MOTIVASI ADALAH KEKUATAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN

“Motivasi bukanlah tujuan, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan.”~Djajendra
Semua keahlian dan kompetensi yang hebat membutuhkan motivasi untuk mencapai tujuan. Motivasi adalah sesuatu yang nyata bagi kehidupan. Tanpa motivasi, orang-orang menjadi malas untuk mendorong dirinya mencapai tujuan. Tanpa motivasi, orang-orang hanya hidup dalam mimpi tanpa mau bekerja keras.
Sebuah tantangan dan kepercayaan yang besar hanya dapat dihadapi dan diwujudkan oleh orang-orang yang berada dalam motivasi diri yang tinggi. Motivasi yang tinggi di dalam diri menghasilkan kekuatan untuk menang. Motivasi diri yang tinggi meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan keyakinan diri, meningkatkan antusiasme, meningkatkan totalitas diri, meningkatkan keinginan, dan mendorong diri untuk mendapatkan hasil terbaik dari yang dikerjakan.
Seseorang dengan motivasi diri yang tinggi tidak mengenal kesulitan untuk mencapai keinginan. Motivasi positif di dalam diri menjadi cahaya yang begitu kuat untuk menunjukkan jalan menuju kemenangan. Motivasi diri yang tinggi memiliki hasrat kemenangan yang tak dapat dihalangi oleh kekuatan apapun. Dalam diri yang termotivasi selalu tersedia kekuatan untuk mengatasi kesulitan dan memenangkan pertarungan berat.
Sebelum memotivasi seseorang, maka harus dipahami dulu apa isi pikiran orang tersebut. Bila isi pikiran orang tersebut tidak sejalan dengan misi yang ingin diperjuangkan, maka sebelum dimotivasi, pikiran bawah sadar orang tersebut terlebih dahulu harus ditanam dengan nilai-nilai yang terdapat dalam misi tersebut. Motivasi bukanlah tujuan, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Jadi, fungsi motivasi sebagai alat, haruslah selalu ditajamkan dan dikuatkan melalui pengetahuan ke wilayah alam bawah sadar.
Setiap pribadi unik dan berbeda, harus dipahami siapa dirinya yang asli sebelum dimotivasi. Jadi, tidak bisa setiap orang dimotivasi dengan cara yang sama. Membaca pola pikir dan memahami suara hati seseorang adalah dasar untuk bisa memotivasi seseorang.
Charles Swindoll mengatakan bahwa hidup adalah 10% apa yang terjadi pada saya dan 90% dari bagaimana saya bereaksi terhadapnya. Jadi, 90% dari bagaimana saya bereaksi terhadapnya adalah bagian dari motivasi diri. Bila Anda memiliki motivasi diri yang hebat, artinya: Anda memiliki keyakinan yang begitu kuat dan optimis untuk berhasil, kepercayaan diri yang begitu tinggi, antusiasme yang tak terbendung oleh apapun, mental pemenang yang siap memenangkan kerja keras Anda, dan gairah yang tak pernah padam untuk meraih sukses. Maka, yang 90% itu dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan yang terbaik bagi hidup Anda atas 10% yang terjadi pada Anda.
Akar dari motivasi diri adalah rasa syukur. Bila Anda tidak bersyukur, maka Anda akan diselimuti oleh energi negatif. Energi negatif di dalam diri adalah penghambat tumbuhnya motivasi diri yang kuat dari ketenangan diri. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengikuti nasihat dari Oprah Winfrey “Jika Anda melihat apa yang Anda miliki dalam hidup, Anda akan selalu memiliki lebih banyak. Jika Anda melihat apa yang tidak Anda miliki dalam hidup, Anda tidak akan pernah cukup.”
Setiap momen hidup membutuhkan motivasi diri yang hebat agar bisa mendapatkan yang terbaik. Untuk itu, Anda harus menemukan diri sejati Anda dan memiliki tujuan yang jelas. Tujuan hidup yang jelas dari diri sejati Anda yang asli menciptakan motif yang kuat, untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan yang singkat ini. Jika Anda tidak memiliki motif ataupun tujuan yang jelas dalam hidup Anda, maka Anda tidak bisa memiliki motivasi diri yang konsisten dan berkelanjutan di dalam semua tindakan Anda. Jadi, miliki motif yang kuat dan jelas untuk kehidupan yang Anda jalani, agar Anda bisa memiliki motivasi diri yang berkelanjutan untuk melayani setiap momen dari perjalanan hidup Anda.
Ketika Anda sadar atas apa yang Anda lakukan dan memiliki motif yang kuat untuk hasil akhirnya, maka disinilah titik awal dari kebangkitan motivasi diri Anda yang kuat terjadi. Jelas, untuk termotivasi; Anda harus memiliki keinginan, cita-cita, impian, harapan, dan sebuah perjuangan yang memiliki arti besar bagi hidup Anda. Bila motif Anda sudah sangat kuat dan tak dapat diganggu gugat oleh hal apapun, maka jiwa raga Anda bangkit dengan penuh semangat untuk mewujudkan motif Anda tersebut. Motivasi diri yang kuat tidak hanya mendorong batin, fisik, dan pikiran untuk meraih hasil terbaik; juga, memberikan sugesti sukses dan kekuatan yang luar biasa dari dalam diri untuk mencapai kemenangan atas motif Anda.
Jiwa yang kekurangan motivasi tidak memiliki kekuatan untuk keluar dari zona nyaman hidupnya. Motivasi adalah kunci sukses untuk bisa sukses di luar zona nyaman. Motivasi menguatkan dan membebaskan kelemahan seseorang. Motivasi yang positif mengantar seseorang mencapai prestasi dan hasil positif di semua dimensi hidupnya. Motivasi membuat hidup seseorang dalam antusiasme, semangat, optimisme, percaya diri, dan bertindak untuk mendapatkan hasil terbaik.
Motivasi harus digunakan di dalam terang bukan di dalam gelap. Motivasi di dalam terang menjadikan diri mencapai semua hasil akhir dari integritas diri yang terpercaya. Sedangkan, motivasi di dalam gelap, hanya menghasilkan hasil akhir yang sulit dipertanggung jawabkan.
Motivasi adalah kekuatan pendorong yang menyebabkan hasil terjadi sesuai keinginan. Misalnya, berat badan berlebihan adalah motivasi yang memunculkan keinginan untuk diet. Mau pindah pekerjaan adalah motivasi yang menimbulkan keinginan untuk melamar kerja di tempat lain. Motivasi dapat menguat di dalam diri kalau ada dorongan untuk meningkatkan kekayaan, meningkatkan kebahagiaan, meningkatkan kesehatan, meningkatkan kebugaran, meningkatkan pengetahuan, membentuk fisik, membentuk mental pemenang, dan sangat banyak motif yang dapat meningkatkan motivasi diri seseorang.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra