MERAWAT PIKIRAN BAIK DAN TIDAK BERTEMPUR DENGAN PIKIRAN NEGATIF


“Jangan bertempur dengan pikiran negatif. Kalau Anda melawan, mereka menjadi kuat dan balik melawan. Biarkan saja sesukanya mereka hadir ke dalam hidup Anda. Tugas Anda adalah fokus menguatkan pikiran positif agar tidak tersentuh oleh energi buruk dari pikiran negatif tersebut.”~Djajendra
Merawat pikiran baik untuk kedamaian hidup. Pikiran adalah segalanya dalam hidup. Jika setiap bangun pagi Anda memulai hidup Anda dengan pikiran baik, maka kegelisahan pasti hilang dan Anda pun mampu mempertahankan sikap positif di sepanjang hari. Kesadaran untuk merawat dan menjaga pikiran baik sejak bangun pagi menentukan kualitas hidup Anda. Anda harus rajin untuk memeriksa jenis pikiran yang membuat hidup Anda sia-sia. Semua pikiran yang sia-sia tersebut harus Anda buang dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai positif, lalu menjadikan nilai-nilai positif tersebut sebagai sikap hidup Anda yang murni. Pikiran yang baik membuat Anda memiliki pandangan positif atas kehidupan. Pikiran baik menghasilkan ucapan baik, kata-kata baik, tingkah laku yang baik, tindakan yang baik, dan karakter diri yang baik. Pikiran baik menjadikan Anda unggul dan berkualitas tinggi untuk kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Pikiran baik menjadikan Anda kuat dan tidak pernah berhenti sampai mewujudkan impian Anda.
Merawat pikiran baik membutuhkan pengetahuan dan wawasan yang sangat luas. Pengetahuan dan wawasan yang sangat luas itu diperlukan untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Setiap hari, miliki waktu khusus untuk memeriksa dan mengubah pikiran Anda melalui perasaan yang Anda miliki. Bila Anda memiliki perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan hati atau bila Anda memiliki perilaku buruk, maka itu artinya energi negatif sedang menguasai Anda. Dalam hal ini, Anda harus jujur kepada diri sendiri untuk menguatkan pikiran baik Anda. Ambil tindakan untuk memperbaiki perasaan tidak menyenangkan menjadi menyenangkan. Miliki kesadaran bahwa kualitas pikiran menciptakan kualitas perasaan dan perilaku. Jadi, setiap hari, Anda harus memeriksa kualitas pikiran Anda. Pikiran yang baik membuat hidup Anda hebat, kuat, dan produktif. Anda tidak akan membuang-buang waktu dengan mencemaskan ataupun mengkhawatirkan sesuatu. Anda mampu fokus dan berkonsentrasi total bersama pikiran baik Anda, untuk menciptakan kinerja terbaik, sehingga Anda selalu mengalami kesuksesan secara terus-menerus di sepanjang hidup Anda.
Pikiran harus berkualitas dan efektif bagi tujuan hidup Anda. Jangan membiarkan pikiran-pikiran tidak penting mengambil waktu hidup Anda. Hidup ini singkat, tidak terlalu lama, jadi jangan memboroskan waktu Anda dengan pikiran yang tidak berguna. Jadilah pribadi yang cerdas dalam melihat kehidupan. Anda pun tidak perlu melawan dan bermusuhan dengan pikiran-pikiran negatif. Bila Anda bertempur, melawan, bermusuhan, ataupun membenci pikiran negatif; maka, itu artinya Anda sedang memberikan kekuatan dan kehidupan kepada pikiran negatif. Jadi, biarkan saja pikiran-pikiran negatif itu datang ke dalam hidup Anda, biarkan saja sesukanya mereka, tugas Anda adalah hanya fokus untuk memperkuat pikiran positif dan menguatkan diri Anda agar tidak tersentuh oleh energi negatif dari pikiran negatif.  
Pikiran negatif diciptakan oleh jiwa yang lemah dan yang tak berdaya. Pikiran negatif adalah hasil dari ketidakmampuan diri untuk menjadi diri sendiri yang jujur kepada hidupnya. Pikiran negatif dihasilkan oleh pribadi yang tidak memiliki fondasi dasar untuk menjalani kehidupan yang nyata. Mereka hanya hidup sesuai pikiran mereka dengan mengabaikan realitas maupun fakta kehidupan yang ada. Mereka hanya menjadi kekuatan di dalam pikirannya saja, tetapi tidak berdaya melawan realitas hidup. Inilah yang membuat mereka menjadi negatif dan menyalurkan energi negatif ke dalam kehidupan nyata, sehingga kehidupan nyata menjadi tidak seimbang, banyak peristiwa tidak baik yang terjadi oleh pikiran negatif tersebut. Sikap terbaik untuk menghadapi pikiran negatif adalah dengan memahaminya, lalu dengan memperkuat diri sendiri melalui pikiran positif. Saat orang-orang berpikiran negatif terhubung dengan Anda, katakan kepada diri sendiri, “saya memahami sikap mereka, semoga mereka bahagia.” Intinya, Anda jangan pernah membuat pengkondisian negatif atas kehadiran pikiran negatif ke dalam hidup Anda. Anda harus selalu mengerti mengapa mereka bersikap seperti itu, Anda juga harus selalu fokus untuk memperkuat diri Anda sendiri melalui pikiran positif.
Pikiran buruk adalah sumber rasa sakit dalam hidup. Pikiran baik adalah sumber kebahagiaan dan keindahan dalam hidup. Ke mana pun Anda pergi, Anda harus melalui sukacita dan dukacita, keduanya abadi dan bersifat pasti. Di semua jalan hidup pasti ada yang jahat dan ada yang baik. Di semua jalan hidup pasti ada yang bermoral tinggi dan bermoral rendah, itulah hidup. Di semua tempat pasti ada orang baik dan orang tidak baik. Seperti kata pepatah bangsa Indian Amerika : “Obat penawar dari tanaman beracun ada di sekitarnya.”  Demikian juga, bila di sebuah tempat ada orang jahat, maka di situ juga pasti ada orang-orang baik untuk mengendalikan orang jahat tersebut. Jadi, dalam hidup, tidak perlu terlalu takut atau khawatir dengan energi negatif, selalu tersedia kekuatan di dalam diri kita masing-masing untuk menetralkan energi negatif tersebut.
Bila Anda masih merasakan tidak bahagia dengan hidup Anda, maka itu artinya Anda masih menjalani hidup dalam pengkondisian pikiran negatif. Memang, baik dan buruk tidaklah pernah terpisah, mereka berdua hidup di setiap jiwa, keduanya hidup berdampingan di dalam sebuah diri. Hanya kesadaran di dalam integritas dan kejujuran diri sendiri yang bisa memahami hal tersebut. Sadari setiap ucapan, pemikiran, suara hati, dan perasaan Anda; bila masih ada nilai-nilai negatif, maka itulah penyebab ketidakbahagiaan hidup Anda. Jadi, jangan pernah menyalahkan orang lain atau mencari-cari alasan atas ketidakbahagiaan Anda. Kebahagiaan itu ada di dalam kesadaran Anda untuk menguatkan pikiran baik, bukan dari kesadaran orang lain. Intinya, Anda harus sadar bahwa kehidupan ini pada dasarnya berjalan oleh dua kekuatan yang abadi, yaitu: kekuatan baik dan kekuatan jahat, dan keduanya ada di dalam diri setiap orang. Kekuatan baik bisa membuat Anda bahagia, kekuatan jahat bisa membuat Anda menderita. Keduanya abadi, keduanya nyata dalam hidup. Bila Anda bisa menerimanya dan memahaminya, maka Anda harus membangun karakter diri yang kuat dengan pikiran positif, sehingga semua kekuatan jahat tidak mampu merusak kedamaian hidup Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com
Posted on

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra