TIDAK ASAL BERBICARA

“Berbicaralah dengan pengetahuan dan hati nurani; lalu miliki empati, sikap baik, dan toleransi.”~ Djajendra

Sering sekali orang-orang berbicara tanpa menyadari bahwa pembicaraannya itu sedang menceritakan hal-hal tidak baik tentang dirinya. Setiap perilaku tidak etis yang dibungkus dengan sopan-santun, tetaplah akan memancarkan ketidakbaikan. Setiap kata-kata yang diucapkan selalu memancarkan jati diri, jadilah cerdas bersama kata-kata yang diucapkan.
Jangan asal berbicara. Ketika Anda mengabaikan pengetahuan, tata krama, etika, dan sikap baik dalam setiap komunikasi Anda; maka, Anda akan kehilangan jati diri positif.  
Ucapkan kata-kata hanya untuk hal-hal yang menghadirkan kebaikan, jangan pernah mengucapkan kata-kata yang hasilnya membuat orang sakit hati kepada Anda. Bila orang sakit hati kepada Anda, maka Anda sedang menambah jumlah musuh. Jadilah cerdas! Capailah tujuannya, tanpa menambah musuh. Bersikaplah secara positif, agar Anda dapat menambah jumlah teman sebanyak mungkin.
Tingkatkan wawasan dan pengetahuan secara detail. Pastikan Anda mempelajari semua bagian dari yang akan Anda bicarakan secara tepat dan benar. Integrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang ada, lalu perbaiki informasi dalam pikiran Anda, sehingga Anda dapat mengingatnya dalam jangka panjang, dan dapat menjadikannya sebagai sumber dalam setiap kata yang Anda ucapkan.
Dalam situasi resmi dan tidak resmi Anda tetap wajib menjaga kata-kata. Sebab, kata yang Anda ucapkan akan memperlihatkan kepada orang-orang tentang diri Anda. Semakin terlatih dan terbiasa Anda mengucapkan atau menuliskan kata-kata yang lebih positif, semakin orang-orang akan mengetahui kualitas diri Anda, dan juga ide – ide penting dari pola hidup Anda.
Jawablah setiap pertanyaan dengan pengetahuan dan wawasan yang Anda kuasai. Jangan pernah berbohong atau berkata yang melebih-melebihkan dari yang Anda ketahui. Bersikaplah dalam perilaku yang konsisten dengan kepribadian asli Anda. Tidak perlu menjadi pribadi seolah-olah, tetapi jadilah pribadi apa adanya sesuai jati diri yang asli.
Jadilah tertarik untuk belajar banyak hal, dan internalisasikan semua hal baik ke dalam kepribadian Anda. Lalu, perkuat setiap hari dengan informasi, untuk membantu wawasan Anda dalam melayani percakapan dengan siapapun.
Berbicara yang baik adalah berbicara dari niat baik dan kata-kata positif yang terangkai dengan baik. Persiapkan diri dengan pikiran baik, dengan emosi baik, dan dengan perilaku baik. Jadilah pribadi yang aktif mencari pengetahuan, wawasan, informasi, dan kebijaksanaan hidup, agar semua kata-kata yang Anda ucapkan atau tuliskan, membawa manfaat dan kebaikan untuk semua orang.
Setiap kata-kata negatif akan menjadi catatan, yang di kemudian hari berpotensi menjadi sesuatu yang merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, gunakan akan sehat, gunakan sikap baik, gunakan empati, dan gunakan niat baik dalam setiap hubungan dan interaksi.
Pastikan Anda terbiasa hanya untuk mengingat informasi positif, semakin positif persepsi Anda terhadap semua persoalan atau pengetahuan tentang realitas kehidupan, semakin Anda dapat menguasai komunikasi dengan kata-kata bijak dan optimis.
Pastikan Anda selalu berbicara lebih berhati-hati, dan tidak asal berbicara. Perkaya informasi yang akan Anda bicarakan kepada tim, organisasi, atau industri Anda. Termasuk juga kepada atasan, bawahan, dan rekan kerja Anda. Jadilah profesional, dan jangan menjadi pribadi yang asal berbicara.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra