BERUBAHLAH DENGAN SUKARELA



“Ketika realitas memaksa untuk berubah, maka berubahlah dengan sukarela, dan tingkatkan rasa percaya diri agar perubahan itu menjadi lebih mudah.”~Djajendra
Perubahan bisa terjadi oleh kehendak diri sendiri ataupun oleh kehendak dari perjalanan hidup. Setiap orang pasti akan diuji dengan perubahan, hanya yang mau dan cerdas berubah, yang akan naik kelas menuju kehidupan yang lebih baik.
Perubahan hadir oleh berbagai sebab-akibat dari peristiwa kehidupan. Intinya, perubahan hadir untuk memaksa seseorang meninggalkan zona kenyamanan. Dan tujuannya jelas, yaitu mengeluarkan seseorang dari zona nyamannya agar orang tersebut bisa berbuat hal-hal yang lebih luar biasa untuk kehidupan.
Perubahan bisa hadir oleh hal-hal yang menggembirakan ataupun memotivasi seseorang untuk berani melangkah bersama perubahan tersebut. Tetapi, perubahan juga bisa hadir dalam wujud yang menakutkan dan menghilangkan harapan seseorang. Jadi, perubahan itu bisa hadir dalam wujud yang menarik ataupun yang sangat menakutkan. Diperlukan kecerdasan emosional dan kekuatan mental untuk menghadapi perubahan dengan lebih tenang.
Ketika sudah memutuskan ataupun memilih sebuah cara untuk membuat perubahan dalam hidup; pastikan sudah menyiapkan disiplin, keyakinan, kepercayaan, emosi cerdas, mental yang tangguh, dan metode untuk menjalankan perubahan tersebut. Perubahan membutuhkan orang-orang yang berwawasan lebih, tangguh, cepat, konsisten, tegar, dan bertanggung jawab.
Perubahan mengharuskan Anda menjadi pembelajar yang rendah hati. Sebab, perubahan membutuhkan kebiasaan baru, pola pikir baru, dan semua itu akan membuat Anda membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan sesuatu yang baru. Oleh karena itu, jadilah pembelajar yang lebih rendah hati agar Anda dapat meminta bantuan, dukungan, bimbingan dari berbagai sumber yang berpotensi menguatkan semangat Anda bersama perubahan yang sedang Anda lakukan.
Pastikan respon emosional Anda selalu positif dengan proses perubahan. Reaksi emosional sangatlah penting untuk dijaga ketenangan dan kestabilannya. Sebab, reaksi emosional sangat mempengaruhi daya tahan diri. Bila secara konsisten dapat menjaga reaksi emosional yang positif atas perubahan, maka optimisme akan mengantarkan Anda untuk melewati perubahan dengan sukses.
Perubahan berpotensi menghadirkan hal-hal atau peristiwa-peristiwa yang tak terduga. Walau perubahan itu sudah direncanakan dengan baik, dan sudah dipetakan semua potensi risikonya, tetapi apa saja kemungkinan dapat terjadi. Oleh karena itu, siapkan mental yang sangat kuat dan emosi yang sangat cerdas agar apapun kejadiannya Anda tetap merasa optimis dengan perubahan tersebut. 

Dalam proses perubahan, kegembiraan dan rasa percaya diri yang tinggi akan menjadikan hal-hal yang sulit menjadi lebih mudah. Jagalah semangat agar selalu dalam pikiran positif, dan miliki daftar prioritas kerja untuk dicapai dalam setiap tahap perubahan. Pastikan bahwa setiap kesulitan yang harus dihadapi di sepanjang jalan perubahan, telah diatasi dengan semangat yang penuh optimis untuk mencapai hal-hal baru sebagai hasil dari perubahan. 

Hadapi tantangan dan rintangan dengan kualitas dan kompetensi. Jangan biarkan diri menjadi frustrasi oleh tantangan. Jangan biarkan diri terjebak dalam energi cemas tentang kemampuan diri untuk memenuhi tujuan dari perubahan. Jangan biarkan diri berhenti di tengah jalan perubahan. Yakinkan diri untuk selalu menyelesaikan apa yang dimulai dengan totalitas dan sepenuh hati.

Perubahan adalah perjalanan untuk mencapai tujuan dengan merubah wujud dan kebiasaan lama. Saat wujud dan kebiasaan baru ditemukan diakhir perubahan, saat itu membutuhkan respon emosional positif dan pola pikir baru, yang siap hidup bersama wujud baru dan kebiasaan baru tersebut.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra