PELATIHAN LEADERSHIP UNTUK LEVEL TOP MANAGEMENT PROGRAM 2 HARI



PELATIHAN LEADERSHIP UNTUK LEVEL TOP MANAGEMENT PROGRAM 2 HARI

LEADERSHIP SKILLS FOR TOP MANAGEMENT

DESKRIPSI
Ketika Anda memikirkan seorang "PEMIMPIN YANG BERKUALITAS," apa yang terlintas dalam pikiran Anda?
Seorang pemimpin yang berkualitas adalah Ia yang bekerja untuk kualitas dan integritas. Ia yang menguatkan budaya organisasi, dan juga menginternalisasikan nilai-nilai budaya perusahaan kepada pola kerja setiap orang. Dan juga, Ia yang disiplin untuk meningkatkan kesadaran kerja setiap orang berdasarkan nilai-nilai kerja yang ada. Pemimpin berkualitas akan terus tumbuh dan berkembang, bersama peningkatan kualitas kerja, mutu kerja, dan penguatan budaya organisasi. Termasuk, mencerdaskan setiap karyawan untuk tumbuh dan berkembang bersama wawasan, pengetahuan, teknologi, cara kerja, dan kepribadian yang kreatif  dalam produktivitas kerja. Pemimpin berkualitas tidak pernah membiarkan emosinya tidak terkendali, tidak peduli masalah apa yang Ia hadapi, serta Ia tetap menjadi pemimpin yang penuh dengan integritas, untuk melayani setiap stakeholder dan organisasi dengan suasana hati dan pikirannya yang baik. Pemimpin berkualitas memiliki kepercayaan diri untuk membantu dan membimbing staf-stafnya, serta selalu berbicara dengan ramah, mendengarkan timnya, mudah diajak bicara dan selalu membuat keputusan dengan prinsip kehati-hatian. Pemimpin berkualitas adalah seseorang yang memiliki intuisi kepemimpinan yang kuat dalam pengambilan keputusan; seseorang yang cerdas berkomunikasi, berkolaborasi, berkoordinasi, dan melakukan eksekusi dengan prinsip-prinsip yang terhitung risiko.

Bila Anda ingin menjadi pemimpin berkualitas, maka pelatihan Leadership Skills for Top Management akan memenuhi keinginan Anda tersebut. Pelatihan selama dua hari ini akan meningkatkan potensi kepemimpinan dengan kompetensi yang berkualitas. Kepemimpinan adalah kekuatan yang harus selalu ditingkatkan di dalam organisasi, agar fungsi dan peran kepemimpinan dapat menjadi energi, yang mendominasi semua agenda besar perusahaan dengan berkualitas. Pelatihan ini juga disemangati untuk peningkatan kepercayaan diri dan membantu peserta dalam mengembangkan rencana aksi dengan manajemen eksekusi yang berkualitas. Pemimpin juga akan disadarkan untuk selalu fokus pada aspek perencanaan, penataan, memotivasi, menghargai, melembagakan tata kelola, dan mengelola politik kantor secara bijak saat perubahan dilakukan.

Pelatihan selama 2 hari 16 jam ini akan mengkomunikasikan setiap sesi presentasi untuk dipahami oleh peserta, dan untuk dapat dikerjakan dalam perilaku kepemimpinan sehari-hari di tempat kerja. Dan juga memberikan pencerahan kepada peserta tentang mengapa materi leadership ini menjadi sangat penting dalam mencapai tujuan dari pekerjaan mereka. Program ini akan menjadi sebuah pembelajaran untuk tujuan meningkatkan kualitas kepemimpinan, yang selalu konsisten dalam memberikan pelayanan kepemimpinan terbaik kepada stakeholder dan organisasi.
KONSEP DASAR
Secara garis besar, pelatihan kepemimpinan selama dua hari ini; berangkat dari sebuah konsep dasar untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan secara komprehensif dalam bidang pengambilan keputusan, kepribadian kepemimpinan, komunikasi, koordinasi, kolaborasi, eksekusi, budaya organisasi, dan berbagai aspek yang terkait kepada pengembangan interpersonal dan integritas kepemimpinan.
METODOLOGI PELATIHAN
Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.
TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan ini bertujuan untuk membantu peserta dalam:
Membangun kepemimpinan yang efektif melalui karakter dan motivasi yang sesuai dengan visi, nilai, dan misi organisasi.
Membangun kepemimpinan autentik, yaitu: kepemimpinan yang memimpin berdasarkan nilai, integritas, etika, tanggung jawab moral, dan bekerja berdasarkan data dan informasi yang benar untuk tindakan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.
Membangun kepemimpinan yang unggul dalam semua aspek kepemimpinan di tempat kerja.
Membangun kepemimpinan yang mampu memimpin melalui kekuatan kepribadian, pengetahuan, keterampilan, cara-cara unik yang menjadi ciri keunggulan individu.
Membangun kepemimpinan yang beretika disemua aspek kerja kepemimpinan.
Membangun kepemimpinan yang berkelanjutan untuk memastikan keunggulan organisasi di masa depan.
Membangun kepemimpinan yang cerdas secara emosional dalam semua aspek dan perilaku kepemimpinan.
Membangun kepemimpinan yang cerdas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan organisasi dan stakeholder.
Membangun pemimpin masa depan dengan memahami berbagai tantangan di masa depan.
MANFAAT PELATIHAN
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:
Peserta akan belajar cara mengembangkan karakter yang mendukung tujuan organisasi.  Menggunakan berbagai strategi yang memanfaatkan motivasi dan sifat-sifat kepribadian untuk mencapai prestasi, pengakuan, dan pencapaian yang optimal.   Kemampuan  kepemimpinan untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang efektif; di mana, setiap individu rela menerapkan kemampuan yang unik untuk sebuah misi bersama. Peserta juga akan belajar cara memiliki kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan berkualitas. Belajar untuk memiliki komitmen, motivasi, kemauan, dan keyakinan untuk melakukan pekerjaan dengan berkualitas.
Peserta akan belajar cara menjadi pemimpin sejati yang jujur dan yang dapat dipercaya. Mampu menjalankan fungsi kepemimpinan sesuai dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai kepemimpinan berkualitas. Mampu mengabdikan diri untuk menjalani setiap proses kepemimpinan dengan sikap, perilaku, dan kebiasaan positif yang terpuji.
Peserta akan belajar cara mencapai keunggulan dalam semua aspek kepemimpinan. Cara bertindak secara konsisten terhadap visi, tujuan, dan mampu melepaskan diri dari hambatan, serta selalu berkomitmen untuk prestasi tertinggi. Cara untuk tetap berada dalam tujuan dan cerdas untuk memusatkan semua energi pada tujuan yang ingin dicapi. Termasuk, kemampuan untuk mengatasi kemungkinan paling sulit.
Peserta akan belajar cara memimpin dengan kekuatan diri sendiri; cerdas untuk mengidentifikasi potensi dan bakat diri sendiri; mampu memahami persepsi  dari budaya, pelanggan, bentuk, batas, dan pandangan individu lainnya terhadap bakat yang dimiliki.
Peserta akan belajar cara menjalankan etika kepemimpinan. Cara menjalankan prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai yang disepakati bersama untuk mengarahkan organisasi, bisnis, dan sumber daya manusia sesuai visi. Kepemimpinan yang patuh menjalankan hukum, peraturan, core values organisasi, SOP, kode etik, good governance, dan budaya organisasi.
Peserta akan belajar cara mengembangkan kepemimpinan yang berkelanjutan melalui kecerdasan emosional. Peserta akan diberikan pencerahan bahwa organisasi didirikan untuk sepanjang jaman, sedangkan sebuah kepemimpinan sangatlah singkat masa kekuasannya dibandingkan umur dan eksistensi organisasi. Jiwa besar, kontribusi, dan pengabdian kepemimpinan untuk meninggalkan warisan kepemimpinan yang berkualitas adalah hal yang akan membuat organisasi selalu kuat dan mampu menyesuaikan diri dalam perubahan seperti apa pun.
Peserta akan belajar cara memilih, mengelola, dan mempertahankan staf. Belajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi individu; isu-isu kunci dari komposisi tim kerja, termasuk: kekompakan dan komunikasi. Cara  meningkatkan kemampuan orang-orang dalam sebuah organisasi.
Peserta akan belajar untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan masa depan, yaitu: secara proaktif memiliki potensi kepemimpinan dan mengekspos potensi tersebut untuk mengembangkan potensi organisasi dan sumber daya secara efisien, efektif, dan tanpa pemborosan.
MATERI PEMBAHASAN      
HARI 1/DAY 1
PK. 08.30 – 10.00 WIB. SESI 1: KEPEMIMPINAN DENGAN KEPRIBADIAN ASLI (AUTHENTIC LEADERSHIP) DALAM KEPERCAYAAN DIRI
Sub Bahasan
Menjadi pemimpin berkualitas yang jujur dan dapat dipercaya
Menjadi diri sendiri dan mengabdikan etika dan kebiasaan positif
Memahami cara meningkatkan kepercayaan diri
Kesadaran untuk menciptakan kebiasaan dan pola optimis
Menenangkan diri dalam setiap situasi dan kondisi yang kurang menguntungkan
Memahami psikologi kepercayaan diri
Mempraktekkan pola pikir positif
Cara praktis membangun kepercayaan diri dalam jangka pendek dan jangka panjang
Kepercayaan diri adalah keyakinan menuju sukses
Mental tidak sukses: Ketidakberdayaan meningkatkan kepercayaan diri
Mengubah cara berpikir
Strategi untuk berpikir positif
Meningkatkan kepercayaan diri dengan teknik kecerdasan emosional, afirmasi, dan role model

PK.10.00 – 10.15 WIB. COFFEE BREAK
PK. 10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: MENGASAH INTUISI KEPEMIMPINAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Sub Bahasan
Apa itu intuisi kepemimpinan?
Bagaimana cara pemimpin mengambil informasi intuitif?
Bagaimana cara merawat Kepercayaan pemimpin pada intuisinya
Roh dari pemimpin intuitif
Proses dan gaya intuitif pemimpin
Kemampuan intuitif yang terkait langsung dengan tingkat energi kepemimpinan
Inovator besar ditandai kecerdasan intuisi
Cara menggunakan informasi untuk membuat keputusan
Faktor pikiran terhadap intuisi
Kebenaran yang normal bukan kebenaran Anda, dan Anda adalah unik
Keputusan intuitif dan pengambilan keputusan
Kepemimpinan dalam Kepastian, risiko, ketidakpastian, ragu
Kondisi yang mempengaruhi kemungkinan keputusan kegagalan
Enam langkah dalam proses pengambilan keputusan manajerial
Keputusan pendekatan baru untuk waktu yang bergolak atau krisis
Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi intuisi
PK.12.00 – 13.00 WIB. LUNCH BREAK
PK.13.00 -14.30 WIB. SESI 3: KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM KARAKTER DAN MOTIVASI SUKSES
Sub Bahasan
Memahami kepemimpinan efektif
Cara Berpikir efektif
Menciptakan kualitas secara efektif
Memahami hal-hal sederhana secara mendalam
Fokus pada hal-hal penting
Memetakan apa yang ada dan apa yang hilang
Pola pikir yang dimodifikasi dengan wawasan
Mengubah kesalahan menjadi pemandu menuju kinerja
Menghidupkan rasa ingin tahu
Memahami aliran gagasan, lalu belajar dari masa lalu, dan melangkah dengan pasti menuju ke depan
Merangkul perubahan
Cara memicu berpikir efektif
Mengembangkan karakter efektif untuk mendukung tujuan organisasi
Menciptakan lingkungan kerja yang efektif
PK.14.30 – 14.45 WIB. COFFEE BREAK
PK. 14.45 – 16.30 WIB. SESI 4: KEPEMIMPINAN YANG MENINGKATKAN KUALITAS KERJA, MUTU KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI
Sub Bahasan
Peningkatan kualitas kerja dan mutu kerja
Penguatan budaya organisasi. Aspek nilai-nilai budaya, dan nilai-nilai kerja
Penguatan komponen inti dari peningkatan kualitas
Kualitas dari fungsi, peran, tanggung jawab, harapan, dimensi kerja kepemimpinan
Mengorganisir, proses penataan, prosedur, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
Langkah-langkah praktis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi
Memahami dan memaksimalkan kekuatan kepemimpinan untuk kualitas terbaik
Bertindak secara konsisten terhadap visi, tujuan, dan mampu melepaskan diri dari hambatan
Berbudaya kerja untuk prestasi dan kinerja tertinggi
Fokus pada tujuan dan cerdas untuk memusatkan semua energi pada tujuan yang ingin dicapai.
Cerdas dan berkemampuan untuk mengatasi kemungkinan yang paling sulit
HARI 2 / DAY 2
PK. 08.30 – 12.00 WIB. SESI 5 + SESI 6: KEPEMIMPINAN DALAM KECERDASAN KOMUNIKASI, KOORDINASI, KOLABORASI, DAN EKSEKUSI
Sub Bahasan
Memperbaiki pola pikir dan mempersiapkan kepribadian positif
Memahami, mengenali, dan mengembangkan diri untuk komunikasi efektif
Elemen berpikir efektif dalam komunikasi yang produktif
Memahami teknik komunikasi yang ideal dalam gaya komunikasi yang berbeda
Memberikan umpan balik positif dengan komunikasi yang efektif dan positif
Kecerdasan soft skills ( sikap, sifat, perilaku, karakter, kepribadian, emosi, dan pikiran) untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, kolaborasi, sinergi, dan kerja sama di tempat kerja
Cara membangun dan menggunakan persepsi untuk memahami apa yang terjadi di sekitar pekerjaan dan kehidupan, serta untuk mendefinisikan perilaku dalam meningkatkan komunikasi dengan orang lain
Menghindari jebakan argumen yang tidak penting dan meningkatkan akal sehat dalam berkomunikasi
Menghindari menyalahkan dan kesalahpahaman dalam komunikasi
Bagaimana stereotip dapat mempengaruhi komunikasi?
Mendengarkan secara aktif untuk mendapatkan hubungan dan komitmen
Cara terbaik untuk berbagi niat dan ide dengan orang lain
Memahami siklus menyalahkan dan melepaskan energi negatif
Dampak buruk tentang menyalahkan orang lain
Hal yang harus dilakukan saat Anda yang salah
Efek empati pada komunikasi
Cara mengekspresikan emosi baik
Menangani percakapan telepon dengan emosi baik
Bahasa tubuh yang baik dalam komunikasi
Kapan berkomunikasi secara terbuka dan tertutup
Cara mengidentifikasi kebohongan orang pada Anda
Mengontrol suara untuk mendapatkan efek komunikasi yang maksimal
Teknik berbicara di depan publik
PK.12.00 – 13.00 WIB. LUNCH BREAK
PK.13.30 -14.30 WIB. SESI 7: KEPEMIMPINAN YANG BERETIKA DAN BERKELANJUTAN
Sub Bahasan
Cara menjalankan etika kepemimpinan
Cara menjalankan prinsip-prinsip moral
Cara menjalankan nilai-nilai sesuai visi
Kepemimpinan yang cerdas risiko etika dan hukum
Memahami bahwa sebuah kepemimpinan sangatlah singkat masa kekuasannya dibandingkan umur dan eksistensi organisasi
Kepemimpinan yang meninggalkan warisan kepemimpinan yang berkualitas
PK.14.30 – 14.45 WIB. COFFEE BREAK
PK. 14.45 – 16.30 WIB.  SESI 8: THE LEADER OF THE FUTURE
Sub Bahasan
Peserta akan belajar untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan masa depan, yaitu: secara proaktif memiliki potensi kepemimpinan dan mengekspos potensi tersebut untuk mengembangkan potensi organisasi dan sumber daya secara efisien, efektif, dan tanpa pemborosan.
UNTUK TRAINING HUBUNGI:
PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Workshop: Batavia Apartements.
Jl. K.H. Mas MansyurKav 126, Jakarta Pusat, 10220
Telepon: (021) 5701505 - (021) 32849777 - (021) 32168111
Hp: 0812 8777 083
Fax: (021) 5738105

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra