TINGGALKAN ZONA NYAMAN AGAR BISA MERAIH YANG LEBIH BAIK



TINGGALKAN ZONA NYAMAN AGAR BISA MERAIH YANG LEBIH BAIK
“Zona kenyamanan adalah ruang mental dalam perilaku sesuai rutinitas. Diri yang merasa terbiasa dan mudah dengan rutinitas yang sama setiap hari, akan takut keluar dari zona nyaman. Dan, perubahan pasti akan ditolak, karena perasaan belum terbiasa atau takut dengan risiko. Hal ini akan membuat dirinya selalu ngotot untuk tetap di zona nyaman. Hasilnya, dia akan tertinggal oleh kemajuan, dan sulit menemukan jalan untuk kesejahteraan hidup yang lebih.” ~ Djajendra
Setiap orang sukses pastilah terbiasa untuk keluar dari zona nyaman, dan selalu mencari tantangan baru untuk menghasilkan sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Zona nyaman bagi orang sukses adalah perubahan, dan mereka akan terus - menerus  terlibat dari satu perubahan menuju ke perubahan berikutnya, sehingga mereka selalu hidup dengan sejahtera di sepanjang  kehidupan. Perubahan adalah sesuatu yang pasti, karenanya mereka tidak akan diam dalam batas mental,  dan selalu akan mencari jalan keluar untuk melewati batas mental mereka.
Orang-orang yang suka dengan zona kenyamanan adalah mereka yang suka hidupnya terprediksi dalam ruang aman, tanpa risiko. Dan, hal ini akan membuat mereka tahu persis tentang apa yang akan terjadi di dalam hidupnya. Padahal, kehidupan itu sendiri berada dalam ketidakpastian, dan juga tidak bisa diprediksi untuk semua hal. Mungkin hal-hal tertentu dapat diprediksi, tetapi dalam realitas, lebih banyak hal-hal dalam kehidupan yang sulit untuk diprediksi.
Keluar dari zona nyaman berarti berani mendorong batas sendiri, lalu memperluas wilayah mental agar dapat berpikir dan bersikap di luar  kebiasaan. Semakin berani Anda keluar dari kotak nyaman Anda, semakin akan memicu potensi sukses Anda menuju kebesaran diri Anda.
Orang-orang yang kurang kreatif paling takut dengan perubahan, apalagi kalau dipaksa untuk keluar dari zona nyaman mereka. Bukannya kinerja yang akan didapatkan, tetapi penurunan produktivitas oleh kecemasan dan perasaan tidak aman. Diperlukan motivasi dan inspirasi secara berkelanjutan untuk membuka pikiran mereka, lalu memberikan keyakinan dan akal sehat agar mereka mau keluar dari batas mental mereka.
Ketidakberanian atau mental yang malas berpikir kreatif, akan menjadikan seseorang tidak mudah untuk ditarik ke ruang perubahan. Diperlukan pencerahan dan bukti yang meyakinkan agar mereka mau melakukan sesuatu dengan cara-cara baru. Zona nyaman bukanlah hal yang baik atau buruk, tetapi akan membuat pikiran tidak berkembang, lalu membentuk kepribadian yang takut dengan risiko.
Ketika Anda mampu berpikir di luar kota nyaman mental Anda, maka setiap kendala yang menghalangi pilihan hidup Anda, dapat Anda temukan solusinya. Karena, di luar zona nyaman atau di luar wilayah batas mental Anda, ada pengetahuan yang tidak terbatas banyaknya dan tidak terbatas dalamnya untuk Anda jadikan sumber dalam pencarian solusi yang tepat. Bila Anda tetap ngotot dalam zona nyaman Anda, maka semua masalah hidup pastilah pemikirannya sebatas wilayah mental Anda. Hal ini akan membuat Anda tidak memiliki kapasitas untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dari luar wilayah mental Anda. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang terus-menerus memperbaiki dan memperluas batas wilayah mental Anda, gunakan kekuatan kreativitas Anda untuk menemukan hal-hal luar biasa dari kehidupan yang lebih luas.
Zona nyaman Anda tidaklah buruk, tetapi dia hanya membuat Anda tidak berkembang untuk menjadi lebih baik. Dia akan membatasi pola pikir Anda sebatas praktik yang selama ini Anda gunakan; membatasi Anda sebatas pengalaman dan kepercayaan yang Anda jadikan andalan hidup Anda; dan membatasi Anda sebatas pemahaman yang sama, yang selalu berulang dalam rutinitas sebab-akibat hidup Anda.
Anda pasti memiliki potensi-potensi yang belum dimaksimalkan, dan bila wawasan Anda lebih luas dari sekarang, maka Anda pasti akan lebih mengetahui untuk mengoptimalkan potensi Anda. Oleh karena itu, segeralah keluar dari kotak nyaman Anda. Jadilah lebih terbuka untuk belajar sesuatu yang baru, dan siapkan diri untuk bekerja bersama perubahan. Jangan takut dengan risiko, sebab saat Anda berani menerima risiko, saat itu mental Anda akan mendorong Anda dengan visi yang lebih besar, sehingga Anda akan menjadi lebih terang melihat masa depan, serta mampu bekerja dengan lebih cerdas untuk terlepas dari masalah yang harus dihadapi.  
Yakinkan diri Anda bahwa ketika Anda mampu berpikir di luar kotak, maka semua tujuan Anda akan lebih mudah dicapai. Dan yakinkan juga bahwa berada di luar wilayah mental akan lebih menguntungkan pertumbuhan diri Anda. Berpikir di luar wilayah mental saja tidak cukup, Anda harus bertindak dan memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Pastikan Anda mampu menciptakan lingkungan yang secara proaktif membantu dan terlibat dalam proses perubahan Anda.
Gunakan rasa takut untuk lebih menguasai hal-hal di luar wilayah mental Anda. Dan, jangan biarkan rasa takut terhadap realitas di luar wilayah mental Anda, membuat Anda kehilangan keberanian untuk melakukan sesuatu dengan lebih kreatif. Keluarlah segera dari zona nyaman Anda, karena di luar zona nyaman Anda ada lebih banyak hal-hal hebat yang dapat membantu kemajuan dan kesejahteraan hidup Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra