PELAYANAN PUBLIK YANG HOLISTIK


“Seorang pelayan publik harus dapat membantu masyarakat memahami bagaimana sopan-santun dan etika dapat diikuti oleh masyarakat yang mau mendapatkan pelayanan berkualitas.”~Djajendra

Orang-orang yang bekerja untuk pelayanan publik harus mengembangkan kebijaksanaan dalam sikap dan tindakan. Harus memiliki pandangan positif yang luas untuk memahami keragaman dan perbedaan dalam masyarakat sebagai sesuatu yang indah. Intinya, seorang pelayan publik mampu memperlakukan semua masyarakat dari golongan mana pun dengan hormat dan kaya toleransi. Menjadi pelayan publik berarti siap secara kepribadian untuk memberikan kedamaian dan kebahagiaan berkelanjutan bagi masyarakat secara utuh tanpa diskriminasi. Ini adalah tentang meningkatkan perilaku pelayanan yang holistik dan siap melakukan-nya dengan sepenuh hati.

Setiap orang di dalam sifat dan perilakunya memiliki kualitas, baik positif maupun negatif. Melayani dengan belas kasih dan niat untuk membahagiakan orang lain adalah kualitas positif, sedangkan melayani dengan kesombongan dan niat untuk menyenangkan diri sendiri adalah kualitas negatif. Adalah tanggung jawab besar bagi para pelayan publik untuk melihat bahwa masyarakat harus gembira dan kebutuhannya terpenuhi secara baik. Masyarakat tidak boleh diberikan kesulitan dan kerumitan untuk mendapatkan pelayanan yang baik. Peran para pelayan publik adalah mengarahkan masyarakat ke arah pelayanan yang kaya integritas sehingga masyarakat merasakan keadilan, kemudahan, kenyamanan, kebaikan, dan keindahan.

Rasa tidak puas tidak bisa dihindari tetapi pelayanan yang buruk dan baik adalah pilihan. Perasaan manusia harus melalui siklus energi positif dan energi negatif, kadang-kadang suasana hati yang buruk bisa menyerang siapa pun dan kapan pun; namun seorang pelayan publik tidak boleh kehilangan kebaikan dan sopan-santun karena dirinya sedang dikuasai oleh suasana hati yang buruk. Niat baik dan komitmen untuk menjalankan kompetensi kecerdasan emosional secara terus-menerus dalam situasi apa pun, dapat membantu seorang pelayan publik untuk mencapai kedamaian.

Untuk menjadi sukses dalam pelayanan publik; Anda harus memperbaiki sifat, sikap, perilaku, dan membangun karakter positif. Ini adalah tentang pemurnian perilaku, mental, emosional, verbal, non verbal dan pemurnian kebiasaan yang terkait dengan aktivitas fisik Anda. Pelayan publik harus melatih ketenangan mental dan emosional dalam suasana yang tidak sabar, banyak keinginan, banyak harapan, terburu-buru, dan tidak tertib. Budaya mental, emosional, dan perilaku haruslah dalam budaya damai dan bahagia. Mampu mengembangkan pikiran dan emosi terjaga dalam ketenangan dan keheningan, tidak menjadi kasar atau menghakimi dalam keadaan seburuk apa pun.

Tugas utama seorang pelayan publik adalah memahami situasi, suasana hati, kepentingan, harapan, dan kebutuhan masyarakat; kemudian melayaninya dengan pemahaman realitas yang jelas dalam energi positif. Hal ini baru bisa dilakukan ketika pelayan publik benar-benar murni secara moral, mental, vokal, fisik, emosi, pikiran, akal, dan kecerdasannya ditegakkan dalam kedamaian dan keikhlasan; untuk memberikan yang indah dan terbaik bagi masyarakat. Pelayan publik harus mengembangkan pandangan yang benar berdasarkan integritas. Ketika pelayan publik memiliki pandangan yang benar dan hati yang welas asih, maka dirinya akan peduli pada semua golongan masyarakat seperti dia peduli pada dirinya sendiri.

Pelayanan publik yang baik akan terwujud ketika orang-orang membebaskan pikiran yang menderita dan membuatnya mengalami rasa syukur atau merasa beruntung dengan pelayanan yang dialami. Pelayanan publik yang baik didasarkan pada non-energi negatif; setiap pelayan publik mampu memimpin kebaikan dalam membawa keindahan dan kegembiraan ke dunia pelayanan melalui sikap dan perilaku terpuji yang bermoral tinggi. Dalam hal ini, aspek-aspek negatif tidak boleh menjadi dominan di dalam diri, kebaikan dan keindahan harus selalu ditampilkan dalam energi pelayanan. Seorang pelayan publik harus dapat membantu masyarakat memahami bagaimana sopan-santun dan etika dapat diikuti oleh masyarakat yang mau mendapatkan pelayanan berkualitas.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com