KOLABORASI DAN SINERGI MENJADIKAN KITA MAMPU MELAKUKAN YANG PALING SULIT DENGAN MUDAH



“Kita semua menyatu ke dalam kolaborasi dan sinergi, karena kita sendiri-sendiri tidak memiliki arti apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan besar tersebut.”~Djajendra

Bersatu dalam kerja bersama menjadikan kita kuat dan mampu mencapai prestasi terbaik. Kolaborasi dan sinergi mengandung arti untuk bekerja bersama menyelesaikan pekerjaan yang tidak mungkin dikerjakan sendiri. Dalam hal ini, masing-masing orang harus memiliki kesabaran terhadap diri sendiri, karena secara sendiri-sendiri tidak memiliki apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi, tinggalkan ego dan kesombongan diri, sebab jika ego kita masih tinggi dan masih merasa kita yang mengatur semuanya, maka kesulitan kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut terletak dalam diri kita sendiri. Masing-masing orang memiliki potensi dan bakatnya sendiri yang hebat, sehingga tidak perlu menghabiskan energi untuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan juga tidak penting untuk berlomba dalam persaingan dengan orang lain. Jadilah diri sendiri dengan integritas pribadi yang tinggi dan siapkan kualitas diri terbaik untuk bekerja dalam kolaborasi yang kaya prestasi. Miliki kualitas diri terbaik untuk melayani waktu, ruang, orang, budaya, dan semangat bersama dari diri Anda yang penuh komitmen untuk hasil terbaik.

Kolaborasi memiliki arti dua atau lebih orang menyatukan diri secara sadar untuk terlibat dalam proses kerja bersama, mereka semua memiliki komitmen untuk bekerja bersama menuju pencapaian target yang disepakati secara bersama. Intinya, terjadi kerja tim yang satu sama lain merasa bersama-sama dalam proses untuk mencapai tujuan atau target yang disepakati bersama. Sedangkan sinergi memiliki arti kemampuan interaksi dalam kolaborasi. Sinergi menyatukan sifat dan perilaku yang berlawanan atau yang secara sendiri-sendiri tidak bermanfaat, tetapi jika disatukan dapat menjadi kekuatan yang sangat bermanfaat. Sinergi memiliki tujuan untuk menyatukan atau menghimpun semua kekuatan, potensi terbaik, bakat yang belum terlihat, dan semua perbedaan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Biasanya, sumber kerjasama sinergi itu jelas dan terlihat dalam wujud kolaborasi; kemudian, ada semangat dan peluang untuk menyatukan sumber daya untuk sebuah hasil akhir yang dikehendaki bersama; selanjutnya, semua orang yang terlibat dalam sinergi mampu merasakan dan meyakinkan dirinya sendiri bahwa kerja sama mereka saling menguntungkan.

Kolaborasi dan sinergi yang berkualitas bersumber dari sifat-sifat positif yang menguatkan empati, toleransi, kebersamaan, kecintaan, kompak, pengabdian, dan secara manusiawi merasa terpanggil hati nuraninya untuk mencapai sebuah hasil yang lebih baik. Setiap orang yang ingin melakukan kolaborasi dan sinergi harus memiliki kesadaran dan mau melakukan manajemen diri yang baik. Kesadaran dan manajemen diri bertujuan untuk menjadikan diri sendiri selalu berbaik hati dan memiliki prasangka baik terhadap kerja bersama tersebut. Dalam suara hati harus ada kesadaran dan pengertian yang mendalam bahwa semua orang sedang berjuang dan berusaha memaksimalkan potensi terbaik untuk diberikan pada kerja sama tersebut, sehingga kita semua harus saling menghargai dan memahami dengan sopan-santun yang etis. Belas kasih, kesabaran, bahasa positif, kata-kata optimis, semangat melayani, senyum, penampilan yang energik, dan mental pemenang untuk mengatasi rintangan yang dihadapi, haruslah menjadi budaya dalam kerja bersama tersebut.

Kolaborasi dan sinergi membutuhkan semangat pribadi untuk meningkatkan kualitas tim kerja. Kita harus membiasakan diri untuk fokus pada pekerjaan dan bukan pada orang. Kolaborasi dan sinergi bertujuan agar kita benar-benar fokus pada kerja sama dan tidak bersaing dengan rekan kerja, kita juga tidak berusaha mengalahkan mereka, atau mencoba membuktikan bahwa kita lebih pintar dan lebih penting dari yang lain. Kita semua menyatu karena kita sendiri-sendiri tidak memiliki arti apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan besar tersebut. Bersatu secara nilai, prinsip, sistem, budaya, dan energi positif. Bersatu dulu dalam kolaborasi yang kaya disiplin dan tanggung jawab. Kemudian, sadarlah bahwa jika kita sendiri-sendiri, kita menjadi lemah dan tidak memiliki kemampuan untuk mencapai kinerja terbaik. Oleh karena itu, kita semua bersatu dan menyatu dalam sinergi, sehingga menjadi sebuah kekuatan dan kemampuan untuk menghasilkan kinerja terbaik. Jadi, dengan kita melakukan sinergi, kita merasa mampu untuk memberikan hasil terbaik, yang jika kita kerjakan sendiri-sendiri tidak mungkin dapat kita hasilkan seperti yang dihasilkan dalam kebersamaan kita.

Pekerjaan besar membutuhkan banyak bakat, kemampuan, energi positif, dan kompetensi terbaik. Jika kita semua menyatu dalam kolaborasi dan sinergi, kita menjadi sangat kuat dan mampu menghasilkan karya terbaik. Kita harus sadar dalam sikap rendah hati bahwa kita bukan ‘superman’ untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan besar, kita membutuhkan kemampuan dan energi positif dari banyak orang-orang yang memiliki mental pemenang yang produktif. Semangat kerja yang proaktif menemukan kedekatan pribadi agar dapat menyatu dalam tim dan membantu bekerja bersama, saling memberikan kualitas dan kemampuan untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik, serta selalu menjaga diri masing-masing dengan energi positif yang kuat agar semakin menyatu secara kolektif untuk mencapai tujuan bersama. Tinggalkan kesombongan diri, tinggalkan untuk bersaing dengan rekan kerja, tinggalkan sifat buruk yang menghalangi kemajuan orang lain. Kita tidak perlu menghabiskan waktu dan energi kita untuk kompetisi dengan rekan kerja sendiri, kita perlu konsentrasi dan fokus yang tinggi agar kita dapat menggunakan potensi dan bakat terbaik kita dalam kolaborasi dan sinergi. Persaingan tidak sehat dengan rekan kerja membuat kita lupa diri bahwa kita memiliki kekayaan potensi dan bakat yang luar biasa hebatnya untuk kita berikan pada kerja sama. Jadilah diri sendiri yang berkualitas tinggi dalam kolaborasi dan sinergi. Jangan membanding-bandingkan diri Anda dengan siapa pun, sebab semua orang dalam kolaborasi harus menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Pada akhirnya, kolaborasi dan sinergi membutuhkan Anda yang tetap fokus pada tugas, bukan fokus pada orang. Berbahagialah sebagai pribadi produktif yang mampu menerima semua orang dengan rasa cinta dan peduli membantu orang lain dalam proses kolaborasi dan sinergi.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

Popular posts from this blog

Ketika Anda Merasa Kasihan Pada Diri Sendiri, Saat Itu Anda Sedang Mengalami Kemunduran Kepercayaan Diri. Jangan Pernah Mengasihani Diri Sendiri, Tapi Disiplinkan Diri Anda Untuk Menjadi Lebih Kuat Dan Lebih Tangguh Dalam Menghadapi Realitas Hidup.~Djajendra