JANGAN MENCEGAH KEMAJUAN DIRI SENDIRI


“Orang yang paling sukses bukan yang sudah mencapai kekayaan materi terbanyak. Orang yang paling sukses adalah orang yang kebutuhannya sangat kecil dan keinginannya sangat mudah dicapai.”~Djajendra
Kemajuan tidak hanya cukup bermodalkan semangat dan motivasi, diperlukan strategi dan perilaku yang memberdayakan diri untuk membuat kemajuan.
Kita semua adalah kebiasaan-kebiasaan yang kita praktikkan setiap hari. Kebiasaan-kebiasaan yang baik, seperti: bersyukur, bekerja keras, melayani, berjiwa besar, memaafkan, rendah hati, optimis, disiplin, tekun, rajin, bersih, tegas, menyukai proses, ikhlas, percaya diri, belajar, dan memberdayakan potensi diri untuk kehidupan yang lebih baik, adalah kebiasaan-kebiasaan yang mampu mendorong kemajuan diri sendiri. Sedangkan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti: malas, takut, pesimis, benci, marah, kesal, khawatir, prasangka buruk, merasa pintar, ragu, mau menang sendiri, menyukai cara instan, tidak suka proses, menentang, melawan, tidak bersyukur, tidak berterima kasih, adalah kebiasaan-kebiasaan yang akan mencegah kemajuan diri sendiri. Intinya, kalau sampai hari ini Anda merasa belum berhasil, coba periksa kembali kebiasaan-kebiasaan hidup Anda.
Pahami pikiran Anda dan pahami kenyataan yang sedang Anda hadapi. Pikiran Anda yang mengetahui cara untuk memanfaatkan kenyataan bagi kebaikan hidup Anda, akan mempermudah keberhasilan Anda. Bila cara berpikir Anda menghasilkan kebiasaan dan perilaku buruk, maka perbaiki cara berpikir Anda untuk bisa menghasilkan kebiasaan dan perilaku baik. Jadi, setiap hari periksa kembali cara berpikir Anda dengan jujur, dan juga periksa kembali cara terciptanya emosi-emosi Anda. Emosi dihasilkan dari cara berpikir. Oleh karena itu, agar emosi Anda positif dan suasana hati selalu optimis, Anda membutuhkan pikiran positif yang paling kuat.
Ketika Anda mampu merawat suasana hati yang optimis dan pikiran yang selalu optimis, maka momentum terbaik dalam hidup akan menjadi jalan Anda menuju sukses. Menjaga suasana hati yang baik dan menjaga pikiran selalu positif sudah merupakan kemenangan kecil dalam hidup Anda. Kemenangan-kemenangan kecil yang berakumulasi memberikan kepercayaan diri untuk kemenangan yang lebih besar.
Pastinya Anda yang optimis selalu memimpikan prestasi yang lebih besar. Jadi, setiap hari tetaplah optimis bersama kerja keras Anda. Fokuskan energi dan waktu untuk mencapai tujuan. Hadapi setiap tantangan dan rintangan dengan pengetahuan dan keyakinan yang kuat untuk meraih sukses. Jangan berhenti dan merasa tak mampu untuk menaklukkan kesulitan. Tetaplah bergerak dengan lebih positif dan lebih bermental pemenang dalam menghadapi kesulitan.
Kemenangan dan keberhasilan bukan untuk dibanggakan, tetapi digunakan sebagai modal untuk pencapaian kemenangan yang lebih besar. Jangan menciptakan perasaan gembira yang berlebihan dalam menyikapi keberhasilan, cukup bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan. Jadi, tetaplah rendah hati dan tidak pamer, atau memperlihatkan keberhasilan yang pada akhirnya terkesan menyombongkan diri.
Hormati diri Anda dan berikan kebaikan untuk kebahagiaan hidup Anda. Miliki ritual hidup setiap malam untuk merenungkan kembali semua peristiwa kehidupan yang sudah Anda lakukan. Ingat, manusia tempatnya salah dan manusia tidak pernah sempurna. Jadi, dari diri Anda yang paling jujur periksa kembali kekurangan dan ketidakbaikan, yang tanpa sadar sudah Anda kontribusikan kepada kehidupan. Maafkan diri sendiri untuk ketidaksempurnaan Anda, dan hargai juga kebaikan-kebaikan yang sudah Anda berikan kepada kehidupan.
Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan siapapun. Sebab, Anda adalah unik di antara miliar penduduk di bumi ini. Jadi, terimalah keunikan diri Anda dengan rasa syukur dan berkaryalah dengan apa yang Anda punya. Jangan menunggu sesuatu ada untuk berkarya. Mulailah dengan kenyataan hidup Anda, cintai hidup Anda,  bersyukurlah untuk segala kebaikan yang sudah Anda dapatkan dari hidup ini. Lalu, jangan pernah lalai untuk melayani hidup dengan lebih baik. Kita semua diberi hidup sama Tuhan agar ikhlas melayani kehidupan yang sudah Tuhan ciptakan ini.
Ketika Anda memiliki kekhawatiran tentang masa depan, maka rasa khawatir Anda itu mencegah kemajuan Anda. Perasaan takut rugi, takut kesulitan, takut mencoba, takut penderitaan, takut kekecewaan, takut bencana, dan semua ketakutan lainnya, hanya mencegah kemajuan Anda. Jadi, jangan biarkan diri Anda dibanjiri dengan energi negatif yang menghambat kemajuan dan kesuksesan Anda. Hadapi semua energi negatif dengan energi positif Anda. Jangan merasa kelelahan dan kewalahan dengan realitas energi negatif yang berusaha memadamkan potensi hebat Anda. Hadapi dengan rendah hati dan bertindaklah selangkah demi selangkah untuk kehidupan terbaik Anda.
Jangan mencegah kemajuan diri sendiri. Jangan terjebak dalam kehidupan yang kurang kesempatan untuk maju. Tingkatkan pendidikan Anda dan tingkatkan wawasan hidup Anda. Jangan seperti katak dalam tempurung yang hanya memiliki wawasan dan pengetahuan sebatas tempurung tempat dia tinggal. Miliki imajinasi yang kreatif; miliki strategi yang tepat; miliki model perilaku dan peran yang tepat untuk berbagai situasi kehidupan; miliki tujuan dan arah yang jelas dan tegas.  
Untuk mendapatkan kehidupan terbaik Anda harus bekerja lebih keras, melayani dengan lebih ikhlas, berjuang dengan lebih berani, serta memiliki kebiasaan sehari-hari yang lebih produktif dan efektif. Semua kebiasaan-kebiasaan baik Anda akan mengantar Anda untuk mendapatkan kehidupan terbaik. Jadi, hidup itu tidak sebatas untung-rugi, menang-kalah, tetapi kemampuan untuk menghilangkan kebiasaan negatif dan kemampuan untuk menguatkan kebiasaan positif bagi kebahagiaan hidup Anda di masa depan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com