MEMBENTUK KEBIASAAN POSITIF UNTUK SUKSES ANDA


“Sifat baik memasuki jiwa untuk menciptakan kebiasaan-kebiasaan positif. Sifat tidak baik memasuki jiwa untuk menciptakan kebiasaan-kebiasaan tidak baik. Kebiasaan baik mengantar Anda untuk hidup bahagia, kebiasaan tidak baik mengantar Anda untuk hidup dalam ketidakpuasan.”~Djajendra
Kebiasaan seseorang mengungkapkan siapa dirinya yang sebenarnya. Kebiasaan seseorang membentuk hidupnya. Sekali kebiasaan terbentuk menjadi sangat sulit untuk dihilangkan. Kebiasaan-kebiasaan negatif merugikan diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan positif menguntungkan diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan positif membuka jalan menuju sukses. Kebiasaan-kebiasaan negatif menghalangi jalan untuk menuju sukses.  
Untuk memiliki kebiasaan positif dimulai dari kesadaran melakukan perubahan terhadap kebiasaan-kebiasaan negatif. Tidak seorang pun yang bisa menghilangkan kebiasaan buruknya tanpa melalui kesadaran untuk perubahan. Ketika belum muncul kesadaran di dalam diri sendiri, maka Anda tidak akan mengetahui bahwa ada kekurangan atau pun kelemahan di dalam diri Anda. Jadi, untuk membangun kebiasaan positif diperlukan kesadaran dan komitmen dari dalam diri sendiri. Ketika Anda sudah menyadari bahwa banyak kebiasaan negatif yang menghalangi perjalanan hidup Anda, saat itulah Anda akan memaksa diri untuk segera keluar dari zona nyaman dan mulai menjalani hidup di zona perubahan. Menghilangkan kebiasaan negatif hanyalah terjadi di zona perubahan, dan tidak pernah terjadi di zona nyaman. Artinya, kalau Anda ingin memiliki kebiasaan-kebiasaan positif untuk mengantar Anda mencapai sukses di segala bidang, maka Anda harus segera keluar dari zona nyaman dan mulai menjalani hidup di zona perubahan.
Kebiasaan positif dibentuk dari dalam diri melalui kesadaran dan keyakinan yang kuat di dalam kerja keras tanpa henti. Ketika Anda sadar memanfaatkan waktu hidup yang terbatas ini untuk menjadi diri sendiri yang positif, maka Anda tidak akan terjebak dalam kebiasaan buruk. Anda juga tidak akan membiarkan hidup Anda berdasarkan pemikiran orang lain, atau pun terjebak dalam berbagai opini yang bersumber dari luar diri Anda. Anda mampu menjadi diri sendiri yang terlatih untuk mengikuti hati nurani dan intuisi Anda. Anda mampu mengembangkan kesadaran tentang kebiasaan-kebiasaan terbaik untuk mengantar Anda menuju tujuan. Anda menjadi sangat tekun dan teliti untuk mengganti kebiasaan yang kurang menguntungkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat dan menguntungkan hidup Anda.
Kebiasaan-kebiasaan buruk atau negatif seperti musuh dalam selimut. Membiarkan kebiasaan buruk membentuk hidup Anda menjadikan diri Anda sulit mencapai tujuan. Tidak mudah memang untuk menghilangkan kebiasaan buruk, diperlukan disiplin dan kerja keras yang luar biasa agar kebiasaan buruk digantikan dengan kebiasaan baik. Kadang-kadang, walaupun Anda sudah membentuk kebiasaan positif, kebiasaan negatif masih tersimpan di memori alam bawah sadar Anda. Artinya, kebiasaan buruk tidak mungkin hilang, dia tetap tersimpan. Oleh karena itu, setiap hari, Anda harus menjalani hidup dengan kesadaran yang tinggi untuk melakukan segala sesuatu dengan kebiasaan positif Anda.
Kebiasaan terbentuk dari masa lalu sejak Anda masih kecil. Kebiasaan terbentuk dari alam bawah sadar yang dipengaruhi oleh kebiasaan orang-orang di sekitar Anda. Tanpa Anda sadar, Anda telah mencontoh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang yang hidup di lingkungan Anda. Jadi, untuk bisa menjadi diri sendiri yang unik dan asli dengan jati diri Anda, maka Anda harus jujur untuk mengakui pengaruh orang-orang lain terhadap kebiasaan yang Anda punya. Selanjutnya, tingkatkan kesadaran untuk mempelajari tentang diri sendiri. Rangkullah diri Anda sendiri dengan rasa syukur. Jadilah diri sendiri. Jangan pernah mencoba menjadi orang lain. Anda sangat unik dengan bakat-bakat hebat yang masih tersimpan di dalam diri Anda. Fokuskan ke dalam diri sendiri untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan hebat yang mampu mengoptimalkan bakat-bakat Anda yang unik tersebut.
Setiap orang yang lahir ke dunia ini membawa bakat dan kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan. Demikian juga dengan Anda. Memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan kehidupan sosial, hanya bisa dilakukan, kalau diri Anda sudah dilengkapi dengan kebiasaan-kebiasaan positif. Bila bakat dan kemampuan Anda yang hebat itu hanya dilengkapi dengan kebiasaan buruk, maka dapat dipastikan, bakat dan kemampuan hebat tersebut tidak akan membawa kebaikan bagi kehidupan sosial, termasuk bagi diri Anda sendiri.  
Sifat pikiran adalah menerima apa saja melalui pancaindera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman bau-wangi, dan rasa) dan menyimpannya di alam bawah sadar dalam bentuk memori. Kalau intuisi merupakan produk hati nurani atau jiwa. Dalam hal ini, jiwa memanfaatkan memori yang tersimpan di alam bawah sadar dengan perenungan atas berbagai pengalaman untuk menghasilkan intuisi. Pikiran sesungguhnya tidak memiliki kecerdasan, hanya jiwalah yang memiliki kecerdasan untuk menggunakan memori yang tersimpan di alam bawah sadar. Oleh karena itu, pikiran harus dikendalikan untuk tidak mencontoh kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan tujuan hidup. Gunakan hati nurani yang sudah berada pada tingkat kesadaran yang tinggi, untuk menerima kebiasaan-kebiasaan positif.
Ketika Anda menonton film, membaca buku, membaca koran, majalah, membaca berita-berita di internet, atau pun saat berinteraksi dengan teman-teman Anda; pastikan bukan pikiran Anda yang menentukan penerimaan semua informasi tersebut, tetapi hati nurani Andalah yang berfungsi untuk menerima semua informasi tersebut. Ketika hati nurani yang menerima informasi, maka kebiasaan-kebiasaan positif semakin menguat untuk menjadikan Anda bijak dan cerdas atas semua informasi tersebut.
Membentuk kebiasaan positif memerlukan kesadaran, keyakinan, dan kekuatan keinginan yang luar biasa. Anda harus sangat menginginkan untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan tersebut. Mulailah dengan niat, disiplin, komitmen, kerja keras, kesabaran, dan mempraktikkannya setiap hari. Pada awalnya pasti tidak mudah, Anda harus memiliki disiplin dan ketekunan yang luar biasa agar kebiasaan baru tersebut digunakan atau dilakukan berulang-ulang, setiap hari. Jadi, saat Anda sudah mampu memiliki sebuah kebiasaan baru, maka praktikkan kebiasaan baru tersebut setiap hari dengan penuh disiplin. Walaupun banyak rintangan dan kesulitan yang harus Anda hadapi saat mempraktikkannya, tetapi bila Anda fokus dan lurus jalannya, maka kebiasaan baru tersebut pasti menjadi sesuatu yang mewujudkan impian Anda.
Kebiasaan-kebiasaan positif seperti: bahagia, damai, sukacita, rasa syukur, rendah hati, melayani, senyum, rajin, disiplin, tekun, kerja keras, bertanggung jawab, jujur, dipercaya, tenang, percaya diri, berani, tegas, gembira, belajar, dan semua yang positif lainnya merupakan kekuatan yang mengantar Anda untuk sukses di segala bidang kehidupan. Sebaliknya, kebiasaan-kebiasaan negatif seperti: marah, khawatir, malas, serakah, bohong, ragu, fitnah, dendam, dan semua yang negatif lainnya merupakan kelemahan yang akan menggagalkan rencana Anda untuk mencapai impian.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra