"KELUARLAH DARI SARANG PIKIRAN NEGATIF, KARENA ANDA TIDAK AKAN PERNAH MERASAKAN BAHAGIA DALAM PIKIRAN NEGATIF, TERJAGALAH DALAM TERANGNYA PIKIRAN POSITIF, DAN RAIHLAH BAHAGIA SEJATI BERSAMA SIKAP HIDUP DALAM JIWA BESAR." ~ DJAJENDRA




BAHAGIA ADA DALAM KEIKHLASAN PIKIRAN POSITIF
"Keluarlah dari sarang pikiran negatif, karena Anda tidak akan pernah merasakan bahagia dalam pikiran negatif, terjagalah dalam terangnya pikiran positif, dan raihlah bahagia sejati bersama sikap hidup dalam jiwa besar." ~ Djajendra
Mengeluh adalah bagian dari dinamika kehidupan, yang disebabkan oleh masih berkuasanya ego diri dalam pikiran negatif. Bila pikiran positif menguat untuk memimpin diri, dan ego menjadi terkendali di dalamnya, maka kesadaran hidup akan membimbing diri menuju ketenangan dan kebahagiaan sejati.
Seorang teman tanpa sadar selalu mengeluh tentang hidupnya. Sangat banyak celah kekurangan yang mampu dia temukan untuk mengungkapkan kekurangan dalam hidup. Walaupun dia terus-menerus belajar untuk mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian, tetap saja jiwa terdalamnya belum mampu menjadi sangat ikhlas, untuk menerima berbagai peristiwa kehidupan yang tidak menguntungkan hidupnya.
Apa yang dipikirkan akan menjadi kekuatan yang tumbuh di dalam diri. Pikiran-pikiran tentang kekurangan diri sendiri atau pun kekurangan tentang orang lain, bila terlalu sering terpikir oleh diri, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang merugikan diri sendiri. Sebab, semua yang dipikirkan itu akan berakumulasi dalam diri dan tumbuh untuk membentuk pola pikir. Bila pola pikir terbentuk dalam jiwa yang suka melihat kekurangan diri sendiri dan orang lain, maka pikiran itu akan menjadi negatif buat diri sendiri. Akibatnya, diri akan selalu mengeluh di dalam batinnya, dan konflik batin akan menguat saat diri mencoba berpikir positif.
Tentu saja, berbagai motivasi dan pencerahan telah didapatkan teman tersebut. Persoalannya, kesadaran dirinya belum tersentuh untuk membuka pikiran positifnya, agar dirinya berkehidupan dalam keikhlasan pikiran positif. Sebab, sangat mudah terobsesi untuk berpikir positif, tapi saat diri mendapatkan realitas kehidupan yang tidak menguntungkan diri sendiri, maka hanya orang-orang yang sangat ikhlaslah yang mampu berpikir positif, sedangkan orang-orang yang ingin ikhlas belum tentu mampu berpikir positif saat dirinya diserang oleh hal-hal yang merugikan.  
Ketika kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup ingin ditemukan, saat itu diperlukan kesadaran awal untuk hidup ikhlas bersama pikiran positif. Selama diri belum mampu menerima semua realitas hidup dari integritas pribadi yang benar-benar ikhlas dalam pikiran positif, maka goncangan atau tantangan hidup yang merugikan diri, akan menjadi awal untuk mulai lagi berpikir negatif. Memang tidak mudah untuk menjadi ikhlas dalam pikiran positif. Apalagi saat jiwa lemah menghadapi ego diri yang bangkit untuk menguatkan pikiran negatif, agar kembali berkuasa memimpin diri. Bila Anda masih suka mengalami perasaan kegagalan, kekecewaan, ketidakadilan; walaupun sudah mencoba berjuang menjadi orang baik yang selalu berpikir positif, bersyukur, dan berterimakasih dengan hidup; maka hal itu hanya mengekspresikan diri Anda belum ikhlas dalam pikiran positif.
Sungguh menarik bagi saya belajar tentang kehidupan dan kekuatan pikiran. Saya selalu memahami bahwa pikiran memiliki kekuatan yang menentukan arah hidup; pikiran memiliki kekuatan untuk membuat seseorang bahagia atau tidak bahagia; pikiran menentukan segala sesuatu tentang kehidupan diri yang sejahtera. Selama diri mampu menjadi ikhlas hidup dalam pikiran positif; maka sejak itu diri akan menguat dalam kebahagiaan, kedamaian, kesehatan, kesejahteraan, dan kemudahan dalam semua hal. Pikiran positif akan memberikan segala macam kenyamanan dalam hidup, dan semua itu ada dalam kesadaran diri untuk ikhlas hidup bersama pikiran positif. Jadi, apapun realitas hidup, diri tetap berpikir positif, tanpa pernah tergoda untuk menilai dari kekurangan atau mengkritik tentang realitas tersebut.
Pertemuan berkali-kali dengan teman tersebut membuat saya mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang kehidupan. Saya belajar bahwa tanpa keikhlasan hidup dalam pikiran positif, maka diri sangat mudah kehilangan kekuatan oleh berbagai tantangan dalam hidup. Orang-orang yang sudah mampu hidup ikhlas dalam pikiran positif, selalu menjadi pribadi yang kokoh bersama emosi cerdas dan pikiran positif, yang tak tergoncangkan oleh badai kehidupan.
Kehidupan tidak lebih dari sebuah perjalanan untuk menikmati keindahannya dengan hati yang penuh bahagia. Kemampuan diri untuk menikmati semua sisi keindahan hidup, akan membuat diri selalu berjalan ke depan untuk menemukan hal-hal yang jauh lebih indah dari hari ini. Semakin cerdas dan ikhlas diri hidup dalam pikiran positif, semakin banyak kebaikan dan kebahagiaan yang terhubung ke dalam diri. Hidup adalah belajar untuk memaksimalkan kebaikan ke dalam diri, dan sebisa mungkin mengurangi ataupun menghilangkan semua penyebab, yang membuat diri merasa tidak nyaman dan tidak bahagia bersama hidupnya.
Keikhlasan hidup dalam pikiran positif adalah kebangkitan diri untuk menemukan kebahagiaan dan kesejahteraan sejati. Setiap orang yang terjaga dalam pikiran positif pasti bisa menikmati situasi yang indah dan nyaman dari semua dimensi kehidupannya. Pikiran positif akan membuat diri jauh lebih kuat dan lebih mampu daripada yang pernah dibayangkan. Saya tidak mengatakan bahwa pikiran positif itu akan membuat Anda bahagia, tapi saya mengatakan bahwa hanya diri yang ikhlas hidup dalam pikiran positif, selalu akan mendapatkan kebahagiaan sejati.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com