MEMBERI PERHATIAN PENUH PADA APA YANG SEDANG KITA LAKUKAN



“Mengistirahatkan pikiran dari berpikir, kita harus terlatih untuk tidak berpikir, dan hanya bernafas dalam rasa syukur.”~Djajendra

Hal baik apa pun yang sedang kita lakukan sekarang berikan perhatian penuh. Segala sesuatu dalam hidup membutuhkan perhatian yang fokus, sungguh-sungguh, dari rasa cinta, sepenuh hati, dan totalitas. Mulailah melatih diri sendiri untuk memberikan perhatian penuh pada hal-hal yang dilakukan sehari-hari, misalnya: ketika kita makan, minum, jalan-jalan, mandi, tidur, berbicara, menulis, bekerja, lakukan semua itu dengan penuh perhatian. Jika perhatian penuh kita menjadi kebiasaan sehari-hari dalam semua hal baik yang kita lakukan, maka kita mampu menghadirkan kualitas terbaik bagi kehidupan kita dan orang lain.

Keberhasilan dan karir yang hebat terjadi ketika kita memusatkan seluruh perhatian pada pekerjaan yang sedang kita tangani, tanpa bermimpi atau tenggelam dalam pikiran. Kita harus hadir sebanyak mungkin untuk melakukan pekerjaan atau tugas-tugas dengan kualitas dan produktivitas. Kita harus sadar bahwa tubuh kita tidak memiliki fasilitas seperti pikiran. Tubuh hanya mampu berada di masa sekarang; sedangkan pikiran memiliki kapasitas untuk berada di masa depan, masa lalu, dan sekarang. Kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari membutuhkan tubuh yang kuat dan bugar untuk melakukan semua hal dengan baik. Oleh karena itu, jangan membiarkan pikiran membawa kita kemana-mana, sehingga tugas-tugas kita tidak terselesaikan secara baik.

Pekerjaan kita membutuhkan tindakan terbaik pada saat sekarang, sehingga kita harus menggunakan pikiran inovatif dan kreatif untuk membantu tindakan pada saat sekarang. Pikiran harus digunakan secara bijak dan cerdas, jangan terus-menerus membiarkan pikiran bekerja dan lupa beristirahat. Beberapa kali dalam sehari, mengistirahatkan pikiran dari berpikir, kita harus terlatih untuk tidak berpikir, dan hanya bernafas dalam rasa syukur. Kita harus selalu berada di saat sekarang untuk melakukan tugas kita dengan kualitas terbaik. Kita juga harus selalu sadar untuk meningkatkan tingkat kebugaran tubuh kita, meningkatkan kejernihan pikiran dan hati kita, meningkatkan kesadaran untuk membuat semua hal dalam hidup yang kita jalani menjadi lebih sederhana.

Masa depan yang kita angan-angankan setiap hari adalah ilusi, itu hanya ada dalam pikiran kita, tidak ada tempat lain kecuali hanya dalam pikiran kita. Kehidupan nyata kita terjadi dari tindakan-tindakan dan kebiasaan-kebiasaan yang lakukan setiap hari. Kita boleh menggunakan pikiran kita untuk tujuan belajar dari kesalahan atau keberhasilan di masa lalu, membangun visi masa depan, atau untuk membuat keputusan terbaik. Masa depan kita akan datang dari apa yang sekarang sedang kita lakukan dan apa yang sedang kita berikan kepada kehidupan. Oleh karena itu; tidak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang menguras energi mental kita, sehingga tindakan kita terabaikan atau tertunda. Boleh saja kita berfantasi, bermimpi, merencanakan, mengkhawatirkan, dan takut tentang masa depan kita; tetapi kita harus cerdas bahwa itu semua hanya ada dalam imajinasi kita, tidak ada di tempat lain. Artinya, hanya ada dalam pikiran kita yang belum tentu terjadi dalam dunia nyata kita.

Kita perlu mengembangkan kebiasaan-kebiasaan positif untuk memberi perhatian penuh pada apa yang sedang kita lakukan sekarang. Hidup kita sekarang, kita harus memberikan hal-hal terbaik dari kita untuk kehidupan sekarang, dan kehidupan besok akan membentuk kita untuk lebih baik. Jelas, hal ini mudah untuk dikatakan, tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Karena itu, dibutuhkan latihan dan kebiasaan agar kita mampu fokus dan penuh perhatian untuk melakukan tugas dan pekerjaan kita pada saat sekarang. Jangan membiarkan hidup kita dibombardir oleh pikiran kita, sehingga kita kehilangan tenaga untuk melakukan tugas hari ini dengan kualitas penuh. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk melakukan hal-hal positif dan produktif di saat sekarang, semakin kita sedang mendekatkan potensi hebat kita untuk kecemerlangan di masa depan.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com