MELATIH PIKIRAN TETAP TENANG DAN TERKENDALI


“Pikiran yang tidak terkendali hanya menciptakan gangguan bagi kehidupan diri sendiri.”~Djajendra
Pikiran diperlukan untuk melihat visi dan mempersiapkan strategi menuju visi. Bila pikiran Anda tidak terkendali dan selalu meloncat kesana-kesini, maka Anda sulit menatap visi yang betul untuk menemui takdir Anda. Pikiran yang tidak tenang dan tidak terkendali adalah hasil dari keraguan atau ketakutan hati nurani Anda tentang masa depan. Diperlukan niat dan usaha terus-menerus untuk mengendalikan pikiran agar Anda bisa menemukan takdir Anda yang sesungguhnya.
Pikiran adalah keajaiban yang menjadikan diri Anda seperti yang Anda pikirkan. Kalau Anda berpikir bahwa Anda mampu untuk mewujudkannya, maka Anda pasti bekerja keras untuk mewujudkannya. Pikiran di dalam keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat adalah kekuatan untuk mencapai yang terbaik. Cara mengoptimalkan kekuatan pikiran adalah dengan mengendalikan atau menenangkan pikiran sadar, lalu menggunakan pikiran sadar untuk masuk ke dalam wilayah tanpa batas di alam pikiran bawah sadar Anda.
Seluruh potensi dan bakat hebat Anda tersimpan di alam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran Anda ada di dalam pikiran bawah sadar Anda. Jadi, fokuskan pikiran sadar untuk membangun kekuatan pikiran bawah sadar. Gunakan pikiran sadar untuk menggali semua potensi hebat Anda yang tersimpan di alam pikiran bawah sadar. Intinya, semua yang Anda butuhkan untuk meraih kesuksesan sudah ada di alam pikiran bahwa sadar Anda. Sekarang, yang Anda perlukan adalah kemampuan untuk masuk atau mengakses semua potensi hebat Anda tersebut dengan pikiran sadar Anda. Dalam hal ini, jelas, pikiran sadar Anda harus terkendali dan tenang untuk dapat mengakses semua potensi hebat di alam pikiran bawah sadar Anda. Bila pikiran sadar Anda masih sibuk dengan melompat kesana dan kesini di sepanjang hidup, maka Anda akan kehilangan waktu untuk menemukan sukses yang Anda cari.
Pikiran terlalu cerdas untuk dilawan. Tidak ada gunanya melawan pikiran negatif yang tidak terkendali itu. Anda hanya perlu melatih pikiran untuk selalu berpikir positif. Disinilah diperlukan perilaku ikhlas, sabar, bersyukur, menerima, dan tidak berhenti untuk memiliki pikiran positif. Latih pikiran Anda untuk selalu menerima nikmat, hikmat, dan kebijaksanaan dalam segala sesuatu yang Anda alami di sepanjang hidup. Batin Anda yang terlatih untuk menerima segalanya dengan rasa syukur dan terima kasih akan membentuk pikiran positif yang kuat. Kebiasaan hidup yang memaafkan, mengakui kesalahan dan minta maaf, serta ucapan rasa syukur yang terus-menerus di sepanjang hidup, akan menjadi kekuatan untuk membentuk pikiran positif yang terfokus menuju sukses.
Memahami pikiran adalah dasar untuk memahami diri sendiri. Bila Anda sudah memahami diri sendiri, maka apapun tantangan dan persoalan yang harus Anda hadapi, Anda dapat menemukan jalan keluarnya. Tingkatkan kesadaran untuk menjinakkan pikiran yang tidak terkendali. Sangat banyak jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk membuat pikiran fokus dan tenang. Salah satunya adalah meditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk membuat pikiran tenang dan tidak melompat kesana dan kesini. Kita ketahui bahwa ketakutan dan ketidakpercayaan diri akan terus-menerus memicu pikiran untuk tidak tenang. Dan, pikiran yang tidak terkendali terus-menerus melompat sana-sini tanpa henti. Semua hal akan dicurigai dan selalu bersikap seolah-olah ada masalah besar dalam hidup. Oleh karena itu, dengan meditasi Anda bisa membuat pikiran terlatih untuk fokus pada satu momen dan tidak melompat kesana-kesini.
Pikiran yang tidak terkendali seperti memiliki banyak tempat atau hal untuk dikunjungi. Jadi, setiap hari, pikiran liar suka berkeliaran ke masa lalu dan masa depan, tidak pernah mau diam dalam momen sekarang. Walaupun Anda ingin santai dan menikmati suasana momen ini, dengan menyingkirkan pikiran liar. Tetapi, selama Anda tidak melatih dan membiasakannya untuk diam dalam satu momen, maka Anda tidak akan pernah bisa santai sejenak dengan hidup Anda. Pikiran yang tidak terkendali atau yang saya sebut sebagai pikiran liar, sangat suka bergerak dengan cepat dari satu hal ke hal yang lain. Ada saja reaksi yang dimunculkan oleh pikiran untuk berkeliaran di dalam kepala Anda. Kadang, tidur pun dibuat sulit, dan semua waktu untuk pengembangan potensi diri suka diambil oleh pikiran liar buat berayun-ayun dari satu hal ke hal yang lain secara terus-menerus, tanpa henti.
Tidak seorang pun memiliki kemampuan untuk mendiamkan pikiran tanpa latihan dari kesadaran diri yang tinggi. Sebab, sifat dasar pikiran adalah suka menanggapi setiap situasi melalui persepsinya sendiri. Jadi, bila diri Anda kurang pengetahuan dan wawasan, maka persepsi yang dihasilkan pasti tidak sesuai dengan kebenaran yang ada. Selama Anda belum tidur dengan pulas, maka selama itu pikiran suka menayangkan berbagai hal yang mungkin sebagian besar tidak Anda perlukan. Berlatihlah terus-menerus untuk menciptakan pola pikiran yang diperlukan untuk kehidupan Anda yang damai, indah, bahagia, sejahtera, sehat, bugar, cerdas, dan menerima hidup dengan sukacita. Hindari pola pikiran yang suka menciptakan kemarahan, keserakahan, kecemburuan, persaingan, ataupun yang menciptakan berbagai jenis emosi negatif yang tidak menguntungkan hidup Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra