MENGHILANGKAN KEBIASAAN BURUK DAN MEMBENTUK KEBIASAAN BAIK


“Kesadaran untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru adalah cara untuk membentuk kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk.”~Djajendra
Kebiasaan buruk membuat Anda terikat pada roda kehidupan yang tidak sehat. Kebiasaan buruk menjadikan Anda menarik kekuatan tidak baik dari alam semesta. Kebiasaan buruk menjadikan hidup Anda sulit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian. Kebiasaan buruk membuat Anda mengirimkan energi negatif ke alam semesta, dan energi negatif tersebut akan berakumulasi dengan energi negatif dari semua kebiasaan-kebiasaan buruk orang lain untuk menciptakan kehidupan yang tidak damai. Bila Anda ingin hidup Anda itu indah, damai, bahagia, sukses, dan penuh kenikmatan; maka, mulailah membentuk kebiasaan baik, dan segera tinggalkan semua kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk adalah racun bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.
Kebiasaan artinya perilaku yang berulang secara otomatis dari kendali alam bawah sadar. Sesuatu yang tertanam dalam alam bahwa sadar dan dilakukan secara terus-menerus setiap hari menciptakan kebiasaan. Jadi, kebiasaan adalah tindakan mental otomatis untuk menciptakan perilaku sesuai situasi yang dihadapi. Intinya, sumber kebiasaan itu berasal dari kenyataan mental otomatis kita. Oleh karena itu, kalau ingin merubah kebiasaan, maka  perubahan itu harus dimulai dari sumbernya, yaitu: mental. Kebiasaan baru yang baik dan berguna bagi hidup kita hanya dapat terwujud bila proses perubahannya dimulai dari mental.
Sering sekali, orang-orang gagal merubah kebiasaan buruknya hanya karena mentalnya tidak dirubah. Misalnya, seseorang ingin hidup sehat dengan berat badan yang ideal, biasanya mereka hanya fokus dalam jangka pendek untuk menjaga pola makan dan berolahraga. Setelah berat badan ideal tercapai, mereka kembali pada kebiasaan lamanya. Jadi, sejak awal, hanya program penurunan berat badan yang dijalankan dengan kerja keras dan penuh perjuangan, tetapi program perubahan kebiasaan di dalam mental melalui kesadaran dan kecerdasan tidak pernah dilakukan. Komitmen atau niat untuk hidup sehat dengan berat badan ideal haruslah dimulai dari mental yang fokus untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat dan baik, bukan sekedar menjalankan sebuah program tanpa perubahan mendasar dan permanen di wilayah mental.
Membentuk kebiasaan baik adalah kerja di wilayah mental melalui kekuatan kesadaran yang tinggi. Jadi, semua proses pembentukan kebiasaan baik di lakukan dari langkah yang penuh kesadaran untuk membuat hidup Anda lebih baik. Membentuk kebiasaan baru yang baik berarti Anda sadar untuk bekerja keras di wilayah zona tidak nyaman. Jelas, namanya saja zona tidak nyaman, ya pasti segala sesuatu menjadi tidak enak dan tidak mudah pada awalnya. Tetapi, dengan fokus dan perhatian penuh pada momen ini untuk menciptakan kebiasaan baik, maka Anda bisa memberikan totalitas diri Anda untuk membentuk kebiasaan baru. Pastinya semua proses pembentukan penuh tantangan dan tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus sadar setiap hari untuk mengamati pemikiran, perasaan, tekad, motivasi, reaksi, semangat, kebijaksanaan, disiplin, dan tanggung jawab Anda terhadap kebiasaan baik yang Anda inginkan tersebut. Totalitas diri Anda harus selalu memberikan respon optimis dari keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk tetap berada dalam fokus pembentukan kebiasaan baru yang baik.  
Awali proses pembentukan kebiasaan baik dengan membangun fondasi mental yang kuat dari kesadaran tertinggi Anda. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda sangat membutuhkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut, untuk menciptakan kehidupan Anda yang hebat dan sehat. Ketika Anda tergelincir kembali ke dalam kebiasaan buruk, jangan menyerah, bangkitkan kembali diri Anda dan tingkatkan keyakinan untuk kembali membiasakan hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baik. Setiap godaan yang mencoba menjatuhkan Anda ke dalam kebiasaan buruk, sikapi dengan tenang dan santai sambil memperkuat kebiasaan baik Anda. Jangan merespon kebutuhan dan keinginan secara emosional, tetapi berikan respon dari kesadaran dan kebijaksanaan hidup Anda.
Pikiran itu sangat cerdas dan kadang maunya menang sendiri. Pikiran kalau terlalu kuat, jiwa dan tubuh pun dijajahnya. Oleh karena itu, dalam program membentuk kebiasaan baru yang baik, Anda harus betul-betul mengawasi arah pikiran. Pastikan pikiran sudah dikendalikan dalam kesadaran Anda. Pastikan pikiran mendukung Anda untuk membangun kebiasan baru, serta diperlihatkan melalui perilaku baru yang hebat dan sehat. Miliki tekad dan antusiasme untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru yang sesuai dengan kebiasaan baru Anda. Jadi, kebiasaan baru terbentuk melalui rutinitas baru yang dijalankan dengan disiplin tinggi.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra