MENGELOLA KEGAGALAN MENJADI KEMENANGAN

“Hidup adalah proses yang berlangsung melalui kemenangan dan kegagalan. Ketika menang semua orang bergembira, ketika gagal selalu marah dan sedih. Sifat dasar manusia adalah tidak mau gagal, tidak mau kalah, maunya sukses dan menang.”~Djajendra
Kegagalan dan kesalahan untuk dipelajari. Kesalahan dan kegagalan bukan untuk ditakuti atau dikeluh-kesahkan. Kegagalan artinya Anda diminta untuk meningkatkan kemampuan dan memperbaiki situasi. Jadi, kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi sesuatu yang baik untuk menjadikan diri Anda lebih sukses dari sebelumnya. Kegagalan pasti hadir ke dalam kehidupan siapapun. Kegagalan tidak milih-milih orang, dia akan datang kepada setiap orang. Tujuan kegagalan hanya dua, yaitu: mengajari Anda untuk keluar dari zona kenyamanan dan mengajari Anda untuk mencari solusi kemenangan di zona perubahan.
Saat Anda mengalami kegagalan, ingatkan diri sendiri untuk memperbaiki diri dan jangan menyalahkan siapapun. Sadarkan diri sendiri untuk memberikan yang lebih baik. Pahami betul-betul bahwa kegagalan artinya Anda belum memberikan yang terbaik, sehingga Anda harus lebih fokus untuk memberikan yang terbaik. Ukur kemampuan Anda dan fokuskan semua energi untuk hal-hal yang mampu Anda kerjakan dengan sangat baik. Jangan pernah memberikan waktu dan energi Anda untuk hal-hal yang tidak mampu Anda kerjakan. Biarkan menjadi tugas orang lain tentang hal-hal yang tidak mampu Anda kerjakan dengan sempurna. Jadi, jangan bilang ‘bisa’ kalau Anda ‘tidak bisa’, atau jangan bilang ‘tidak bisa’ kalau Anda bisa melakukannya.
Kegagalan tidak menghilangkan mimpi dan visi Anda. Kegagalan hanyalah bagian dari proses menuju visi dan mimpi Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh kehilangan tekad dan antusiasme untuk mewujudkan mimpi dan visi. Seberapa beratpun situasi yang harus Anda hadapi, tetaplah optimis dan jalani saja dengan kerja keras untuk menyelesaikan yang Anda impikan. Kerjakan dengan baik dan lakukan segala usaha terbaik untuk keberhasilan Anda. Jangan berhenti sebelum menang. Jangan menyerah sebelum sukses. Jangan habiskan waktu untuk menyesali kegagalan. Tingkatkan kerja keras dan fokus pada kekuatan, sampai Anda menang dan sukses.
Jangan panik dan jangan gagal merencanakan sukses. Saat menghadapi kegagalan, jangan khawatir atau ketakutan, tetapi tenangkan diri Anda untuk merencanakan sukses dengan lebih baik. Mulailah dengan apapun yang Anda punya, walau sumber daya Anda tidak ada, Anda bisa memulainya dengan motivasi dan pandangan positif Anda. Perbanyak doa dan kerja kerasnya. Anda harus optimis untuk melakukan yang terbaik dengan apapun yang Anda punya. Jangan menunggu segalanya lengkap dan cukup. Ingat, Anda sedang gagal dan jatuh, jangan dirusak atau diperdalam kegagalannya dengan pikiran dan emosi negatif. Mencapai kesuksesan atas visi dan impian adalah usaha tanpa henti, usaha terus menerus walau harus melalui berkali-kali kegagalan. Anda tidak boleh berhenti berusaha sampai nafas terakhir untuk bekerja keras meraih impian Anda. Jadilah lebih kreatif dan inovatif untuk melakukan segala hal sampai Anda berhasil dan sukses besar.
Fokuskan kekuatan dan perhatian untuk meningkatkan keunggulan Anda. Sukses dihasilkan dari keunggulan. Miliki gagasan-gagasan atau ide-ide terbaik untuk merubah kegagalan menjadi kesuksesan. Tingkatkan kepercayaan diri dan keberanian Anda untuk mengeksekusi rencana Anda. Sering sekali, orang-orang sangat pandai merencanakannya, tetapi tidak memiliki keyakinan dan keberanian untuk mengeksekusi rencana tersebut. Oleh karena itu, kegagalan hanya bisa ditiadakan melalui keberanian dan kerja keras untuk mengeksekusi rencana dengan cara yang profesional.
Anda tidak mungkin sendirian untuk mengatasi kegagalan yang sedang Anda hadapi. Anda membutuhkan orang lain dan Tuhan untuk merubah kegagalan Anda menjadi kesuksesan Anda. Kenali diri Anda dengan sangat baik dan berkomunikasilah dengan orang lain dari niat dan hati Anda yang positif. Semua ide dan rencana hebat Anda harus dikomunikasikan dengan baik agar dapat dilaksanakan dengan sempurna. Jangan lupa berdoa dan meminta petunjuk Tuhan. Tidak seorangpun yang mampu melakukan yang terbaik tanpa bantuan Tuhan. Hanya Tuhan pelindung terbaik untuk keluar dari kegagalan, tidak ada kekuatan selain kekuatan Tuhan untuk melindungi dan menolong Anda untuk keluar dari kegagalan. Jangan lupa juga untuk berbagi penghargaan dan kebaikan kepada orang-orang yang membantu Anda keluar dari kegagalan. Jangan memiliki sifat ingin dimengerti, tetapi tidak mau mengerti tentang orang lain. Kurangnya empati dan kasih sayang dalam hubungan dengan orang lain dapat memperdalam kegagalan yang ada.
Kesuksesan membutuhkan kerja keras, inovasi, kreativitas, pertumbuhan, usaha yang berkesinambungan, eksperimen atau mencoba berbagai kemungkinan, kekuatan dan daya tahan di lapangan, kerja keras terus-menerus dengan optimis,  kemampuan beradaptasi, kemampuan untuk tidak menyerah atau berhenti, dan kemampuan untuk mengatasi kesulitan. Intinya, berusahalah untuk berkembang melalui usaha yang fokus dan kerja keras yang inovatif.
Selalu ada cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Pelajari cara yang benar dan lakukan dengan cara yang benar. Rencanakan dan kerjakan segala sesuatu dengan baik untuk menghindari kegagalan. Tetaplah optimis dengan prinsip kehati-hatian. Miliki kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi atas kegagalan Anda. Pelajari keterampilan untuk mengatasi kegagalan. Dengarkan semua realitas. Jangan membuang waktu Anda untuk hal-hal sepele. Tetapkan prioritas dan kerjakan dengan sepenuh hati. Miliki semangat dan dedikasi untuk segala sesuatu yang Anda lakukan agar bisa keluar dari kegagalan.
Kesuksesan tidak dihasilkan dari pekerjaan yang serampangan, tetapi dari pekerjaan yang sistematis. Oleh karena itu, miliki etos yang baik dan sistem yang berkualitas untuk memudahkan Anda mencapai sukses. Jadilah jujur terhadap semua realitas. Miliki karakter unggul untuk menuntaskan semua rintangan. Bersikaplah dengan rendah hati, ego yang positif, serta mau berkorban untuk kemajuan. Perbarui informasi dan pengetahuan Anda sesuai dengan yang terkini. Jangan mengandalkan informasi dan pengetahuan yang sudah ketinggalan jaman. Fokuskan perhatian sampai pada hal-hal rinci dan detail. Pelajari keterampilan membuat keputusan terbaik. Sering sekali, orang-orang gagal karena tidak berani mengambil keputusan. Jadi, pastikan Anda percaya diri dan berani untuk mengambil keputusan terbaik sesuai fakta-fakta yang benar.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra