SELF-MANAGEMENT MEMBANGUN KEKUATAN DIRI SENDIRI

“Manajemen diri yang baik menjadikan Anda tidak bisa digagalkan oleh kelemahan Anda, tetapi selalu dimenangkan oleh semua kekuatan sukses yang ada di dalam diri Anda.”~Djajendra
Dalam diri setiap orang ada potensi dan bakat yang hebat. Potensi dan bakat yang hebat ini berguna bila dikembangkan melalui keterampilan dan pengetahuan yang tepat. Kesadaran untuk memahami siapa diri sejati Anda; kesadaran untuk mencari tahu apa tujuan hidup Anda; dan kesadaran untuk mencari tahu apa tujuan bekerja Anda; adalah hal-hal yang memerlukan manajemen diri yang baik. Setiap keinginan dan impian tanpa manajemen diri yang baik hanya menjadi sesuatu yang sia-sia. Apapun yang ingin Anda capai dalam hidup Anda, sangat ditentukan oleh kualitas manajemen diri Anda.
Melalui manajemen diri yang profesional, Anda dapat mengelola hidup Anda menjadi kekuatan yang membantu pencapaian Anda dengan sukses. Dengan memiliki manajemen diri yang baik; maka, Anda mampu mengelola waktu, sumber daya, energi, dan potensi Anda untuk menghasilkan karya dan prestasi terbaik. Di samping itu, manajemen diri yang baik menjadikan Anda sangat sadar untuk menerima semua tanggung jawab dengan percaya diri. Anda pun mampu membangun hubungan dan komunikasi yang positif dengan pihak manapun; mampu menjalankan peran yang tepat dalam semua dimensi kehidupan Anda; serta mampu menggunakan peluang yang Anda miliki dengan cerdas.
Manajemen diri yang baik berasal dari dalam untuk diberikan kepada dunia luar. Dalam hal ini, Anda harus mengelola diri sendiri melalui diri sejati Anda. Anda harus membangun sebuah sistem di dalam diri untuk mengatur perasaan, pemikiran, imajinasi, suara hati, keinginan, ambisi, ego, dan daya tahan tubuh Anda. Intinya, sistem di dalam diri Anda tersebut harus menampilkan kepribadian Anda yang profesional, kuat, andal, dan berkualitas dengan dunia luar. Jadi, manajemen diri berarti membuat sistem dari dalam diri untuk bisa terhubung dengan luar diri secara profesional.
Manajemen diri sangat diperlukan agar Anda bisa terus maju di jalan pencapaian. Intinya, walaupun Anda harus melalui kegagalan, rintangan, dan cobaan; dengan manajemen diri yang baik, Anda tetap mampu fokus dan melanjutkan perjalanan menuju sukses Anda. Jadi, Anda tidak bisa digagalkan oleh kelemahan Anda, tetapi selalu dimenangkan oleh kekuatan sukses yang ada di dalam diri Anda. Manajemen diri membuat Anda tidak terhentikan untuk menuju puncak kesuksesan Anda. Anda selalu mampu membangkitkan diri dan menguatkan diri sendiri untuk mencapai target tertinggi dan berani mencoba hal-hal baru di luar zona kenyamanan Anda.
Manajemen diri yang profesional membuat Anda terus-menerus introspeksi atas kelemahan dan kekurangan diri sendiri, sehingga Anda mampu mengubahnya menjadi kekuatan Anda. Ketenangan pikiran dan kepercayaan diri yang tinggi mendorong Anda untuk memahami penyebab sebenarnya dari kekurangan dan kelamahan tersebut. Kesadaran untuk menemukan kelemahan dan kejujuran dari hati terdalam, lalu merubah kelemahan menjadi kekuatan merupakan bagian dari manajemen diri. Jadi, manajemen diri yang baik mampu menyelesaikan semua kesalahan dan kekurangan, kemudian menjadikan diri Anda lebih hebat untuk mencapai hasil terbaik.
Manajemen diri untuk lebih bertanggung jawab atas kebahagiaan dan kesejahteraan diri sendiri. Manajemen diri untuk menciptakan dan memelihara pikiran positif, perasaan positif, dan tindakan terpuji. Manajemen diri untuk merawat hubungan baik dengan semua pihak, yang bersumber dari diri asli Anda, bukan dari apa yang orang lain katakan kepada Anda, sehingga Anda tidak menampilkan diri secara emosional di dalam setiap interaksi Anda dengan orang lain.
Jika Anda sudah memiliki manajemen diri yang profesional, maka Andalah yang menjadi pencipta dari setiap adegan dalam hidup Anda. Anda tidak tergantung kepada orang lain. Anda mampu menjalani kehidupan tanpa terpengaruh oleh situasi ataupun keadaan di luar diri Anda. Anda pasti memiliki kekuatan dari dalam diri untuk memainkan peran yang tepat, di tempat yang tepat, dengan cara yang benar, pada saat yang tepat. Dan juga, Anda mampu menggunakan potensi dan bakat Anda untuk memberikan peran terbaik bagi kehidupan.
Manajemen diri berfungsi untuk membawa kemajuan bagi hidup Anda. Intinya, ketika Anda menyiapkan diri dengan self management yang profesional, maka Anda mendapatkan masa depan yang lebih baik, dan hari ini yang sangat indah. Intinya, manajemen diri membuat Anda secara jujur dan penuh disiplin menyiapkan diri Anda yang sehat dan bugar, pikiran Anda yang unggul dan positif, waktu Anda yang produktif untuk kebaikan hidup, daya tahan mental Anda yang unggul, gaya hidup yang sesuai dengan nilai-nilai positif dari karakter diri Anda, serta diri Anda yang unggul untuk menjinakan marah dan stres.
Manajemen diri untuk menciptakan identitas diri bukan dari ego, tetapi dari kesadaran untuk memainkan peran sesuai impian. Intinya, ketika Anda mempunyai mimpi dan keinginan, maka Anda menyiapkan diri secara profesional dan holistik untuk meraih impian dan keinginan tersebut. Jadi, untuk mencapai keinginan dan impian, Anda harus mengatur diri sendiri dan fokus pada tujuan yang ingin Anda capai.
Manajemen diri bersumber dari kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Setelah mengenal diri sendiri, maka diri harus sadar akan dirinya sendiri saat berinteraksi dengan luar dirinya. Diri harus memiliki fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan. Diri harus konsisten dengan kepercayaan diri dan keberanian untuk menghadapi ketidakpastian. Diri harus menyiapkan batinnya untuk selalu tenang dan yakin untuk mencapai yang terbaik. Keseimbangan antara batin dan pikiran sangat diperlukan dalam setiap proses dari manajemen diri. Jadilah diri sendiri saat harus menjalani kehidupan di jalan orang lain. Intinya, manajemen diri yang baik menjadikan Anda tetap diri sendiri yang unggul di tengah aktivitas sosial ataupun pekerjaan. Anda tidak mudah terombang-ambing oleh hal apapun. Anda tetap dapat menjalani kehidupan Anda tanpa terpengaruh oleh siapapun.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra