STRATEGI TERBAIK DIHASILKAN DARI PIKIRAN EFEKTIF



 STRATEGI TERBAIK DIHASILKAN DARI PIKIRAN EFEKTIF
“Jangan pernah membiarkan seorangpun dalam tim manajemen untuk mengaburkan masalah serius dengan berbagai rekayasa untuk menyenangkan hati. Sebab, setiap masalah yang dibiarkan kabur akan tumbuh dalam kegelapan, dan pada saat dilihat secara terang, masalah tersebut sudah menjadi masalah besar yang bisa menghalangi semua langkah strategis yang sudah diambil. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu yang negatif dalam ruang gelap organisasi. Sebab, yang Anda sembunyikan itu akan tumbuh menjadi besar; lalu menjadi penyebab dari berbagai kerusakan, kebocoran, dan ketidakberdayaan organisasi di masa depan.” ~ Djajendra
Startegi dibutuhkan untuk membuka jalan menuju tujuan yang ingin dicapai. Strategi yang baik pastilah menjadi alat yang memecahkan kebuntuan dan risiko, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menemukan solusi terbaik dalam menghadapi setiap rintangan.
Strategi terbaik akan memiliki prinsip-prinsip yang kuat dalam menghadapi praktik-praktik yang berpotensi berubah sesuai dengan kepentingan. Selama praktek dan prinsip dapat diselaraskan sesuai kepentingan, maka sangatlah mudah untuk menyiapkan langkah-langkah strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan.
Strategi yang baik dihasilkan dari pola pikir efektif. Pola pikir efektif dihasilkan dari kemampuan dan kesadaran untuk memahami persoalan secara mendalam; dari keberanian untuk menjadi lebih kreatif dan tidak takut untuk membuat kesalahan; dari mental yang terbiasa bertanya untuk sebab-akibat dari setiap langkah menuju tujuan; dari pola pikir yang terlatih untuk mengikuti ide-ide yang mengalir dari praktik sehari-hari; dari perubahan dan kenyataan yang harus dihadapi; dari kecerdasan emosional untuk memahami persoalan dengan wawasan yang lebih luas.
Strategi terbaik haruslah dipicu oleh imajinasi yang dihasilkan dari wawasan dan pengetahuan yang lebih lengkap. Kemampuan imajinasi untuk memetakan semua hal secara detail, akan menjadikan strategi mendapatkan langkah-langkah yang dapat menghindari kesalahan.
Strategi terbaik pastilah akan menuntaskan persoalan dalam satu atau dua langkah. Jadi, pikiran efektif haruslah menjadi cara untuk menciptakan langkah-langkah agar strategi dapat bergerak dengan cepat menuju sasaran dan meraih target yang ditetapkan.
Strategi adalah bagian dari usaha untuk mencapai tujuan atau hasil tanpa mengalami kerumitan. Strategi berfungsi untuk merumuskan rencana dan mengambil jalan tersingkat dalam mewujudkan rencana tersebut. Di mana, jalan tersingkat itu tetap menguasai tata kelola terbaik dengan menghitung potensi risiko, serta dijalankan dengan efektif dan produktif.
Strategi terbaik tidak tercipta dari keunggulan kompetitif usaha, tetapi dari pola pikir efektif terhadap semua aspek di dalam organisasi. Efektivitas adalah kunci terbaik untuk membuka semua rahasia yang menghambat gerak dan langkah dari strategi. Anda yang menguasai cara dan pola berpikir efektif pasti akan menjadi pemenang dari permainan strategi dalam kompetisi bisnis yang semakin menantang.
Siapkan visi yang terang, lalu lengkapi visi dengan strategi dari cara berpikir efektif.  Miliki prinsip yang jelas dan kuat, lalu hadapi persaingan dengan pola berpikir yang efektif. Buatlah keputusan-keputusan yang sesuai dengan prinsip utama; kemudian berikan motivasi dan keyakinan kepada tim, untuk bergerak dan bertindak dengan efektif, dalam mewujudkan tujuan dan meraih hasil sesuai dengan target.
Visi yang jelas dengan tim manajemen yang cerdas melihat realitas, akan menjadi kekuatan untuk mewujudkan langkah dan tindakan strategis. Jangan pernah membiarkan seorangpun dalam tim manajemen untuk mengaburkan masalah serius dengan berbagai rekayasa untuk menyenangkan hati. Sebab, setiap masalah yang dibiarkan kabur akan tumbuh dalam kegelapan, dan pada saat dilihat secara terang, masalah tersebut sudah menjadi masalah besar yang bisa menghalangi semua langkah strategis yang sudah diambil. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu yang negatif dalam ruang gelap organisasi. Sebab, yang Anda sembunyikan itu akan tumbuh menjadi besar; lalu menjadi penyebab dari berbagai kerusakan, kebocoran, dan ketidakberdayaan organisasi di masa depan.
Visi bukanlah khayalan, tetapi gambaran yang terencana dengan baik dalam strategi yang siap bertindak. Oleh karena itu, pastikan bahwa visi yang Anda miliki sudah terencana dan terhitung risikonya dengan baik; lalu pastikan juga bahwa Anda sudah memiliki sistem, tata kelola, sumber daya, dan orang-orang yang siap berjuang dengan penuh dedikasi dalam totalitas untuk mewujudkan visi tersebut.
Keberhasilan dan kegagalan perencanaan strategis sangatlah tergantung kepada pola eksekusi dan pola bertanggung jawab. Seperti diketahui bahwa pihak yang mengambil keputusan strategis biasanya adalah manajemen puncak (direksi), lalu pihak yang melaksanakan keputusan tersebut adalah manajemen menengah (kepala devisi/manajer senior). Diperlukan pola komunikasi yang efektif, cara berpikir yang efektif, dan cara bertindak yang efektif dalam hubungan antara manajemen puncak dengan manajemen menengah. Kesalahan persepsi terhadap cara berpikir efektif akan merugikan organisasi dalam menjalankan taktik, rencana, prosedur, sistem, dan pengoptimalan potensi sumber daya organisasi untuk mencapai kinerja terbaik.    
Setiap pihak di level manajemen menengah haruslah mendapatkan arahan dan gambaran yang sangat jelas dari manajemen puncak. Koordinasi, komunikasi, kolaborasi, dan soliditas terhadap strategi yang digunakan haruslah menjadi alat yang ampuh untuk mencapai tujuan tanpa terhalang oleh hal apapun.
Strategi yang baik haruslah memiliki unsur kejutan, sehingga dalam kompetisi bisnis yang ketat, unsur kejutan dapat menjadi energi untuk memenangkan pasar yang sedang dalam kompetisi ketat. Jadi, selama prinsip dan etika dijaga dengan baik, maka semua unsur kejutan untuk membuat para pesaing bingung atau tidak bisa membaca arah dan langkah Anda adalah berita baik untuk bisnis Anda.
Cara berpikir efektif haruslah menjadi energi dan budaya organisasi, sehingga setiap orang di dalam organisasi terbiasa bekerja dengan pola pikir efektif. Dan hal ini akan membentuk konsensus bersama di dalam organisasi, lalu bertindak dengan efektif untuk meraih kinerja dan mewujudkan tujuan sesuai target.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra