Djajendra

Popular posts from this blog

Ketika Anda Merasa Kasihan Pada Diri Sendiri, Saat Itu Anda Sedang Mengalami Kemunduran Kepercayaan Diri. Jangan Pernah Mengasihani Diri Sendiri, Tapi Disiplinkan Diri Anda Untuk Menjadi Lebih Kuat Dan Lebih Tangguh Dalam Menghadapi Realitas Hidup.~Djajendra