MENJADI SEDERHANA


“Orang-orang yang menjadikan dirinya sederhana berada dalam kondisi pikiran dan emosi yang jujur.”~Djajendra
Menurut Paulo Coelho, hal-hal sederhana dalam hidup adalah yang paling luar biasa. Kesederhanaan hidup dimulai dari kemampuan untuk mengendalikan keinginan dan kebutuhan. Menjadi sederhana berarti meninggalkan pola pikir yang merumitkan hidup.
Kesederhanaan hidup merupakan ekspresi dari sikap rendah hati yang memiliki etos untuk kehidupan yang paling produktif. Waktu dan energi difokuskan untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Rutinitas hidup dijalankan secara efektif dan produktif. Pola pikir dibiasakan untuk tidak memperumit realitas hidup, sehingga kualitas dan kompetensi diri bisa mengalir untuk mencapai kinerja terbaik.
Menjadikan hidup sederhana menghilangkan beban hidup. Kehidupaan sederhana tidak berkompetisi dengan orang lain, tetapi berkompetisi dengan diri sendiri; tidak takut kehilangan; tidak merasa dikecewakan oleh orang lain, tetapi menjadikan semua orang sebagai tempat belajar; tidak merasa kurang dihargai, tetapi merasa percaya diri dengan semua yang dihadapi; tidak berambisi dan ngotot untuk sesuatu yang tidak pasti; tidak melawan takdir Tuhan; tidak menyalahkan diri sendiri atau orang lain, tetapi belajar dari kekurangan dan menyiapkan kualitas diri yang lebih andal; serta selalu fokus untuk bekerja keras secara totalitas dibidang pilihannya.
Menjadi sederhana bukanlah sebatas tentang gaya hidup, tetapi tentang cara berpikir dan cara menata batin yang menjauh dari kerumitan hidup. Pikiran dan batin berkolaborasi secara sempurna untuk pemenuhan kebahagiaan pada hari ini. Pikiran dilatih untuk tenang dan positif. Emosi dilatih untuk merasa beruntung, cukup, berlimpah, terpenuhi, kaya, cerdas, dan menikmati rutinitas hidup dengan kesadaran penuh.
Menjadi sederhana berarti tidak mencari aktualisasi diri ataupun cara untuk menjadi pribadi sempurna. Mampu mengalir dalam ruang benar ataupun salah tanpa menghakimi dan menyalahkan. Tak tergoyahkan oleh hal apapun, selalu rendah hati dan menerima hidup dengan ikhlas dan penuh syukur. Sehari-hari, rutinitas hidup dijalankan secara teratur dalam disiplin yang terfokus pada rasa syukur dan terima kasih.
Kesederhanaan hidup membuat seseorang fokus pada satu tugas dan satu pekerjaan untuk dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan profesional. Tidak ada ambisi yang berlebihan, yang ada hanyalah kerja keras yang sangat produktif. Tidak ada ketakutan ataupun keraguan, yang ada hanyalah optimisme dan keyakinan untuk mencapai yang terbaik. Kesederhanaan pola pikir menjauhkan seseorang dari perilaku tergesa-gesa.
Menjadi sederhana adalah kekayaan yang luar biasa. Sebab, kesederhanaan menjadikan seseorang hidup tanpa beban masa lalu ataupun masa depan, dia bisa fokus pada hari ini untuk menghasilkan prestasi dengan sepenuh hati. Menjadi sederhana membuat dirinya mudah mengerjakan sesuatu tanpa takut gagal atau salah. Dia yang menjadikan hidupnya sederhana selalu berada dalam pikiran dan emosi yang jujur.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra