LEBIH BAIK MENILAI DIRI SENDIRI DARIPADA MENILAI ORANG LAIN




“Jangan terlalu banyak menilai orang lain, nilailah diri Anda sendiri, karena kualitas diri Anda lebih penting untuk kebaikan hidup Anda. Sikap suka menilai orang lain, dan lupa untuk menilai diri sendiri, hanya akan merugikan diri Anda.” ~ Djajendra

Sangatlah mudah untuk menilai orang lain, tapi sangatlah beruntung kalau Anda mampu menilai diri sendiri. Diperlukan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri yang lengkap, agar Anda dapat menilai diri sendiri.

Sebagian besar orang selalu terjebak dalam ego untuk menilai orang lain. Pekerjaan untuk menilai diri sendiri biasanya kurang begitu memotivasi, tetapi saat diberikan tantangan untuk menilai orang lain, maka gairah dan motivasi akan bersatupadu dalam antusiasme untuk menemukan jati diri orang lain tersebut.

Anda harus merasa benar-benar hidup untuk kebaikan dan peningkatan kualitas diri Anda. Dan dengan demikian, Anda selalu memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan yang terus-menerus terhadap kepribadian, karakter, perilaku, sifat, dan sikap hidup Anda. Jadilah pribadi yang dengan konsisten melakukan perbaikan atas kualitas diri Anda, termasuk juga dengan konsisten dan berkelanjutan melakukan penilaian di semua aspek kepribadian Anda.

Jangan pernah membiarkan diri Anda hidup dalam keyakinan yang membatasi diri Anda untuk tumbuh dan berkembang. Perubahan adalah sesuatu yang pasti, tidaklah perlu ngotot untuk melawan perubahan, apalagi membiarkan anti perubahan mencengkeram diri dan kehidupan Anda. Jadilah pembelajar dan sekaligus penilai terhadap diri sendiri, serta selalu mau belajar dari fakta dan realitas kehidupan.

Ketika Anda tidak terbiasa untuk mengoreksi atau mengkritik diri sendiri, maka hal itu akan menjadi akar penyebab dari semua penderitaan dan kekurangan hidup Anda. Tidaklah seorang pun yang sempurna kepribadiannya, dan hanya orang-orang yang berjiwa besar, serta yang bertanggungjawab terhadap kualitas hidupnya, akan selalu berupaya untuk menilai dan sekaligus memperbaiki jati dirinya.

Amati diri Anda dalam setiap tindakan, dan perhatikan apa yang membuat Anda harus bertindak seperti yang sering Anda lakukan. Bertanyalah pada diri sendiri, tentang tindakan seperti apa yang seharusnya Anda lakukan, agar hidup Anda menjadi lebih berkualitas, dan lebih bermanfaat buat Anda dan orang lain.

Setiap hari hiduplah untuk yang terbaik. Selalulah berharap untuk mendapatkan semua keinginan dengan berkualitas. Jangan lewatkan kesempatan untuk memuji diri sendiri atas peningkatan yang Anda lakukan. Ungkapkan hal-hal baik kepada diri sendiri, dan rasakan semua yang indah di dalam diri Anda.

Sadari bahwa kreativitas dalam semua bidang kehidupan akan menjadikan Anda lebih baik. Jadi, layani kreativitas dengan antusias, dan lihatlah hal-hal yang tidak terlihat sebelumnya untuk kebaikan diri Anda.

Anda tidak bisa memaksa kehidupan berubah, tetapi Anda bisa membuat hidup Anda berubah selaras dengan perubahan yang terjadi. Jadilah pribadi yang menghasilkan persepsi positif atas semua peristiwa di sepanjang jalan perubahan yang Anda lewati. Kenali setiap hal di luar diri Anda, dan kuasai semua hal yang ada di dalam diri Anda. Lalu, munculkan kekuatan baik yang mampu memberikan kesenangan dan kebahagiaan untuk diri Anda.

Nilailah diri Anda secara bebas dalam padangan yang mampu melihat kreativitas sebagai kesempatan, untuk mengubah diri menjadi sesuatu yang lebih positif.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com