MENCIPTAKAN REALITAS HIDUP YANG PALING PRODUKTIF DAN POSITIF



MENCIPTAKAN REALITAS HIDUP YANG PALING PRODUKTIF DAN POSITIF
“Sebelum menerima hasil akhir yang membahagiakan dan menguntungkan; lakukan hal-hal positif di sepanjang hari; lakukan hal-hal yang membuat Anda produktif dan berguna; maka kebahagiaan dan keuntungan akan setia dengan Anda.”~ Djajendra
Hiduplah di dalam diri sendiri, dan jangan hidup di luar diri sendiri. Sebab, semua hal-hal besar tentang Anda terdapat di dalam diri Anda, dan semua hal-hal kecil sajalah yang terlihat di luar diri Anda. Jadi, jangan risaukan ataupun terlalu bergembira tentang Anda yang di masa lalu, tentang Anda di masa kini, ataupun tentang Anda di masa depan. Fokuskan waktu dan energi untuk menyempurnakan tentang Anda yang terdapat di dalam diri Anda.
Kebanyakan orang terpengaruh dengan realitas dan terpaksa mengikuti realitas, walau hatinya tidak bahagia dengan realitas tersebut. Bahkan beberapa diantaranya menyerah dan tidak sanggup berhadapan dengan realitas, sehingga terpaksa melarikan diri dari realitas tanpa pernah mendapatkan solusi.
Orang-orang yang tidak terpengaruh dengan realitas selalu mampu menciptakan realitasnya sendiri. Mereka sangat cerdas untuk fokus ke dalam diri mereka, sehingga walau dari luar terlihat situasi dan kondisi yang sama, tetapi mereka mampu hidup di realitas yang berbeda.
Ada peristiwa yang menarik. Sekarang ini, realitas mata uang rupiah sedang melemah mendekati angka Rp 12.000 per dolar Amerika Serikat. Hal ini ternyata mempengaruhi realitas hidup dari importir dan eksportir. Para eksportir yang kandungan lokalnya maksimal pastilah tertawa bahagia dengan penguatan dolar atas rupiah, sebab semakin banyak rupiah yang bakal mereka terima dari pertukaran dolar mereka. Dan sebaliknya,  para importir pasti sedang panik dan stres berat, karena membutuhkan semakin banyak rupiah untuk mendapatkan barang impornya.
Dalam peristiwa pelemahan mata uang rupiah, biasanya kepanikan para importir adalah hal yang biasa. Tetapi, ada juga importir yang santai-santai saja menyikapi realitas dolar versus rupiah pada saat ini. Ketenangan importir tersebut disebabkan oleh pilihannya yang cerdas atas kebiasaan mata uang rupiah. Sejak lama dia sudah memahami perilaku mata uang rupiah, yang hobinya suka melemah. Jadi, diapun menetapkan pilihan yang paling realistis untuk menghadapi hobinya rupiah yang suka melemah. Karena dia telah memiliki sikap yang tegas terhadap realitas rupiah, serta tidak terpengaruh ataupun terjebak dengan realitas rupiah, maka bisnisnya selalu terjaga dan tetap di jalur pertumbuhan.    
Cara menciptakan realitas hidup yang paling produktif dan positif adalah dengan peta penanda. Artinya, seseorang yang ingin menciptakan realitasnya sendiri, harus cerdas mengidentifikasi dan memetakan potensi, dari hal-hal yang tidak berada di dalam kendali dirinya. Bila sudah memahami potensi dan sudah memagari risiko, diperlukan upaya untuk memperkuat sumber daya agar dapat mengalihkan fokus dari kenyataan negatif. Dan selanjutnya, memfokuskan semua energi untuk memperkuat efek positif dari realitas yang sedang terjadi, sehingga apapun realitas di luar sana, diri tetap kuat dan unggul untuk bisa sampai pada tujuan.
Apapun realitasnya janganlah pernah meninggalkan energi optimis. Sebab, selama diri masih di dalam kekuatan optimis, seburuk apapun realitasnya, diri akan mampu melihat berbagai peluang dan kemungkinan. Walau ruang realitas sudah terisi penuh dengan ketidakpastian ataupun tanpa harapan, tetapi mata optimis pasti akan menemukan peluang-peluang yang luar biasa.
Hati-hati dengan perasaan negatif dan pesimis terhadap realitas. Sebab, pesimis dan negatif akan membutakan logika; menjadikan Anda tidak akan pernah menemukan jalan keluar; menjadikan Anda kehilangan akal sehat untuk mendapatkan pilihan terbaik; serta selalu mengarahkan Anda untuk menggambarkan realitas dengan hal-hal terburuk. Jadi, bila masih dalam pola hidup pesimis dan negatif, segeralah dihapus dari DNA Anda. Hilangkan segera semua respon-respon otomatis pesimis yang menguras energi optimis Anda. Pastikan bahwa Anda semakin optimis dan lebih bersemangat untuk menghadapi realitas yang sulit.
Setiap hari bersemangatlah untuk menciptakan realitas yang paling produktif. Sebab, segala sesuatu yang produktif akan menciptakan nilai tambah, dan akan membuat Anda mengalami pengalaman yang menyenangkan. Fokuskan perhatian untuk memperluas dan membangun wawasan agar berbagai realitas, mampu Anda sikapi dengan tenang dan cerdas.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra