PELATIHAN MERAJUT HATI DALAM SOLIDITAS DAN VISI BERSAMA PROGRAM 3 HARI 24 JAM - MOTIVATOR DJAJENDRA



MERAJUT HATI DALAM SOLIDITAS DAN VISI BERSAMA
DESKRIPSI
Pengembangan kualitas pribadi dan kompetensi kerja karyawan harus menjadi proses yang berkelanjutan. Melalui program pelatihan selama 3 hari ini, kami akan mengembangkan mindset dan potensi karyawan, agar karyawan selalu dapat meningkatkan kinerja melalui cara kerja yang inovatif dan efektif. Serta, selalu berdisiplin melalui integritas pribadi untuk  meningkatkan kualitas pelayanan kepada organisasi dan stakeholder.
Pelatihan motivasi dan pengembangan kepribadian ini merupakan sebuah komponen integral untuk pengembangan mindset dan potensi karyawan melalui pengembangan karakter, emosional, soliditas di tempat kerja, motivasi pribadi, kepemimpinan diri, komunikasi, pola kerja yang efektif, dan etos kerja sesuai budaya organisasi perusahaan.
Secara garis besar, pelatihan selama tiga hari ini akan membangun kesadaran peserta melalui motivasi untuk menguasai dan memahami hal-hal berikut.
Keterampilan interpersonal, peserta akan dimotivasi untuk memiliki kesadaran dan kecerdasan sosial yang baik. Diantaranya, peserta akan belajar untuk memahami perasaan dan kemampuan orang lain; menyelesaikan dan mencegah konflik, konfrontasi, perselisihan, meminimalkan dampak negatif, serta  mengendalikan reaksi yang berlebihan. Termasuk, kemampuan untuk menerima keragaman dan perbedaan melalui hati yang ikhlas dari hubungan interpersonal dan perilaku.
Keterampilan kolaborasi, kerja sama, dan sinergi. Peserta akan dimotivasi untuk menetapkan hubungan kerja yang efektif  antara bawahan, pimpinan, dan kolega; serta selalu berpartisipasi dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan yang berkualitas.
Keterampilan komunikasi verbal, non verbal, dan tulisan. Peserta akan dimotivasi untuk menyajikan ide-ide dan informasi dengan jelas dan ringkas. Termasuk, cara menguasai parabahasa yang baik untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara terbuka, jujur, dan mudah dengan orang lain.
Keterampilan untuk perencanaan dan pengorganisasian. Khususnya, untuk menetapkan tindakan untuk diri sendiri dalam mencapai tujuan. Mengidentifikasi kebutuhan dan mengatur untuk memperoleh sumber daya yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan dan sasaran diri sendiri. Mengembangkan dan menggunakan sistem kerja untuk memantau kemajuan pekerjaan, serta berperilaku efektif  untuk menggunakan sumber daya seperti waktu, biaya, fasilitas, infrastruktur organisasi, dan informasi secara efisien dan produktif.
Keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan analitik. Peserta akan dimotivasi untuk mengidentifikasi permasalahan dan potensi  masalah. Memperoleh informasi yang relevan tentang masalah. Mengenali informasi yang diperlukan. Bersikap obyektif dalam mengevaluasi informasi yang relevan dengan masalah. Mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah. Membuat rekomendasi dari hasil evaluasi, serta bertindak dan menindaklanjutinya.
Etos kerja dan motivasi. Peserta akan diberikan contoh untuk melakukan pekerjaan dengan menunjukkan integritas pribadi, tanggung jawab, dan akuntabilitas. Menyediakan saran dan bantuan untuk membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan mereka. Mengarahkan dan memotivasi diri untuk patuh pada nilai-nilai perilaku kerja yang berasal dari budaya organisasi.
Keterampilan untuk memiliki ketegasan sikap. Peserta akan dimotivasi untuk berani mengidentifikasi tindakan yang diperlukan, serta bersedia untuk membuat keputusan, penilaian, dan mengambil tindakan.
Pengembangan diri. Peserta akan dimotivasi untuk selalu secara akurat mengevaluasi kinerja diri sendiri, dan selalu sadar untuk melakukan pengembangan kepribadian sebagai syarat untuk menjawab tantangan pekerjaan saat ini dan di masa depan. Mengidentifikasi potensi diri dan sumber daya yang tersedia untuk diri sendiri, dan melakukan perbaikan terhadap kualitas diri sendiri secara berkelanjutan.
Keterampilan kecerdasan emosional dan fleksibilitas. Peserta akan dimotivasi untuk mau memodifikasi perilaku dan aktivitas kerja melalui kecerdasan emosional dalam fleksibilitas karakter yang selalu cerdas menanggapi informasi baru, perubahan, karakter kepribadian yang berbeda,  atau hambatan tak terduga. Mempertimbangkan berbagai alternatif, termasuk pendekatan inovatif atau kreatif. Cerdas emosional untuk mengambil tindakan yang dapat diterima oleh orang lain yang memiliki pandangan berbeda.
Kepemimpinan unggul. Peserta akan dimotivasi untuk menjadi pemimpin unggul dengan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan proses perseptif dan analitis. Bersikap tegas dan tidak membiarkan perilaku ragu menguasai dasar kepemimpinan diri sendiri.
Karakter unggul. Peserta akan dimotivasi untuk memiliki karakter kerja yang sesuai dengan nilai-nilai perilaku yang disiapkan oleh organisasi melalui budaya organisasi dan etos kerja.
KONSEP DASAR 
Merajut hati sumber daya manusia untuk bekerja dan berkontribusi dalam soliditas bersama. Soliditas bersama yang diperkaya oleh kepribadian yang terampil emosi, pikiran efektif, pikiran positif, keterampilan sosial, komunikasi, perilaku manajemen diri, dan karakter kerja yang selaras dengan budaya perusahaan. Konsep dasar pelatihan ini akan fokus pada pengembangan kepribadian yang mencakup hal-hal, seperti: kesadaran diri, keterampilan berpikir kreatif, menjadi yang terpercaya, berhati mulia, cerdas beradaptasi dengan perubahan, bersikap tegas dan pasti, berinisiatif, berempati, bertoleransi, percaya diri, berintegritas, penguasaan diri, kesadaran berorganisasi,bersahabat, berpengaruh, berani ambil risiko, cerdas menyelesaikan persoalan, memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab, memiliki manajemen waktu, dan hal-hal lain yang terkait dengan pengembangan kepribadian untuk peningkatan kualitas kerja.
TUJUAN PELATIHAN  
Tujuan utama program pelatihan motivasi dan pengembangan kepribadian selama 3 hari ini adalah sebagai berikut.

Membuat karyawan termotivasi untuk mengembangkan potensi diri sendiri, agar dapat bekerja searah dengan budaya dan strategi organisasi.
Membuat karyawan termotivasi untuk menjadi bagian integral dari setiap perencanaan organisasi, dan selalu menyiapkan kualitas dan kompetensi diri untuk tujuan pengembangan organisasi.
Membuat karyawan termotivasi untuk membangun kesadaran dan emosional positif, agar dapat bertindak sebagai alat  organisasi untuk menciptakan hasil yang diinginkan.
Membuat karyawan cerdas berpikir efektif dan bertindak produktif dalam soliditas bersama.
Membuat karyawan termotivasi untuk pertumbuhan pribadi dan profesional pribadi melalui optimalisasi potensi diri atas kesadaran diri sendiri.
Pengembangan kepribadian yang memotivasi karyawan untuk mengimplementasikan budaya organisasi menjadi nilai-nilai kehidupan kerja berkualitas terbaik.
Karyawan akan dimotivasi untuk memperkuat pengambilan keputusan dan kekuatan kepemimpinan dalam lingkungan organisasi dan tim.
Pelatihan ini akan menyadarkan karyawan bahwa pertumbuhan pribadi dan kepuasan pribadi di tempat kerja, berasal dari keikhlasan diri sendiri, untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan, dan kualitas diri secara berkelanjutan.
MANFAAT PELATIHAN 
Peserta akan belajar tentang kompetensi dan kualitas diri untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
Peserta akan belajar cara memotivasi diri sendiri untuk selalu dapat memberikan kontribusi dan pengabdian tertinggi kepada organisasi.
Peserta akan belajar etos kerja bersama nilai-nilai perilaku kerja terbaik.
Peserta akan belajar untuk menjalankan kepemimpinan unggul melalui keunggulan kepemimpinan diri sendiri yang autentik.
Peserta akan belajar menjadi pribadi unggul melalui pengembangan karakter berdasarkan nilai-nilai terbaik untuk membuat diri menjadi yang terbaik.
Peserta akan belajar cara berkomunikasi secara verbal, non verbal, tertulis untuk memperkuat hubungan melalui tata krama yang etis dengan orang lain.
Peserta akan belajar cara meningkatkan kerjasama melalui budaya kolaborasi, sinergi, dan kontribusi dalam setiap hubungan kerjasama.
Peserta akan belajar cara menggunakan perilaku positif  yang etis untuk menjalin hubungan kerja dengan teman dan atasan melalui sinyal langsung dan bawah sadar emosi positif.
Peserta akan belajar cara bertindak sesuai dengan target yang diinginkan dan menampilkan sisi karismatik diri secara berkualitas.
Peserta akan belajar cara mengendalikan pengaruh orang lain dan mengelola emosi pelarian atau emosi liar, serta memandu interaksi dan komunikasi untuk saling menghormati dan tidak saling menyakitkan.
Peserta akan belajar kecerdasan emosional dari sisi internal diri, dan, dari sisi hubungan atau interaksi dengan berbagai pihak dan kepentingan di tempat kerja.
Peserta akan belajar cara mengendalikan politik kantor dan konflik.
METODOLOGI PELATIHAN
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
MATERI PELATIHAN
HARI 1/DAY 1
PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 1: KEPRIBADIAN POSITIF DALAM SOLIDITAS KOMUNIKASI, KOORDINASI, DAN KOLABORASI DI TEMPAT KERJA (Bagian 1)
Sub Bahasan
Memperbaiki pola pikir dan mempersiapkan kepribadian positif
Memahami, mengenali, dan mengembangkan diri untuk komunikasi efektif
Elemen berpikir efektif dalam komunikasi yang produktif
Memahami teknik komunikasi yang ideal dalam gaya komunikasi yang berbeda
Memberikan umpan balik positif dengan komunikasi yang efektif dan positif
Kecerdasan soft skills ( sikap, sifat, perilaku, karakter, kepribadian, emosi, dan pikiran) untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, kolaborasi, sinergi, dan kerja sama di tempat kerja
Cara membangun dan menggunakan persepsi untuk memahami apa yang terjadi di sekitar pekerjaan dan kehidupan, serta untuk mendefinisikan perilaku dalam meningkatkan komunikasi dengan orang lain
Menghindari jebakan argumen yang tidak penting dan meningkatkan akal sehat dalam berkomunikasi
PK 10.00 –10.15 WIB: COFFEE BREAK
PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: KEPRIBADIAN POSITIF DALAM SOLIDITAS KOMUNIKASI, KOORDINASI, DAN KOLABORASI DI TEMPAT KERJA (Bagian 2)
Sub Bahasan
Menghindari menyalahkan dan kesalahpahaman dalam komunikasi
Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi komunikasi?
Mendengarkan secara aktif untuk mendapatkan hubungan dan komitmen
Cara terbaik untuk berbagi niat dan ide dengan orang lain
Memahami siklus menyalahkan dan melepaskan energi negatif
Dampak buruk tentang menyalahkan orang lain
Hal yang harus dilakukan saat Anda yang salah
Efek empati pada komunikasi
Cara mengekspresikan emosi baik
Menangani percakapan telepon dengan emosi baik
Bahasa tubuh yang baik dalam komunikasi
Kapan berkomunikasi secara terbuka dan tertutup
Cara mengidentifikasi kebohongan orang pada Anda
Mengontrol suara untuk mendapatkan efek komunikasi yang maksimal
Teknik berbicara di depan publik
PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK
PK.13.00 – 14.30 WIB. SESI 3: CARA MENYUSUN PETA PERJALANAN PRIBADI UNTUK MENUJU SUKSES DALAM PEKERJAAN DAN KEHIDUPAN
Sub Bahasan
Memahami tujuan hidup dan tahu cara menuju tujuan hidup
Mengetahui tujuan bekerja dan tahu cara mewujudkan visi perusahaan
Memahami arah yang harus dicapai di tempat kerja
Menyiapkan kepribadian yang bertumbuh meraih potensi tertinggi
Memahami kompetensi dan kualitas kepribadian yang dibutuhkan untuk sukses
Memahami cara mengatasi hambatan dan rintangan saat menuju sukses
Menabur kebaikan yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain 
Menyiapkan perilaku unggul untuk setiap langkah menuju sukses
Meningkatkan kualitas pribadi untuk pencapaian yang produktif
Cerdas melengkapi diri dengan kapasitas untuk menyusuri peta perjalanan
PK 14.30 –14.45 WIB: COFFEE BREAK
PK.14.45 – 16.30 WIB. SESI 4: BERPIKIR EFEKTIF DAN MENCIPTAKAN SUKSES DENGAN POLA PIKIR YANG EFEKTIF
Sub Bahasan
Pola pikir efektif
Elemen berpikir
Menciptakan diri yang efektif
Kesederhanaan sikap untuk memahami semua hal secara mendasar
Membuang hal-hal yang mengundang kekacauan pikiran
Memanfaatkan yang ada dan menemukan yang hilang
Meningkatkan kualitas wawasan diri
Pola pikir yang dimodifikasi dengan pengalaman hidup
Menciptakan pertanyaan dan aktif mendengarkan suara hati
Mengalirkan gagasan dan ide-ide dengan efektif
Melihat ke depan dan belajar dari masa lalu
Merangkul perubahan dan menjadi diri sendiri yang efektif
Cara memicu dan merangsang pola pikir efektif
HARI KE 2/DAY 2
PK.08.30 – 10.00 WIB. SESI 5:MEMBANGUN LINGKUNGAN TEMPAT KERJA YANG SEHAT MELALUI TANGGUNG JAWAB, INTEGRITAS, ETIKA DAN DISIPLIN
Sub Bahasan
Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kuat
Kepribadian yang bertanggung jawab
Kepribadian dalam integritas
Kepribadian yang patuh etika
Kepribadian dengan disiplin
Bekerja proaktif
Penampilan dan ketegasan diri
Pemecahan masalah
Pengambilan keputusan
Berpikir kritis
Memahami konsekuensi atas kemunduran integritas pribadi
PK. 10.00 – 10.15 WIB. COFFEE BREAK
PK.10.15 - 12.00 WIB. SESI 6: PROFESIONALISME DI TEMPAT KERJA
Sub Bahasan
Efektivitas pribadi dan profesionalisme
Mewujudkan profesionalisme di tempat kerja
Kunci penting untuk menjadi profesional sejati di tempat kerja
Pengetahuan dan interaksi profesional
Kinerja profesional
Perilaku profesional
Penampilan profesional
Bagaimana profesionalisme di tempat kerja dinilai?
Kode etik dan kompetensi profesional
Tanggung jawab dan hubungan kepercayaan di tempat kerja
Kualifikasi seorang profesional
PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK
PK. 13.00 - 14.30 WIB. SESI 7: MINDSET UNTUK ORIENTASI TARGET YANG LUAR BIASA
Sub Bahasan
Ekspektasi kinerja dan tanggung jawab pekerjaan
Pekerjaan sebagai alat untuk mencapai target rutin dan tahunan
Kebutuhan pribadi dalam pencapaian target
Etos kerja dan orientasi target
Motivasi pencapaian target
Tindakan, perilaku, perhatian, dan harapan dalam mewujudkan target
Sikap dalam pencapaian target
Kepribadian dalam pencapaian target
Percaya diri untuk melakukan tugas dan mencapai target sesuai tujuan
Teknik kunci untuk pencapaian target
Aturan untuk mencapai target
Keterampilan, sifat dan sumber daya untuk  pencapaian  target
PK 14.30 –14.45 WIB: COFFEE BREAK
PK.14.45 - 16.30 WIB. SESI 8: KECERDASAN EKSEKUSI UNTUK MENCAPAI TARGET
Sub Bahasan
Memahami situasi, misi, eksekusi, dukungan layanan dan kepemimpinan
Cara pencapaian target dan tujuan terdefinisikan dengan baik
Setiap staf menguasai tugas pribadi dan menjalankan tugasorganisasi
Setiap staf bekerja dengan memahami situasi dan informasi
Memiliki data, komposisi tim, disposisi, dan kekuatan untuk bekerja dengan baik
Memiliki kemampuan untuk melakukan eksekusi kerja dengan berkualitas
Menyediakankejelasanuntuk apa yang dikerjakan secarakeseluruhan dan menginformasikan
Konsep pelaksanaan kerja yang soliditas di internal organisasi
Kecepatan, keamanan, dan ketepatan melaksanakan tugas dan pekerjaan
Berkoordinasi dan berkomunikasi untuk memastikan pekerjaan sesuai target
HARI KE 3/DAY 3
PK.08.30 - 10.00 WIB. SESI 9: KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DAN DAYA TAHAN PRIBADI
Sub Bahasan
Kesadaran diri melalui kecerdasan emosional
Siklus perilaku pikiran dan perasaan
Jujur dan akurat dalam mengukur kesadaran
Teknik dan cara memotivasi diri sendiri
Manajemen diri melalui prinsip dan nilai kehidupan positif
Mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar
Memahami risiko emosi marah
Permintaan maaf dan kekuatan pengampunan
Menggunakan rasa takut sebagai alat motivasi
Membangun ketahanan diri untuk mengatasi rasa takut
PK 10.00 –10.15 WIB: COFFEE BREAK
PK.10.15 – 12.00 WIB. SESI 10: KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN ORANG LAIN
Sub Bahasan
Empati untuk memahami emosi orang lain
Empati untuk memahami keinginan orang lain
Toleransi dalam empati yang cerdas emosi
Menyiapkan emosi cerdas untuk mempermudah komunikasi
Kecerdasan emosi untuk menjalankan etika sosial
Kecerdasan emosi untuk memahami keragaman sosial
Mengendalikan sinyal emosi sosial
Memahami penularan emosi sosial
Memahami kegagalan komunikasi sosial
Membebaskan emosi diskriminasi
Kehidupan yang saling bertanggung jawab
Cara mencapai perhatian bersama
Menentukan kekuatan pengaruh
Memahami politik organisasi
Cara mengatakan kebenaran, memuji dan mengkritik
PK. 12.00 – 13.00 WIB: LUNCH BREAK
PK.13.00 – 14.30 WIB. SESI 11: MENGELOLA KERAGAMAN DALAM KESAMAAN VISI
Sub Bahasan
Memiliki visi bersama
Berpikir dan berbicara dalam bahasa visi yang sama
Berbagi tujuan (misi dan goal)
Berbagi tanggung jawab dan rasa dalam kesamaan visi
Memiliki gairah untuk hasil
Nilai sebagai dasar transformasi
Rekonsiliasi perbedaan
Berbagi prinsip dalam sistem dan tata kelola
Menetapkan peran dan akuntabilitas diri yang jelas dan terpercaya
Membuat perubahan, membuka jalan, membangun hubungan di antara orang-orang dalam perusahaan 
Menjadi warga perusahaan yang selalu termotivasi, proaktif, optimis, koperatif untuk mewakili kepentingan stakeholders
PK 14.30 –14.45 WIB: COFFEE BREAK
PK.14.45 – 16.30 WIB. SESI 12: KOMPETENSI GLOBAL DAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK UNGGUL DALAM PERSAINGAN
Sub Bahasan
Berwawasan dan berpikir secara global untuk meningkatkan kualitas diri
Pengaruh perusahaan multinasional terhadap perusahaan lokal
Percaya diri untuk berinterkasi dalam keragaman budaya dan perbedaan
Memahami semangat perusahaan multinasional
Menjadi pribadi yang berkualitas dan kompetitif
Memahami kekuatan pesaing lokal dan global
Etika bisnis dan perilaku beretika    
Nilai-nilai universal dalam bisnis global
Perusahaan terus mencari cara baru untuk unggul atas pesaing
Meningkatkan kualitas dan bertahan hidup dalam kompetisi global
Untuk Pelatihan Hubungi
PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Workshop: Batavia Apartements.
Jl. K.H. Mas MansyurKav 126, Jakarta Pusat, 10220
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 8777 083
Fax: (021) 5738105

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra