TIDAK MEMBIARKAN DIRI ANDA LARUT DALAM PERMASALAHAN HIDUP


“Hidup itu memang tidak sederhana. Hidup itu rumit dan banyak tantangannya. Tapi, pikiran dan emosi haruslah dibuat menjadi sangat sederhana, untuk memahami semua hal yang rumit itu. Bila pikiran dan emosi juga ikut-ikutan dalam kerumitan hidup, maka Anda setiap hari akan ada dalam kekacauan dan ketakutan akan hidup Anda.”~ Djajendra

Masalah hidup bersumber dari rendahnya keyakinan diri terhadap kehidupan yang dimiliki.

Semua orang sangat rentan dengan permasalahan hidup. Banyak hal yang bisa menimbulkan permasalahan atau kerumitan dalam hidup. Dan, hal-hal itu bisa bersumber dari dalam diri maupun dari luar diri.
Ketika menghadapi permasalahan hidup dalam bidang keuangan keluarga. Misalnya, gaji atau penghasilan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup bulanan. Uang yang seharusnya untuk satu bulan, habis dalam waktu tiga minggu, karena harga-harga kebutuhan hidup yang terus meningkat. Maka, dipastikan kerumitan hidup akan membuat pikiran sulit menjadi jernih, dan emosi sulit dikendalikan untuk tetap merasa bersyukur.
Apalagi bila hal ini berlangsung dengan besaran kenaikan penghasilan, yang selalu tertinggal oleh besarnya inflasi. Maka, kerumitan hidup akan menjadi sebuah pola hidup yang terbiasa untuk dijalani.
Jelas, kondisi ini akan menciptakan kerumitan yang terus-menerus dalam hidup.  Biasanya, karena sudah terbiasa hidup dalam kekurangan biaya hidup, maka pemahaman terhadap hidup akan terpengaruh oleh realitas kekurangan yang dihadapi secara terus-menerus.
Kondisi ini akan membuat akal, pikiran, keyakinan, dan emosi larut dalam permasalahan yang ada, dan tidak mudah untuk menemukan solusi. Sebab, diri sudah terbiasa atau dibiasakan dalam sebuah zona nyaman kekurangan.
Dalam kondisi ini, pada umumnya, orang hanya bisa mengeluh. Dan, kebiasaan mengeluh akan semakin memperumit permasalahan yang ada. Untuk bisa mengatasi kerumitan dan permasalahan yang ada, diperlukan pikiran yang jernih dan emosi yang tetap terkendali.
Bagaimana supaya pikiran bisa tetap jernih dan emosi tetap terkendali, agar tidak larut dalam permasalahan yang ada?
Sikap dan cara berpikir terhadap realitas hidup sangat menentukan, apakah Anda mampu keluar dari jeratan kerumitan hidup?
Sikap dan cara berpikir dihasilkan dari keyakinan hidup. Jadi, yang Anda butuhkan untuk keluar dari kerumitan hidup, adalah sebuah keyakinan yang kuat di dalam diri Anda.
Keyakinan positif sangatlah diperlukan untuk membebaskan diri Anda dari kerumitan hidup. Wujud dari keyakinan positif tersebut, yaitu:  keyakinan bahwa Anda dilahirkan untuk hidup bahagia, sehat, sejahtera, damai, aman, nyaman, dan selalu beruntung; keyakinan bahwa Anda disayangi, dilindungi, diselamatkan, dan selalu mendapatkan berkah dari Tuhan; keyakinan bahwa hidup Anda luar biasa indah, dan Anda dapat mengakses rasa senang dan bahagia setiap saat; keyakinan bahwa Anda ditakdirkan untuk hidup lebih baik dari kehidupan yang sekarang; keyakinan bahwa Anda ada untuk hidup dalam kelimpahan dan kemajuan terus-menerus. Artinya, keyakinan Anda harus menciptakan rasa percaya diri untuk kehidupan yang lebih baik, dan menjadi awal untuk membentuk sikap dan cara berpikir positif terhadap realitas hidup Anda.
Perkuat keyakinan diri dengan nilai-nilai pribadi
Perkuat keyakinan diri Anda tersebut dengan nilai-nilai kehidupan pribadi Anda. Nilai-nilai pribadi tersebut harus memiliki kekuatan untuk menjadikan Anda selalu lebih kreatif saat menghadapi tantangan; menjadikan Anda senang mengutak-atik kerumitan untuk menemukan solusi; menjadikan Anda lebih bertanggung jawab dan mandiri dalam mengatasi realitas yang penuh tantangan; membuat Anda berkontribusi penting untuk kehidupan yang lebih baik; membuat Anda selalu senang belajar hal-hal baru; membuat Anda cerdas untuk membuat perubahan, dan membebaskan diri Anda dari zona kenyamanan; dan membuat Anda mencintai hidup Anda dengan totalitas.
Cara berpikir dan pola hidup yang bebas kerumitan
Dari fondasi keyakinan dan nilai-nilai hidup Anda, Anda dapat memulai sebuah cara berpikir atau pola hidup untuk membangun kepribadian yang mampu membebaskan diri dari permasalahan hidup.
Kuatkan mental dan emosi dengan kearifan hidup. Jadilah lebih bijaksana untuk melihat hidup. Pahami bahwa hidup adalah akumulasi dari setiap hari. Jadi, bila setiap hari Anda bisa menerima realitas hidup Anda pikiran positif dalam kecerdasan emosi, maka setiap hari Anda akan mulai menabung hal-hal baik, yang nantinya akan berakumulasi untuk menjadi solusi dari kerumitan hidup yang Anda hadapi.
Pastikan bahwa keyakinan dan nilai-nilai hidup Anda mampu menjaga suasana hati Anda selalu dalam kondisi senang dan bahagia. 
Keyakinan dan nilai-nilai hidup Anda harus menjadi sesuatu, yang membuat Anda merasa kuat, dan mampu untuk melakukan semua tindakan saat mengatasi permasalahan hidup.
Keyakinan dan nilai-nilai hidup Anda harus dapat menjadikan Anda selalu berpikir positif, walau keadaan negatif mengepung hidup Anda.
Kepribadian Anda yang cerdas emosi dan akal sehat, harus dapat mengendalikan situasi kehidupan dari dalam diri Anda, dan juga situasi atau keadaan kehidupan yang berasal dari luar diri Anda.
Pikiran jernih dan emosi yang terkendali akan secara otomatis dihasilkan dari keyakinan dan nilai-nilai kehidupan Anda. Semakin Anda terlatih dan terbiasa dalam pola hidup  dari keyakinan dan nilai-nilai pribadi Anda, semakin Anda mampu mengelola diri Anda untuk menghadapi kerumitan dan permasalahan hidup dengan tetap tenang, dalam pikiran yang jernih, terang, dan tercerahkan dalam emosi yang cerdas.
 “Waktu setiap orang terbatas. Tidak ada seorang pun yang akan hidup selamanya. Ketika waktu yang terbatas ini disia-siakan untuk hidup dalam kekurangan dan penderitaan; maka, tidaklah ada artinya untuk hidup di bawah langit yang indah ini, tidaklah ada artinya untuk hidup di atas bumi yang luar biasa indah ini. Langit dan bumi telah memperlihatkan keindahan diri mereka, kenapa Anda tidak memperlihatkan keindahan hidup Anda dengan sukacita?” ~ Djajendra
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com