BELAJAR MEMIMPIN DARI POLA PERMAINAN CATUR



BELAJAR MEMIMPIN DARI POLA PERMAINAN CATUR
“Apapun yang terjadi pemimpin harus lebih tenang dari siapapun, lalu berpikir dengan strategi dan taktik. Karena, sebagai pemimpin dia bertanggung jawab untuk menang agar bisa menyelamatkan tujuan dan misi.” ~ Djajendra
Permainan catur adalah memainkan masa depan. Di mana, setiap langkah yang diputuskan sekarang akan berdampak pada hasil dan langkah-langkah berikutnya. Demikian juga dengan kepemimpinan, di mana setiap sikap dan keputusan yang dibuat sekarang akan berdampak pada hasil dan langkah-langkah yang harus dibuat di masa depan. Dalam hal ini, bisa saja langkah-langkah yang harus dibuat itu tidak memiliki pilihan, dan menjadi keharusan.
Seorang master catur selalu memiliki kecerdasan untuk merencanakan sebanyak mungkin langkah-langkah di dalam pola pikirnya, sehingga saat menghadapi berbagai situasi yang berkembang di papan catur, ia akan dengan tenang membuat langkah-langkah berikutnya, dan juga keputusan-keputusan yang ia yakini sebagai cara terbaik untuk menyelamatkan Raja.
Letak kunci sukses dalam permainan catur tergantung pada pola pikir yang kreatif. Bila seorang pemain catur mampu mengalir di dalam perubahan, dan selalu terhubung dengan energi kreatif, maka ia akan menjadi lebih fleksibel untuk mencoba berbagai langkah-langkah baru yang membingungkan lawan, sehingga ia bisa mengatur strategi untuk memenangkan permainan.
Permainan catur mengajarkan kepada kita semua bahwa harus terus bergerak apapun situasinya,  dan bergeraknya juga tidak boleh lama-lama, sebab lawan akan memiliki waktu untuk membaca pola pikir dan menganalisis potensi gerak selanjutnya. Jadi, kekuatan utama dalam permainan catur tergantung pada kemampuan pikiran, yang bergerak cepat di dalam kekuatan intuisi yang terlatih tajam.
Pemimpin yang unggul pastilah layaknya seperti seorang master catur, yang berkemampuan untuk berpikir cepat, serta memanfaatkan intuisi dalam menciptakan gerak cepat menuju tujuan. Jadi, bila pemimpin ragu atau lambat dalam mengambil langkah dan keputusan, apalagi tidak tegas, maka ia akan menjadi pemimpin yang selalu kalah dalam permainan realitas.
Permainan catur adalah permainan realitas yang setiap saat fakta-fakta di papan catur bisa berubah dengan sangat cepat, secepat aliran pikiran yang membuat langkah dan keputusan. Di sini, setiap pemain harus menanggapi langkah lawannya, dan wajib bergerak menutup langkah-langkah lawan yang mencoba membongkar pertahanan Raja. Dan, setiap langkah atau keputusan baru akan menciptakan fakta-fakta baru di papan catur.
Permainan catur adalah permainan strategi dan taktik yang didasarkan dari energi kreatif, dan pengetahuan teknis yang unggul. Permainan catur mengajarkan tentang berbagai kemungkinan, dan tidak ada jaminan bahwa sebuah strategi atau taktik yang pernah menang akan menang terus. Jadi, setiap posisi memiliki potensi untuk menang, dan yang penting adalah bahwa setiap pemain bergerak dengan pola pikir yang kreatif, selalu memantau risiko dari berbagai sisi dan aspek.
Pemimpin yang unggul dihasilkan dari fleksibilitas, kreativitas, keterbukaan pikiran, dan kemampuan untuk mengikuti realitas yang selalu berubah oleh fakta-fakta baru.
Tidak ada sesuatu yang abadi di dalam kepemimpinan selain integritas. Apapun fakta dan informasi baru yang diperoleh oleh pemimpin, ia harus mengukurnya dengan nilai-nilai integritas, yang harusnya abadi bersama komitmen dan tindakan.
Permainan catur bukanlah permainan ngotot-ngototan atau menggunakan sikap keras kepala yang terobsesi dengan satu cara. Permainan catur adalah permainan realitas sesuai fakta atas posisi di papan catur. Demikian juga kepemimpinan, di mana pemimpin harus selalu bergerak bersama fleksibilitas atas cara-caranya, dan selalu mampu terhubung atas fakta-fakta yang muncul di dalam organisasi, serta selalu menyiapkan langkah-langkah baru untuk memenangkan tujuan.
Semua pemain catur pasti tahu bahwa permainan catur membutuhkan banyak analisis yang sangat cepat, dan juga kecerdasan intuisi dalam setiap keputusan berani yang dibuat.
Pemain catur sangat mengerti soal manajemen waktu, sehingga mereka akan fokus dalam konsentrasi yang total, yang membuat jiwa dan emosi meraka mengalir bersama langkah-langkah dan keputusan-keputusan yang dibuat atas setiap fakta dan situasi. Di mana, semua itu hanya dengan satu tujuan, yaitu menyelamatkan Raja dengan cara memenangkan permainan.
Belajar memimpin dari pola permainan catur. Kepemimpinan  itu sesungguhnya seperti memainkan permainan catur. Seorang pemimpin membutuhkan langkah-langkah dan keputusan-keputusan cepat agar dapat bergerak cepat untuk memenangkan tujuannya. Dan juga, harus selalu menentukan pilihan yang paling tepat saat menghadapi tantangan.
Tidak ada satupun perencanaan yang unggul saat fakta dan realitas baru hadir untuk melemahkan perencanaan yang sudah ada. Jadi, pemimpin haruslah selalu memahami setiap posisi organisasi, seperti yang dilakukan oleh para master catur, yang selalu membuat gerakan baru atas posisi yang muncul dari kreativitas lawannya.
Pada permainan catur, pemain harus sangat tenang dan sangat fokus bersama realitas di papan catur. Lalu, dirinya harus menciptakan strategi dan taktik baru yang unik, yang membingungkan lawan agar lawan gagal memahami maksud dan tujuan.
Apapun yang terjadi seorang pemain catur akan berjuang totalitas untuk menyelamatkan Raja. Karena, tujuan utama dari permainan catur adalah menyelamatkan dan memenangkan Raja, sehingga pemain tersebut dapat memenangkan pertandingan. Demikian juga, apapun yang terjadi seorang pemimpin haruslah berjuang lebih totalitas dalam memenangkan tujuan, sehingga dapat menyelamatkan organisasi agar selalu lebih kuat dan unggul, serta menjadikan dirinya sebagai pemimpin unggul, yang selalu menciptakan mahakarya.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra