MEMIMPIN UNTUK MENANG DI SEGALA SITUASI DAN PERISTIWA


“Pemimpin yang baik tidak pernah terlalu banyak berbicara, tetapi selalu menghadirkan optimisme di batin setiap orang.”~Djajendra
Memimpin berarti membawa diri sendiri dan orang lain untuk mencapai harapan dan memenuhi target yang sudah direncanakan. Kehadiran pemimpin harus bisa dirasakan oleh semua orang di tempat kerja. Energi positif pemimpin harus dapat ditularkan kepada setiap orang di tempat kerja, sehingga semua orang di tempat kerja memiliki semangat dan motivasi yang lebih tinggi untuk bekerja mencapai kemenangan di setiap tantangan yang ditargetkan oleh perusahaan. Pemimpin yang baik selalu menghadirkan optimisme di batin setiap orang, dan membangkitkan energi sukses dari potensi setiap orang.

Pemimpin harus kreatif dalam memfasilitasi pertumbuhan pribadi setiap orang dan mengembangkan pola komunikasi yang menyatukan semua pihak di tempat kerja untuk meraih kemenangan. Pemimpin tidak boleh mendominasi karyawan atau pun menciptakan gangguan yang mengakibatkan karyawan ragu atau kehilangan keberanian untuk bertindak. Walaupun pemimpin memiliki kekuasaan, tetapi kekuasaan itu bukan untuk memaksakan kepentingan diri sendiri pada orang lain. Kekuasaan pemimpin di perusahaan digunakan untuk kebutuhan mencapai visi dan target yang sudah direncanakan secara bersama. Jadi, setiap orang yang bekerja dari anak tangga terendah di struktur organisasi haruslah ditumbuhkan pribadinya dan kualitas kompetensinya agar mereka bisa menjadi energi kemenangan bagi perusahaan.

Setiap situasi dan peristiwa di perusahaan adalah tanggung jawab kepemimpinan. Tidak boleh seorang pemimpin membuang kesalahan atau kekurangan kepada karyawan. Pemimpin yang efektif tidak pernah melempar kesalahan kepada pihak manapun di tempat kerja, tetapi selalu fokus untuk memperbaiki keadaan dan mewujudkan kemenangan. Pemimpin yang efektif tidak akan mengasingkan siapapun di tempat kerja, sebab dia mengerti bahwa dengan mengasingkan atau melemahkan keberadaan seseorang di tempat kerja, itu berarti sama saja dengan melemahkan diri sendiri.

Kualitas kepemimpinan yang menggunakan kekuasaannya untuk memfasilitasi semua potensi dan kekuatan dari orang-orang yang dipimpin, akan menjadi pemimpin yang mampu memenangkan semua situasi dan peristiwa yang harus dilalui. Dia juga mampu memfungsikan setiap orang untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan profesional. Pemimpin bermental pemenang selalu sadar untuk menggunakan kekuatan dan kekuasaannya di perusahaan dengan adil dan benar, sehingga dia mampu memberdayakan dan menguatkan setiap orang di tempat kerja, untuk mencapai kemenangan di semua situasi dan peristiwa yang dialami perusahaan.

Ketika semua orang di tempat kerja melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimis dan penuh percaya diri, maka pemimpin mudah mengarahkan mereka untuk mewujudkan visi yang diimpikan. Energi optimisme dan kreatif dari sumber daya manusia di perusahaan mampu menjaga tingkat kesehatan perusahaan, serta mampu mewujudkan perusahaan yang kuat dan sehat. Energi positif di tempat kerja mampu memperkuat kepemimpinan yang solid dan harmonis di semua jenjang organisasi. Energi positif di tempat kerja mampu membangun kekuatan setiap karyawan dengan kompetensi dan kualitas, sehingga mudah untuk menjawab dan melayani setiap perubahan atau pun ketidakpastian.

Kepemimpinan yang hebat bersumber dari kreatifitas para pemimpin untuk membangun lingkungan sosial yang mendukung bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Kemampuan untuk memahami realitas pasar dan perilaku pembeli, serta kemampuan untuk memahami calon pelanggan atau potensi pasar secara benar sangatlah menentukan kesuksesan bisnis yang dijalankan. Kepemimpinan tidak boleh ngotot dengan maunya para pemimpin di perusahaan, tetapi selalu berinovasi dan bekerja dengan teknologi yang sesuai dengan tuntutan zaman, serta memiliki informasi yang benar untuk bisa menghadapi berbagai macam situasi dan peristiwa bisnis.

Sumber daya manusia yang terlatih secara pribadi dan profesional merupakan aset perusahaan. Jadi, ketika kesadaran karyawan ditumbuhkan melalui perkembangan pribadi dan budaya kerja untuk menciptakan efisiensi melalui pola kerja yang efektif, maka di dalam proses kerja mampu menciptakan efisiensi dan penghematan secara menyeluruh di dalam organisasi. Sumber daya manusia yang terlatih secara pribadi dan profesional mampu memiliki etiket dan etika yang hebat, untuk membangun komunikasi internal-eksternal perusahaan yang tangguh.

Pemimpin yang hebat mampu menyiapkan dirinya untuk memimpin dan menjadi penunjuk arah bagi setiap orang di tempat kerja. Sikap positif dan penuh percaya diri pemimpin saat menghadapi tantangan akan menjadi kekuatan bagi semua orang di tempat kerja. Intinya, pemimpin harus tampil optimis dan selalu percaya diri untuk menghadapi situasi atau peristiwa sesulit apa pun. Pemimpin tidak boleh terlihat lemah dan tak berdaya, pemimpin harus tampil dengan rencana dan strategi yang membuat setiap orang di tempat kerja selalu penuh semangat menghadapi tantangan.

Pemimpin harus optimis dan mau bekerja keras untuk membangun kekuatan internal organisasi. Dalam hal ini, pemimpin harus fokus untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter sesuai kebutuhan perusahaan. Membangun sumber daya manusia dengan budaya kerja yang memiliki kepribadian positif, kualitas kerja yang produktif, semangat kerja yang optimis; serta karyawan yang selalu siap bekerja dengan nilai-nilai perusahaan, prinsip-prinsip perusahaan, dan kesiapan mental untuk bekerja di luar zona nyaman secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Pemimpin yang baik selalu menjadi pendengar yang bijak dan mampu menunjukkan sikap tenang saat menghadapi ketidakpastian. Kesadaran pemimpin sebagai energi positif haruslah ditampilkan secara baik dihadapan semua karyawan. Hal ini menjadi sangat penting untuk dapat mengangkat moral, perilaku, dan semangat dari semua potensi kekuatan sumber daya manusia saat menghadapi masa sulit ataupun masa-masa yang penuh ketidakpastian. Intinya, pemimpin yang baik mampu menjadi energi positif bagi setiap karyawan untuk memotivasi mereka agar bekerja dengan optimis dan melewati semua masa sulit dengan kemenangan.

Untuk seminar/training hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com