INTUISI ADALAH RESPON CEPAT UNTUK SEBUAH KEPUTUSAN




INTUISI ADALAH RESPON CEPAT UNTUK SEBUAH KEPUTUSAN
“Intuisi adalah akumulasi dari pengetahuan dan pengalaman hidup yang menyatu dengan jiwa. Intuisi yang ikhlas melayani integritas pribadi akan menjadi ilmu yang siap dipanen dengan suara hati. Intuisi adalah anugerah yang bisa memberitahu atau memutuskan apa yang harus dilakukan tanpa data dan informasi yang lengkap.”~ Djajendra
Setiap hari setiap orang pastilah harus membuat atau mengambil keputusan. Ada keputusan yang dapat dibuat secara rasional dengan kalkulasi perhitungan yang lengkap, tetapi banyak juga keputusan-keputusan yang harus dibuat dengan sangat cepat. Pengambilan keputusan yang sangat cepat biasanya akan menggunakan intuisi. Intuisi itu sendiri adalah anugerah dari akumulasi pengetahuan, pengalaman, penalaran, pengamatan, dan keterampilan yang sudah membatin oleh rutinitas dan kebiasaan sehari-hari.
Orang-orang yang cerdas melatih intuisinya akan memiliki keyakinan batin atau firasat yang sangat tajam, untuk mengikuti sebuah arah atau keputusan yang dibuat tanpa pikir dan tanpa memperhitungkan dengan konsep yang terukur risikonya. Intuisi tidak dapat dilihat, tetapi dapat diekspresikan melalui keputusan-keputusan yang cepat dan berharga saat dibutuhkan.
Para pemimpin visioner adalah orang-orang besar yang berbakat dengan intuisi mereka. Hal ini terjadi karena mereka telah terbiasa dengan pola pikir dan pola rasa terhadap inti pekerjaan mereka, sehingga penalaran atau analisis secara rasional sudah terjadi setiap hari di dalam imajinasi mereka. Oleh karena itu, pada saat dibutuhkan keputusan yang sangat cepat, mereka bisa segera memberikan keputusan dari suara hati dan pikiran cepat mereka. Keajaiban mereka tidaklah berasal dari proses instan, tetapi dari proses akumulasi yang sangat lama dan panjang dari pengalaman mengamati juga berpikir, dan semua pengamatan oleh batin itu mampu menyimpan pengetahuan, yang pada saat dibutuhkan dapat diekspresikan melalui intuisi.
Keputusan dari intuisi tidaklah selalu sempurna atau berkualitas. Intuisi juga dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang salah, sehingga bukan solusi yang didapat, tetapi masalah baru yang mungkin muncul. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan konteks persoalan dan jenis keputusan yang harus dibuat. Bila jenis keputusan membutuhkan perhitungan risiko yang sangat mendalam, karena memiliki dampak yang sangat luas, serta mempengaruhi banyak aspek kehidupan lainnya, maka keputusan secara intuisi tetaplah harus diuji dengan perhitungan secara rasional yang terhitung risikonya secara ilmiah.
Keputusan dengan intuisi tetaplah memiliki keterbatasan oleh ketidaklengkapan informasi dan data saat intusi membuat kesimpulan. Dan juga pengaruh dari emosi dan rasa percaya diri yang berlebihan berpotensi mengabaikan untuk mempertimbangkan berbagai potensi alternatif. Sering sekali keputusan dengan intuisi hanya didorong oleh rasa yakin dan percaya tanpa mempertimbangkan fakta, bukti, ataupun pendapat orang lain.
Jangan hentikan proses berpikir rasional walau intuisi Anda selalu memberikan keputusan dan pilihan yang paling tepat. Sebab, intuisi yang hebat tetaplah berasal dari akumulasi cara berpikir rasional yang berwawasan luas. Oleh sebab itu, setiap hari tingkatkan kualitas diri dengan menjadi pembelajar yang mau tahu banyak hal, dan terus-menerus membuka diri untuk menyerap berbagai macam pengalaman dan pengetahuan baru agar alam bawah sadar Anda kaya dengan berbagai informasi, data, pengalaman, kemampuan, dan kapasitas, yang siap digunakan dengan cepat saat Anda butuhkan.
Intuisi sangat cerdas untuk melihat pengetahuan dan pengalaman dengan jiwa dan emosi, lalu dengan secepat perasaan dapat memberikan keputusan yang dapat diterima secara rasional. Jadi, keputusan yang dihasilkan oleh intuisi bukanlah keputusan abstrak yang penuh teka-teki, tetapi keputusan yang dapat diterima secara akal sehat, dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
Intuisi adalah hasil dari integritas pribadi pada sebuah fokus yang didalami secara total. Jadi, intuisi akan selalu menghasilkan kebenaran yang diyakini oleh hati nurani terhadap hal-hal yang sangat ditekuni atau dipelajari secara maksimal.
Intuisi merupakan kekuatan berpikir yang paling jujur, tetapi dia hadir seolah-olah tanpa berpikir, dan seolah-olah hanya menggunakan firasat untuk memberitahu sesuatu yang sangat dibutuhkan.
Kesadaran untuk melatih intuisi dengan cara menjadi pembelajar yang terus-menerus; selalu rendah hati untuk belajar dari manapun dan tanpa menghakimi sumbernya, akan menjadikan diri Anda unik dan istimewa dengan kecerdasan naluri, yang dapat diandalkan dalam pembuatan keputusan penting dan cepat.
Intuisi adalah sahabat jiwa yang setiap hari harus dilatih bersama dialog batin untuk menjadikannya cerdas dan cepat. Jadi, saat Anda membutuhkan kontribusi atau pelayanan yang cepat dan tepat dari intuisi, maka dia akan menjadi sahabat yang paling jujur, dan cerdas memandu Anda untuk pembuatan keputusan yang benar.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra