INTEGRITAS PRIBADI MEMBANGUN PERSONAL BRANDING



INTEGRITAS PRIBADI MEMBANGUN PERSONAL BRANDING
“Personal branding seharusnya merupakan definisi diri sebagai pemimpin yang memiliki pola hidup, yang melayani diri sendiri dan orang lain, dengan integritas dan akuntabilitas diri yang konsisten.” ~ Djajendra
Membangun personal branding atau merek pribadi adalah sesuatu yang sangat penting bagi kemajuan karir. Dan semua ini wajib dilakukan dalam proses manajemen diri, untuk tujuan penguatan integritas dan akuntabilitas diri agar diri menjadi pribadi yang otentik terhadap hidupnya.
Dalam realitas sekarang ini, personal branding seolah-olah telah menjadi komoditas yang dapat dimiliki atau dibeli secara instan oleh siapapun. Orang-orang yang uangnya banyak, memiliki banyak pilihan untuk membangun personal branding. Mereka dapat menggunakan media sosial, TV, majalah, koran, ataupun film untuk membangun merek pribadinya. Sedangkan orang-orang yang uangnya terbatas dapat menggunakan media sosial di internet untuk membangun merek pribadinya.
Siapapun Anda memiliki kesempatan untuk memoles fisik, karakter, emosi, intelektual, spiritual, dan penampilan diri secara instan, dengan berbagai atribut agar secepatnya menjadi populer di masyarakat.
Banyak orang lupa bahwa personal branding yang abadi adalah hasil dari integritas pribadi yang konsisten. Bila seseorang membangun personal branding dengan cara-cara instan, yang terfokus pada pencitraan diri untuk mencapai sebuah tujuan jangka pendek, maka apa yang dilakukan itu akan cepat terbuka kepalsuannya.
Membangun personal branding melalui media sosial memerlukan prinsip kehati-hatian, dan juga kedewasaan diri di dalam integritas pribadi yang konsisten. Sebab, media sosial adalah raksasa yang menampung segala pola pikir, keyakinan hidup, sifat, perilaku, ideologi, emosi, dan kepribadian individu yang unik. Mengabaikan realitas media sosial, dan mengedepankan ego diri atas realitas media sosial, akan berdampak pada gagalnya personal branding yang Anda bangun.
Siapkan diri Anda dengan konsep diri dan manajemen diri agar kehadiran Anda di media sosial sesuai dengan tujuan dan misi hidup Anda. Lalu, miliki tujuan dan maksud yang jelas, terdefinisikan secara profesional, serta wujudkan misi dan tujuan kehadiran Anda di media sosial, untuk memperkaya wawasan kehidupan.
Personal branding Anda adalah komitmen Anda untuk melayani orang lain. Jadi, pastikan bahwa apa-apa yang Anda ceritakan tentang diri Anda, apa-apa yang Anda wacanakan untuk membangun kehidupan yang lebih baik, dan apa-apa yang Anda yakini dapat menjadikan kehidupan lebih baik, haruslah secara konsisten Anda perlihatkan melalui karakter dan gaya hidup Anda.
Personal branding Anda wajib mewakili nilai-nilai kehidupan Anda yang asli. Ingat! Personal branding bukanlah berarti promosi diri. Personal branding tidak ada hubungannya dengan promosi diri. Walau Anda dikenal banyak orang oleh merek pribadi Anda, tetapi hal itu mewakili nilai-nilai kehidupan yang secara konsisten, telah Anda ceritakan atau berikan kepada orang-orang di jaringan media sosial Anda.
Merek pribadi atau personal branding Anda merupakan aset yang harus Anda rawat di dalam energi integritas dan akuntabilitas yang konsisten. Jangan pernah memulai langkah awal dengan kepalsuan jati diri, karena hal itu akan menjadikan Anda hidup secara tidak konsisten dengan merek pribadi Anda.
Personal branding Anda yang asli dari integritas pribadi, akan menjadi alat untuk memajukan karir, kinerja, dan prestasi Anda secara berkelanjutan.
Bangunlah personal branding Anda dengan gairah dan antusias untuk pencapaian terbaik terhadap sebuah misi atau tujuan. Jangan pernah membangun personal branding dengan ambisi atau persaingan, karena hal itu akan menjadikan Anda terbebani oleh energi negatif dari ambisi dan persaingan Anda tersebut.
Jadilah jujur terhadap diri sendiri. Jadilah pribadi yang memimpin diri sendiri untuk pencapaian yang lebih tinggi. Jadilah pemimpin diri yang lebih otentik untuk melayani kehidupan dengan kontribusi, yang dihasilkan dari keunikan dan keikhlasan pribadi Anda.
Integritas pribadi Anda adalah harta yang tak ternilai kekayaannya. Jadi, gunakan integritas pribadi Anda sebagai fondasi atas bangunan merek pribadi Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra