MEMBANGUN PERILAKU BERKUALITAS TINGGI


“Jangan pernah kehilangan perilaku berkualitas karena tantangan dari perilaku buruk orang lain.”~Djajendra
Kita dilihat dan dirasakan oleh orang lain melalui perilaku kita. Kehidupan sosial kita ditentukan dengan perilaku kita. Kebahagiaan dan kedamaian hidup kita ditentukan oleh perilaku kita. Perilaku adalah produk dari pikiran dan kebiasaan. Pikiran positif dengan kebiasaan positif akan menghasilkan perilaku berkualitas tinggi. Sebaliknya, pikiran negatif dengan kebiasaan buruk akan menghasilkan perilaku tidak berkualitas.

Kehidupan yang baik dimulai dari perilaku berkualitas. Perilaku berkualitas akan menjadikan kita bernilai tinggi di dalam semua aspek kehidupan. Tujuan kita dalam kehidupan harus dijalankan dengan perilaku berkualitas, sehingga kita mampu mewujudkannya dengan sempurna. Perilaku berkualitas menjadikan kita lebih disiplin, tanggung jawab, fokus, tenang, tekun, rajin, termotivasi, antusias, berani, produktif, dan tidak pernah berhenti untuk mewujudkan impian.

Perilaku berkualitas diperlukan agar kita bisa tumbuh dan menjadi lebih kuat saat menghadapi tantangan. Perilaku berkualitas menjadikan kita tidak terganggu dengan reaksi atau sikap negatif di luar diri kita. Kita tidak mengambil energi negatif yang diberikan oleh orang lain kepada kita. Kita tidak mengambil apa pun dari siapa pun. Kita tidak mengambil penghinaan dan perkataan buruk orang lain kepada kita. Kita mampu menjadi diri sendiri yang kuat dengan kepribadian positif untuk menjalankan kehidupan yang penuh tantangan.

Perilaku berkualitas memiliki fondasi untuk bersikap ikhlas dalam menghadapi dunia di luar diri kita. Ikhlas untuk menerima perilaku buruk orang lain, sehingga kita mampu menjadi pribadi tanpa kekerasan. Dengan prinsip hidup tanpa kekerasan, kita mampu menjaga diri sendiri dari hal-hal yang bisa memancing marah kita. Perilaku berkualitas kita menyatu dengan seluruh peristiwa dan situasi hidup. Seberat apa pun peristiwa dan situasi yang harus kita hadapi, kita tetap konsisten menghadapinya dengan perilaku berkualitas kita. Kita tidak akan pernah terpancing atau terprovokasi oleh perilaku buruk orang lain. Kita sadar bahwa semua peristiwa dan situasi yang kita hadapi adalah bagian dari penguatan perilaku berkualitas. Jadi, kita tidak pernah kehilangan perilaku berkualitas hanya karena pancingan perilaku buruk dari orang lain.

Perilaku berkualitas mampu menerima segala sesuatu apa adanya dan tidak pernah menyesali apa pun. Segalanya dalam hidup ini adalah pembelajaran dan pengalaman, sehingga mampu mengambil hal-hal positif untuk memperkuat perilaku berkualitas. Selalu bergerak melampaui tantangan dan bergerak ke hal-hal yang lebih besar untuk kemajuan diri sendiri. Tidak pernah terjebak dalam satu situasi yang membuat diri tidak maju. Kita harus memiliki kesadaran bahwa hidup ini bukanlah perangkap yang dipasang oleh perilaku buruk orang lain, tetapi perjalanan diri sejati untuk menikmati setiap situasi dengan ikhlas dan rasa syukur.

Perilaku berkualitas akan mengembangkan jiwa dan raga untuk selalu tampil bersih dan bugar. Menjaga kebersihan diri sendiri; menjaga kejernihan pikiran; menjaga kebahagiaan; menjaga berat badan yang ideal; menjaga penampilan kepribadian yang baik; menjaga tutur kata dan sikap baik; menjaga rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan; serta selalu tampil penuh percaya diri dengan sikap rendah hati. Tidak ada kesombongan. Tidak ada keserakahan. Perilaku berkualitas menjadikan kita produktif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku positif memberikan kita kemampuan untuk melakukan sesuatu yang tidak nyaman. Misalnya, kita sedang terburu-buru ke sebuah tempat, tetapi kondisi jalan sangat macet dan membuat kita terlambat berjam-jam untuk sampai ke tempat tersebut. Dalam kondisi ini; perilaku berkualitas akan selalu tenang, sabar, senyum, menunggu, dan menerima konsekuensi dengan ikhlas. Jadi, tidak akan ada kemarahan, penghakiman, khawatir, ketakutan, dan perilaku buruk yang lainnya. Semua yang diekspresikan hanya perilaku berkualitas dengan perasaan damai dan sikap santai. Perilaku berkualitas selalu sadar untuk menyerah kepada Tuhan ketika semua kerja keras dan strateginya benar-benar tidak berdaya.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com