MEMOTONG KECIL-KECIL AKAR MASALAH, LALU DIHAPUS UNTUK SELAMANYA



“Tidak semua masalah akan membuat orang-orang menjadi tidak bahagia, dan tidak semua solusi akan membuat orang-orang bahagia. Dalam hidup, masalah dan solusi selalu akan ada untuk memberikan beberapa jawaban bagi yang ingin terus bergerak bersama hidupnya, dan bagi yang ingin terus-menerus mengeksplorasi kehidupan.” ~ Djajendra
Ketika berhadapan dengan masalah, Anda harus menemukan metode terbaik buat menyelesaikan masalah tersebut.  Salah satu metode terbaik adalah menemukan akar persoalan dari masalah tersebut, lalu kombinasikan akal sehat dengan pengetahuan yang terbuka dan berkembang, untuk diterapkan secara kreatif terhadap masalah tersebut.
Sebuah masalah tidaklah boleh menyimpan atau menyembunyikan akar persoalan. Bila akar persoalan dari masalah tersebut pura-pura diabaikan, maka masalah tersebut akan terus-menerus hadir untuk menghapus semua solusi yang pernah dibuat. Hal terbenar dalam penyelesaian masalah adalah menemukan kekuatan tertinggi dari akar persoalan, kemudian memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi, untuk membangun kekuatan yang lebih besar sebagai penyeimbang ataupun penghapus akar persoalan, agar akar persoalan menjadi tidak berdaya, dan tidak lagi terus tumbuh dalam berbagai wujud masalah.
Kemampuan untuk menghapus mata rantai dari akar persoalan akan menjadi awal dalam pengembangan solusi. Memotong kecil-kecil akar masalah, serta menghapus potongan kecil-kecil dengan kekuatan yang konsisten untuk menuntaskan mata rantai dari akar masalah, akan menjadikan masalah tersebut kehilangan daya dan energi untuk tumbuh kembali.
Solusi yang paling tepat untuk setiap masalah, adalah menjadikan masalah tersebut tidak memiliki kemampuan, untuk bangkit dengan berbagai wujud masalah baru. Miliki strategi dan taktik yang fokus pada akar masalah, lalu tuntaskan akar masalah dengan solusi yang paling kuat dan efektif.
Solusi terbaik akan muncul saat Anda bertindak dengan tegas, serta memiliki keinginan dan antusias untuk pencapaian  solusi yang berkekuatan pasti dalam menuntuskan masalah tersebut untuk selamanya. Dengan kerendahan hati dan langkah –langkah sederhana, Anda dapat langsung masuk dan fokus pada akar masalah, dan tidak sekedar mencari solusi untuk semua masalah yang terlihat dipermukaan saja, tetapi benar-benar bekerja pada solusi di akar masalah.
Jika Anda tidak benar-benar bertindak dan bekerja di titik akar terendah dari masalah tersebut. Maka, Anda tidak akan pernah mampu menyelesaikan masalah dengan tuntas, Anda hanya berkemampuan untuk meredam masalah yang tampak dipermukaan, dan di titik akar masalah, masalah itu tetap akan tumbuh, untuk kemudian kembali muncul kepermukaan. Artinya, semua solusi Anda sifatnya sementara, dan bukan menyelesaikan masalah sampai tuntas.
Setiap masalah haruslah dieksplorasi sampai pada kedalaman yang paling dalam. Lalu, dengan kesadaran dan tanggung jawab, masalah tersebut harus ditemukan solusinya, kemudian melakukan penyembuhan pada luka-luka yang ditimbulkkan oleh masalah tersebut, baik dalam kehidupan pribadi maupun pada kehidupan sosial.
Dalam proses penyelesaian masalah pasti ada pihak yang bahagia dan ada juga pihak yang kurang bahagia. Diperlukan sikap terbaik dan tegas untuk mendekati setiap masalah. Dan, diperlukan solusi yang kuat, agar yang tidak bahagia dengan solusi tersebut, tidak menyusun kekuatan kembali untuk bangkit dan menciptakan masalah yang lebih besar.
Kita semua hidup dalam dunia yang tercipta dari sudut pandang kita masing-masing. Sudut pandang dalam wujud perspektif  individu, kelompok, dan sosial; sudut pandang yang tercipta dari cara kita berpikir, cara kita berkeyakinan, cara kita menafsirkan makna, dan cara kita memahami diri sendiri. Artinya, dalam kehidupan yang sangat berwarna dan beragam ini, kita masing-masing akan selalu hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan. Selama semua perbedaan itu tumbuh dan berkembang di ruang toleransi dan cinta, maka sangatlah mudah untuk menyelesaikan semua akar masalah dari perbedaan itu. Tetapi, bila semua perbedaan itu tumbuh dalam ruang ego dan fanatisme kebenaran sepihak, serta tidak ada ruang bagi toleransi dan cinta, maka akar masalah akan menjadi sesuatu yang tidak mudah untuk dituntaskan dengan solusi yang adil.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com