KEPERCAYAAN RENDAH AKAN MENGURANGI EFEKTIVITAS ORGANISASI


“Semakin rendah tingkat kepercayaan, semakin tinggi biaya yang dibutuhkan. Semakin tinggi tingkat kepercayaan, semakin rendah biaya dan semakin tinggi nilai tambahnya. Kepercayaan menentukan produktivitas dan efektivitas.” ~ Djajendra
 
Kepercayaan sangat menentukan kecepatan organisasi. Bila kepercayaan rendah, maka pengamanan harus lebih ditingkatkan. Dan hal ini, akan mengakibatkan melambatnya kecepatan tata kelola organisasi, sehingga efektivitas dan produktivitas organisasi pasti akan menurun.
Kepercayaan akan mendatangkan lebih banyak kemudahan. Bila perusahaan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, maka semua bank atau investor akan siap membiayai investasi perusahaan. Demikian juga, bila tingkat kepercayaan terhadap diri Anda tinggi, maka siapapun pasti berani memberikan kepercayaan lebih kepada diri Anda.
Bila kepercayaan rendah, maka ketidakamanan akan menakutkan semua orang. Dampaknya, orang-orang yang memiliki kepercayaan yang rendah selalu akan dicurigai. Kebaikan apapun yang dikerjakan atau dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki kepercayaan rendah, akan selalu diragukan integritasnya.
Kepercayaan yang rendah membuat orang-orang harus melewati pemeriksaan berkali-kali. Sekarang ini, disebagian besar bandara internasional, para penumpang wajib untuk diperiksa berkali-kali demi menjaga keamanan. Antrian yang panjang membuat pola kerja menjadi tidak efektif. Tetapi, karena kepercayaan yang rendah, maka dibutuhkan penerapan keamanan yang lebih dari kewajaran.
Di organisasi atau perusahaan yang tingkat kepercayaannya rendah selalu dibutuhkan tindakan-tindakan ekstra untuk menjamin kejujuran dan keamanan. Secara fisik tata ruang kerja akan dipasangin CCTV  di setiap sudut. Secara pribadi setiap orang diwajibkan menandatangani fakta integritas. Intinya, walau organisasi sudah dilengkapi dengan tata kelola terbaik, kode etik, panduan etika bisnis, nilai-nilai kerja, pengawasan berlapis, sistem dan prosedur yang modern. Tetapi, rasa kepercayaan yang rendah akan membuat semua kelengkapan itu seolah-olah masih kurang lengkap.
Kepercayaan yang rendah akan menyebarkan energi khawatir di internal organisasi. Dan, energi khawatir ini akan menganggap siapapun sebagai orang-orang yang wajib untuk diawasi. Apalagi bila budaya tidak jujur menjadi perilaku dan kebiasaan sehari-hari, maka kepercayaan akan semakin rendah. Hal ini semakin akan mengurangi kecepatan pelayanan dan meningkatkan biaya menjadi lebih tinggi dari seharusnya.
Kepercayaan adalah sumber efektivitas, keamanan, dan produktivitas. Jadi, semakin tinggi kepercayaan di dalam sebuah organisasi, semakin kuat dan unggul organisasi tersebut, untuk menghasilkan kinerja dan prestasi terbaik.
Kepercayaan dihasilkan dari keunggulan integritas. Bila setiap pribadi atau organisasi memiliki budaya integritas untuk menjaga komitmen, karakter kerja, kualitas kompetensi, tata kelola yang konsisten,  pelayanan yang peduli, serta fokus pada misi dan tujuan; maka, kepercayaan akan mengalir dalam kolaborasi kehidupan kerja yang penuh kinerja.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra