PELAYANAN PELANGGAN HARUSLAH SETIAP HARI DENGAN SEPENUH HATI



PELAYANAN PELANGGAN HARUSLAH SETIAP HARI DENGAN SEPENUH HATI
“Apapun situasi dan realitas bisnis yang sedang dihadapi perusahaan di hari ini. Setiap orang didalamnya, wajib melayani pelanggan dengan sepenuh hati dalam sikap dan senyum ikhlas yang tulus.”~Djajendra
Layanan pelanggan bukanlah pelayanan sesuai dengan suasana hati ataupun kepentingan untuk mengejar target penjualan. Tetapi, merupakan  pelayanan yang sangat konsisten dengan komitmen, untuk memberikan pelayanan berkualitas, yang sangat manusiawi kepada setiap pelanggan oleh setiap insan perusahaan. Jadi, pelayanan pelanggan yang hebat adalah layanan yang setiap hari diperlihatkan oleh setiap insan perusahaan dengan sikap, perilaku, dan karakter yang membuat pelanggan bahagia dan tercukupi.
Dalam realitas bisnis, sering sekali ditemukan bahwa pelayanan yang totalitas, hanya diberikan pada saat perusahaan sedang meluncurkan produk baru ataupun saat perusahaan sedang bekerja keras untuk meningkatkan penjualan. Biasanya, hal ini dilakukan dengan promosi-promosi yang luar biasa. Di mana, para insan pelayanan dibentuk secara khusus, secara instan dan sesuai acara, serta tidak jarang bekerja sama dengan EO untuk mendapatkan karakter pelayanan dengan sikap baik dan selalu senyum. Jelas, hal ini sangat memperlihatkan ego marketing yang terfokus pada kepentingan jangka pendek.
Pelayanan yang baik haruslah konsisten di dalam kekuatan etika dan integritas. Lalu, setiap insan perusahaan di dalam rutinitas bisnis sehari-hari, wajib memiliki sikap, perilaku, dan suasana hati, yang kreatif dengan solusi terbaik untuk setiap kebutuhan pelanggan.
Pelayanan berkualitas adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelanggan ataupun stakeholders, yang sifatnya setiap hari, sangat rutin, sehingga perusahaan harus membentuk karakter dan perilaku setiap orang di dalam perusahaan, untuk menjadi insan-insan perusahaan yang terbiasa melakukan pekerjaannya dengan sikap baik, senyum, pelayanan, pemecahan masalah, tata krama, akuntabilitas, keterbukaan, serta selalu menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan.
Tindakan-tindakan sepenuh hati dan totalitas dalam memberikan pelayanan berkualitas, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Memperhatikan suasana hati pelanggan dengan empati dan sikap baik, serta keikhlasan hati untuk melayani kebutuhan pelanggan, akan menjadikan pelanggan selalu setia dan memiliki kesan positif kepada perusahaan.
Pelanggan adalah energi bisnis. Bila sebuah perusahaan kekurangan pelanggan, maka pasti penjualannya akan menurun, dan hal ini berdampak pada berkurangnya pendapatan. Bila pendapatan perusahaan sudah berkurang, ini sama artinya perusahaan kehilangan tenaga untuk bertahan. Oleh karena itu, pastikan memiliki kebiasaan untuk menemukan solusi buat kebutuhan pelanggan, dan tidak membiasakan diri untuk menolak permintaan pelanggan, tanpa berusaha menemukan solusi terbaik. Jika seorang karyawan dengan sangat mudah dan begitu cepat menolak kebutuhan, harapan, dan permintaan pelanggan; maka dia telah menjadi energi yang menghambat pertumbuhan bisnis, serta menjadi pribadi yang berpartisipasi aktif untuk menurunkan penjualan perusahaan.
Semakin sepenuh hati dan totalitas Anda bekerja untuk membantu pelanggan mendapatkan jalan keluar dan memenuhi kebutuhan mereka, semakin Anda akan menjadi energi pencipta nilai tambah perusahaan, serta semakin Anda menjadi pribadi yang bertindak meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan Anda.
Jangan pernah mengatakan “tidak bisa”  kepada pelanggan Anda; jangan pernah menciptakan perilaku melawan terhadap pelanggan Anda; jangan pernah menutup pintu jalan keluar; dan jangan pernah menganggap remeh atau kecil tentang keluhan pelanggan Anda. Sebab, tanpa pelanggan, bisnis Anda pasti hilang, dan tanpa bisnis yang menguntungkan, Anda pasti kehilangan penghasilan. Jadi, bantulah pelanggan Anda dengan tulus dan sepenuh hati. Pastikan bahwa perilaku dan kebiasaan Anda sudah cerdas emosional dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra