INTEGRITAS ADALAH AKAR KARAKTER POSITIF



INTEGRITAS ADALAH AKAR KARAKTER POSITIF
“Integritas bukan saja sebuah perilaku, tetapi merupakan akar dari kesejahteraan. Bila integritas berkuasa dalam perilaku kehidupan setiap orang, maka kesejahteraan dan keadilan akan mencapai pemerataan dalam kehidupan sosial.” ~ Djajendra
Setiap orang yang memiliki integritas terhadap pekerjaannya akan memiliki karakter untuk meraih sukses tertinggi. Integritas akan menjadikan seseorang sangat jujur dan bertanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan kepadanya, juga menjadikan dirinya sebagai pribadi yang dapat dipercaya dan diandalkan untuk mentuntaskan semua rencana dengan berkualitas.
Integritas pribadi tidak saja membuat seseorang menjadi lebih dipercaya, tetapi juga meningkatkan reputasi dirinya dihadapan stekeholders. Seseorang dengan integritas pribadi yang terpuji akan mengekspresikan karakter dan kepribadian yang mampu memberikan hal-hal terbaik kepada stakeholders.

Integritas pribadi merupakan salah satu akar pembentukan karakter positif. Sebagai akar karakter, integritas pribadi akan memperkuat jati diri dan menumbuhkan kepribadian positif dengan reputasi terpuji. Setiap orang yang dengan sadar mengembangkan integritas pribadinya, akan secara otomatis mengembangkan karakter positif untuk kehidupan yang lebih berkualitas.
Karakter seseorang terungkap dari perilaku dan kebiasaan sehari-hari. Seseorang dengan karakter yang diperkaya oleh integritas pribadinya, akan menjadi orang yang sangat jujur, dan selalu bertanggung jawab atas apapun yang dia lakukan atau putuskan.
Integritas pribadi hanya dapat dilihat dalam wujud karakter positif. Karakter positif menyediakan fakta dan kebenaran dari jati diri seseorang. Seseorang dengan karakter positif akan menjalankan semua peran dirinya dengan profesional. Dan, dia juga akan menjalankan semua tugas dan tanggung jawabnya tanpa melanggar etika.
Integritas adalah pengetahuan yang wajib diajarkan sejak usia muda. Setiap anak-anak sejak sekolah dasar seharusnya sudah dibiasakan memperlihatkan karakter yang dihasilkan dari integritas pribadi. Kehidupan rumah dan sekolah yang sederhana dan patuh etika, akan menjadi dasar yang baik untuk pengembangan karakter positif.
Orang tua dan guru di sekolah yang memperlihatkan keteladanan dari karakter positif, akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan karakter positif anak-anak. Integritas pribadi yang dipraktikkan sejak usia muda akan menjadi modal yang sangat menentukan kesuksesan di masa depan. Mengabaikan pendidikan integritas kepada anak-anak akan berdampak pada terciptanya generasi yang lemah, tidak jujur, dan kurang bertanggung jawab.
Pendidikan karakter yang baik adalah menjadikan integritas sebagai fondasi dari pendidikan tersebut. Bila setiap orang menyadari bahwa karakter positif hanya dapat diwujudkan dengan pendidikan integritas, maka di masa depan akan tersedia sumber daya manusia yang terbiasa menjalankan pola hidup dengan integritas pribadi. Hasilnya, bangsa dan negara akan mengalami kemajuan dan kesejahteraan yang luar biasa. Integritas bukan saja sebuah perilaku hidup, tetapi merupakan akar dari pemerataan kesejahteraan hidup.
Integritas mengajarkan untuk tidak berbohong, untuk tidak merusak, untuk tidak mengambil yang bukan miliknya, untuk tidak melanggar hukum, untuk tidak melanggar etika, untuk lebih bertanggung jawab atas tindakan, dan untuk selalu menjaga kata-kata agar tidak melukai kemanusiaan orang lain.
Integritas pribadi yang baik tidak akan membuat diri mudah tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Integritas pribadi akan menciptakan pola hidup yang berpikir dengan bijak, serta bertindak dengan cara-cara profesional, tanpa mementingkan rayuan ego atas semua kemudahan yang ada di sekeliling diri.
Kehormatan sejati bersumber dari integritas pribadi. Jadi, saat Anda bersikap dan bertindak berdasarkan integritas, maka kehormatan akan mencari Anda, dan menjadikan Anda sebagai pribadi terhormat.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra