PERILAKU ORANG YANG CERDAS EMOSIONAL



“Kecerdasan emosional membuat kita sangat sadar untuk merasakan hal-hal baik di saat hal-hal tidak baik mengganggu kenyamanan hidup kita.”~Djajendra

Kecerdasan emosional merupakan kekuatan yang harus kita latih dan diasah terus-menerus untuk membantu kehidupan kita. Kecerdasan emosional itu seperti alat bantu kita untuk menghadapi berbagai persoalan mendasar yang bersumber dari diri sendiri dan orang lain. Alat bantu ini ada di dalam potensi kita dan kita harus betul-betul mengenal diri sendiri secara sempurna agar kita dapat menemukan potensi kecerdasan emosional di ke kedalaman diri sendiri. Manfaatkan kecerdasan emosional untuk mengendalikan stres, kemarahan, depresi, perasaan putus asa, ketakutan, kekhawatiran, dan semua hal-hal negatif yang merugikan hidup kita. Jadilah diri sendiri yang utuh dalam kepribadian positif untuk memudahkan diri kita menemukan potensi kecerdasan emosional di ke kedalaman diri sejati.

Dalam kehidupan yang serba cepat dengan perubahan yang tidak bisa dihindari, kita membutuhkan daya tahan mental dan emosional yang hebat. Seseorang yang cerdas emosional selalu tenang dan sabar saat menghadapi hubungan yang buruk dengan orang lain. Perilaku utama dari orang yang cerdas emosional adalah hebat dalam pengendalian diri, memahami situasi diri sendiri dan orang lain, melihat dan menguasai makna dari jenis-jenis emosi yang muncul dalam diri, dan mengevaluasi emosi diri sendiri bersama dengan emosi orang lain secara konsisten. Jadi, ini adalah tentang kemampuan kita untuk memiliki kontrol terhadap berbagai jenis emosi yang muncul di dalam diri oleh berbagai sebab dan akibat yang bersumber dari persepsi, keinginan, keyakinan, kebutuhan, orang lain, situasi, peristiwa, kejadian, dan konflik.

Kecerdasan emosional mendorong kita untuk tidak mengabaikan perasaan atau emosi orang lain. Empati dan kepedulian kita akan semakin menguat di dalam diri kita, sehingga kita mampu memperlihatkan perilaku baik dan sopan-santun kepada orang-orang di sekitar kita. Kita selalu hebat dalam menjaga dan mengendalikan perasaan kita. Tidak mudah bagi kita untuk mengumbar perasaan dan emosi dalam sebuah momen. Kita tidak akan menyalahkan orang lain ketika kita mengalami hari yang tidak menyenangkan. Kita selalu terkendali dalam ketenangan, kesabaran, dan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. Seburuk apa pun hari yang kita miliki, kita mampu mengendalikan emosi negatif kita ke tindakan yang lebih positif dan produktif. Kecerdasan emosional membuat kita sangat sadar untuk merasakan hal-hal baik di saat hal-hal tidak baik mengganggu kenyamanan hidup kita.

Kecerdasan emosional membuat kita mengenal dan memahami dampak yang dihasilkan oleh perasaan kita. Oleh karena itu, kesadaran kita yang tinggi mampu mengelola dan mengalihkan energi negatif dari perasaan-perasaan yang tidak menguntungkan hidup kita. Semua perasaan negatif difokuskan pada hal-hal positif, sehingga secara perlahan hal-hal positif tersebut mampu menghilangkan perasaan negatif kita. Jika kita membiarkan perasaan atau emosi buruk terus-menerus hidup di dalam pemikiran kita, maka hal ini dapat menciptakan masalah kesehatan yang sangat serius. Kita sadar bahwa tidak mungkin kita bebas seratus persen dari perasaan dan emosi negatif, tetapi kita memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mengelola hal-hal buruk agar tidak menguasai hidup kita.

Kecerdasan emosional membuat kita memiliki perilaku yang tidak membiarkan perasaan, keyakinan, emosi, dan pemikiran orang lain mengendalikan hidup kita. Kita mampu menjadi diri sendiri yang unik dan terkelola melalui kesadaran diri sendiri. Walaupun kita mampu memahami berbagai jenis emosi dan dampaknya, tetapi kita memiliki pertahanan diri yang kuat untuk tidak membiarkan perasaan atau emosi buruk menyerang kedamaian hidup kita. Kesadaran kita untuk hidup bahagia dan damai membuat alam bawah sadar kita tidak akan membiarkan emosi negatif siapa pun yang merusak kedamaian dan kebahagiaan kita. Jadi, saat kecerdasan emosional menguat di dalam diri kita, saat itu kekuatan alam bawah sadar akan menjaga sikap positif dan membuat kita selalu hebat untuk mengatasi hal-hal buruk di sepanjang hidup.

Orang-orang yang cerdas emosional selalu hidup dalam kedamaian dan keindahan. Tidak akan terlibat dalam konflik yang tidak perlu. Cerdas memilih momen untuk menyelesaikan masalah. Ketika keadaan tidak menguntungkan, maka pilihan terbaik adalah menghindari ruang pertempuran. Ketenangan dan kesabaran selalu dipelihara saat menghadapi orang-orang yang suka melakukan provokasi. Ego dan kemarahan selalu dikendalikan saat menghadapi orang-orang yang berniat tidak baik. Kecerdasan emosional membuat kita menghadapi orang-orang negatif dengan interaksi yang lebih positif. Tidak ada kemarahan dan selalu menghindari konflik langsung.

Tidak suka membicarakan keburukan dan kekurangan orang lain. Tidak akan membuang-buang waktu untuk gosip. Kecerdasan emosional menyadarkan kita tentang ruginya hidup kita jika selalu membicarakan atau mendengarkan gosip. Semakin sering gosip tentang keburukan dan kekurangan orang lain, semakin banyak kita akan menyerap dan menyimpan energi negatif di alam bawah sadar kita. Akibatnya, kita sulit merasakan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup kita. Setiap saat energi negatif dari alam bawah sadar akan memaksa kita untuk berpikir tentang hal-hal buruk. Kondisi ini membuat kita sulit untuk memiliki percakapan yang lebih positif, kita selalu terpancing untuk berbicara tentang hal-hal negatif. Perasaan dan emosi negatif kita menjadi mudah tampil dan mengekspresikan kekuatannya dalam setiap interaksi dengan orang lain.

Orang-orang yang cerdas secara emosional sangat mandiri dalam pengambilan keputusan. Sangat percaya diri dan rendah hati. Sangat menguasai energi dari setiap emosi yang dihasilkan oleh dirinya, sehingga sejak dini sudah mampu memanfaatkan emosi untuk keberhasilan. Apa pun yang diperjuangkan akan selalu dikerjakan dengan totalitas untuk hasil terbaik. Kerja keras, disiplin, ketekunan, dan kemauan yang hebat selalu di motivasi oleh berbagai jenis emosi yang membuatnya konsisten dan berkomitmen tinggi untuk sukses.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com