PEKERJAAN KITA MEMBUTUHKAN CINTA DAN PIKIRAN YANG TENANG UNTUK MENGHASILKAN PRESTASI


“Profesionalisme dari seorang pekerja yang andal, melampaui ambisi dan egoisme, tidak ada awal dan akhir, setiap saat hadir untuk memberikan kinerja terbaik.”~Djajendra

Pribadi yang profesional sangat mengerti untuk mempersiapkan kualitas dirinya agar dapat memberikan kontribusi dan pelayanan prima dalam organisasi. Kualitas pribadi yang dimaksud adalah kepribadian yang tegar, kuat, bermental pemenang, sehat, bahagia, damai, tenang, gembira, dan hadir ke tempat kerja untuk memberikan kebaikan dan kemenangan. Kualitas pribadi yang memiliki etos untuk taat pada kode etik, sistem kerja, nilai organisasi, prinsip-prinsip kehidupan kerja, kepemimpinan, dan cara menuju pencapaian visi. Jiwa dan raga betul-betul mengikuti visi dan misi, serta pandangan logis dan rasional tentang realitas yang dihadapi.

Kepribadian yang profesional lahir dari rasa cinta pada pekerjaan dan kemampuan untuk selalu menjaga pikiran dalam kondisi yang paling tenang. Profesionalisme melampaui ambisi dan egoisme, tidak ada awal dan akhir, setiap saat hadir untuk memberikan kinerja terbaik. Kinerja dan prestasi dihasilkan dari rasa cinta untuk memberikan yang terbaik. Selalu ada pada waktu yang tepat dan secara konsisten memberikan pekerjaan berkualitas tinggi untuk mencapai yang terbaik. Mempertahankan atau menyatukan kualitas diri ke dalam proses kerja, serta bekerja berdasarkan prinsip realitas yang merupakan dasar dari keberadaan organisasi dan pelayanan.

Pribadi yang profesional selalu fokus dan hanya memperhatikan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Tidak pernah terlibat gosip di tempat kerja, tidak pernah terlibat politik kantor, tidak pernah menciptakan kontroversi dan konflik. Selalu hadir dengan cinta dan pikiran yang paling tenang untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab dengan kualitas tinggi. Kreativitas adalah akar dari profesionalisme. Oleh karena itu, seorang yang profesional benar-benar merasa bebas untuk mengalami kreativitas dalam mengambil solusi dan keputusan. Mampu membedakan mana urusan kerja dan urusan pribadi. Jika sudah di tempat kerja, hati dan pikiran betul-betul fokus pada pekerjaan. Tidak akan membiarkan pikiran membawa kehidupan pribadi ke tempat kerja, tidak akan membiarkan emosi dan akal membawa kehidupan rumah atau sosial ke lingkungan kerja. Jadi, di tempat kerja benar-benar secara total dan penuh rasa tanggung jawab akan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Profesionalisme adalah tentang jiwa dan bukan tentang raga. Jadi, seseorang yang berpenampilan atau berpakaian sesuai profesinya tidak langsung bisa dikatakan dia seorang profesional. Intinya, profesionalisme dilihat dari perilaku, bukan penampilan. Jika perilaku kerjanya dapat dirasakan membawa kehormatan bagi organisasi, memberikan prestasi dan kinerja, serta membuat dirinya kompeten dan sangat diandalkan oleh organisasi, maka dia inilah yang dapat dikatakan sebagai seorang profesional sejati.

Seorang profesional harus banyak belajar dan kalau bisa setiap hari belajar untuk meningkatkan kualitas diri. Seberapa banyak pun kompetensi yang sudah dikuasai haruslah hadir dengan sikap rendah hati. Kesombongan akan menghilangkan semua kemampuan, dan menjadikan Anda tidak mahir atau cakep dalam pekerjaan. Kesombongan dan rasa mengetahui banyak hal akan membuat keterampilan dan pengetahuan menjadi usang, dunia kerja sedang berada di zaman perubahan yang membutuhkan inovasi berkelanjutan, tanpa henti. Oleh karena itu, selalu positif untuk peningkatan kualitas diri dan tidak boleh pesimis dengan realitas yang ada. Memiliki sikap yang optimis dan berusaha menjadi pemecah masalah dalam era perubahan.

Seorang profesional menyiapkan kualitas dirinya menjadi keandalan semua orang. Dia menjadi harapan dan tempat bergantung banyak orang. Dia selalu hadir tepat waktu dan menyelesaikan pekerjaan pada waktunya, serta dengan sangat cepat mengirimkan hasil kerjanya ke proses selanjutnya. Kejujurannya tidak diragukan dan sangat konsisten untuk mengatakan yang sebenarnya. Dia seorang pencari solusi yang hebat dan sangat jujur tentang di mana segalanya berada. Memiliki prinsip-prinsip dan nilai-nilai kejujuran yang sangat konsisten dalam wujud tanggung jawab dan transparansi.

Karakter kerjanya memperlakukan semua orang menjadi orang penting yang dibutuhkan. Tidak pernah merendahkan siapa pun dan selalu memimpin untuk melayani, tidak pernah meminta dilayani. Selalu hadir untuk membantu dan memberikan kegembiraan di lingkungan kerja. Lebih suka mendengarkan dan sangat teliti dalam semua hal. Tidak tergesa-gesa, selalu tenang dan memahami orang lain dengan sebaik-baiknya. Seorang profesional sejati sangat sadar dan mengerti bahwa orang-orang ingin didengar, jadi dia memberi kesempatan kepada siapa pun untuk menjelaskan ide-ide mereka dengan santai dan gembira. Di samping itu, dengan ikhlas dan tulus suka mendukung gagasan positif orang lain. Dia juga hadir sebagai mentor yang menunjukkan cara melakukan sesuatu dengan benar. Memiliki empati dan toleransi yang hebat untuk membangun kemajuan dan menciptakan kebahagiaan di lingkungan kerja.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com