MENGUATKAN DIRI UNTUK MENGHADAPI STRES


“Stres muncul karena hati tidak ikhlas dengan kejadian yang dialami, lalu pikiran dan emosi bermain-main dengan suara hati dan mengacaukan suasana hati menjadi sangat buruk.”~Djajendra

Stres adalah bagian nyata dari kehidupan. Tidak ada seorang pun yang bisa bebas dari stres. Stres hadir untuk memberi tekanan dan memaksa diri untuk menghadapinya dengan kekuatan positif dari dalam diri. Stres harus dihadapi dengan kekuatan positif, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut di dalam kelemahan dan ketidakberdayaan diri sendiri.

Stres muncul akibat dari ego yang tidak mampu berinteraksi dengan energi nyata dari kehidupan. Ego melawan dan menantang realitas yang ada, sehingga menimbulkan percikan energi negatif yang menjadi akar dari stres yang dialami. Stres adalah permainan tentang ego, kebencian, kemarahan, ketidakpuasan, kebosanan, dan ketidakmampuan untuk menerima hidup dengan ikhlas. Intinya, stres adalah fakta bahwa di dalam diri kita masih tersimpan energi negatif yang dominan. Jadi, kalau Anda selalu tertekan oleh stres, itu artinya, di dalam diri Anda masih sangat banyak energi negatif. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan diri dari energi negatif dan mengisi ulang dengan energi positif, sehingga Anda bisa meminimalkan penderitaan atau tekanan hidup dari stres.

Karena kita hidup di dunia yang menampilkan dirinya dalam wujud energi positif dan energi negatif, maka tidaklah mungkin seorang pun yang bebas murni dari tekanan stres. Sebaik-baiknya energi positif di dalam diri seseorang, kadang-kadang dia juga berpotensi mengalami stres, tapi mungkin dalam kadar yang rendah. Sangat sedikit orang yang betul-betul bisa terkendali dengan sempurna di sepanjang hidupnya, mungkin hal ini tidak pernah terjadi, karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan, bukan milik manusia.

Anda harus tahu dan sadar bahwa stres adalah perasaan yang tidak terkendali, atau perasaan yang berada di luar kendali pikiran sadar. Oleh karena itu, Anda harus belajar mengatur sikap dan reaksi diri terhadap berbagai situasi yang menimbulkan stres bagi diri Anda.

Ketika Anda harus menghadapi situasi yang tidak memberikan pilihan terbaik, maka sebaiknya jangan memaksa diri untuk menghadapi situasi tersebut. Tenangkan diri dan perbanyak doa, kemudian temukan strategi yang tepat untuk menghadapinya dan memenangkannya. Jangan langsung bereaksi dan menyerang terhadap sesuatu yang tidak memiliki pilihan terbaik. Kesabaran, ketenangan, pikiran positif, emosi positif, strategi yang tepat, sikap yang tepat, perilaku yang tepat, dan menyerahkan hasil terbaik sesuai kehendak Tuhan adalah cara terbaik untuk menghadapi situasi yang tidak memberikan pilihan terbaik tersebut. Kalau Anda mampu melakukan hal ini, maka kadar stres yang Anda alami mungkin rendah dan tidak mengganggu kebahagiaan hidup Anda.

Manusia tidak sempurna, manusia sering tumbuh dan berkembang dari kesalahan-kesalahan yang dibuatnya. Kalau Anda gagal atau membuat kesalahan, maka jangan menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain. Coba belajar sesuatu dari kesalahan atau kegagalan tersebut untuk kebaikan diri Anda. Kegagalan dan kesalahan jangan dibiarkan menjadi pemicu stres Anda. Tingkatkan kesadaran dan pahami hidup sebagai proses yang memang harus dilalui dengan kesalahan dan kegagalan. Sebagai manusia yang memang tidak pernah bisa sempurna, maka kegagalan dan kesalahan haruslah disikapi sebagai wujud ketidaksempurnaan itu. Kalau Anda bisa melakukan hal ini dengan baik, maka Anda bisa menghilangkan atau meminimalkan stres yang berpotensi menekan diri Anda

Kita tidak hidup untuk selamanya di bumi ini. Waktu kita tidak banyak dan tidak perlu menyia-nyiakan waktu untuk menderita akibat stres. Kita semua pasti berlalu pada waktunya dari kehidupan ini. Jadi, terimalah apapun jalan hidup yang harus Anda jalani. Miliki misi dan visi yang kuat untuk menemani perjalanan hidup Anda. Fokuskan energi, waktu, kerja keras, perjuangan, tekad, motivasi, dan perhatian pada tujuan hidup yang sesuai visi Anda. Terus-menerus bergerak ke arah visi, walau mungkin berkali-kali mengalami kegagalan dan kemunduran, jangan pernah berhenti untuk bergerak ke arah visi yang Anda impikan. Itulah hidup kita yang singkat itu. Intinya, hidup kita yang singkat ini harus dilalui dengan kerja keras dan pengorbanan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran, keikhlasan, ketenangan, kepercayaan diri, kerja keras, dan semangat untuk tidak pernah berhenti menghasilkan yang terbaik bagi hidup kita masing-masing. Bila Anda bisa melakukan hal ini, maka Anda bisa meminimalkan stres dan tetap bisa menjaga kebahagiaan hidup Anda.

Jiwa yang kuat dan hebat itu hidup di dalam fisik yang sehat dan bugar. Perhatikan kebugaran dan kesehatan fisik dan mental Anda. Lakukan olahraga secara rutin untuk menguatkan mental dan fisik Anda. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan nutrisi atau makanan yang sehat dan seimbang. Olahraga yang rutin dan pola makan bernutrisi sehat haruslah menjadi bagian penting dari rutinitas hidup Anda. Jadi, Anda harus mampu menciptakan waktu untuk membangun rutinitas bagi kegiatan olahraga dan kegiatan makan bernutrisi sehat. Bila Anda mampu melakukan ini, maka Anda dapat meminimalkan stres dalam kehidupan Anda.

Berikan perhatian dan kasih sayang kepada diri Anda sendiri. Diri Anda itu penting dan unik. Sebagai ciptaan Tuhan, Anda memiliki tujuan sesuai kehendak Tuhan dalam hidup ini. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan diri Anda dilukai atau dibuat menderita sama stres. Jaga hubungan yang baik dengan semua dimensi dari diri Anda. Hubungan yang satu visi dan satu suara dengan pikiran, emosi, jiwa, dan tubuh. Dalam setiap hubungan Anda dengan orang lain, pastikan Anda mampu menjaga diri dan hubungan agar tetap dalam energi positif. Jangan pernah mentolerir energi negatif dari siapa pun. Jangan pernah berharap sesuatu dari siapa pun. Anda hanya boleh meminta dan berharap hanya kepada Tuhan. Hubungan baik itu tercipta saat Anda memberi dan terus-menerus memberi, tetapi saat Anda mulai meminta dan berharap, maka hubungan baik itu bisa hilang. Bila Anda melakukan ini dengan baik, maka Anda bisa mengurangi tekanan stres dalam hidup Anda.

Hidup itu proses yang berlangsung melalui hal-hal yang tidak kita pahami. Tidak semua hal dan peristiwa bisa kita pahami. Terimalah apapun yang terjadi, dan teruslah melangkah dan bergerak dengan penuh semangat. Jadilah pribadi yang optimis dan positif di sepanjang jalan hidup Anda. Jangan memaksa mengubah sesuatu yang tidak perlu dirubah. Biarkan perubahan itu hadir pada waktu dia harus hadir. Waktu terus-menerus berjalan dan waktu kita pun untuk tinggal di bumi ini menjadi semakin berkurang. Jadi, fokuskan perhatian untuk momen ini, jangan lagi memikirkan masa lalu, jangan juga terlalu terobsesi dengan masa depan. Fokuskan seratus persen perhatian dan kerja keras untuk melakukan hal-hal terbaik di momen ini. Bila Anda bisa melakukan ini dengan baik, maka Anda dapat mengurangi stres yang merusak kebahagiaan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra