JANGAN HABISKAN MASA DEPAN DI TEMPAT KERJA YANG TIDAK MEMBERIKAN MASA DEPAN




MEMBEBASKAN DIRI DARI POLITIK KANTOR
“Jangan habiskan masa depan di tempat kerja yang tidak memberikan masa depan.”~ Djajendra
Politik kantor adalah sebuah realitas yang selalu akan ada dalam organisasi manapun. Politik kantor muncul karena adanya kepentingan dan perbedaan persepsi. Orang-orang dengan kualitas dan kompetensi seadanya, adalah yang paling rentan untuk terlibat dalam politik kantor. Tapi, orang-orang dengan kualitas dan kompetensi yang tercerdaskan dalam pikiran positif dan emosi baik, akan benar-benar bebas dan merdeka dari pertarungan politik kantor.
Ketika Anda benar-benar melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, dan menjadi pribadi yang dapat diandalkan oleh manajemen, maka Anda akan bebas dari permainan politik suatu organisasi. Kuasai ilmunya, kuasai keterampilannya, dan kuasai diri Anda dengan dedikasi dan kontribusi tanpa hitung-hitungan untuk menghasilkkan kinerja terbaik. Kualitas dan kompetensi Anda yang unggul dalam kepribadian Anda yang dewasa, tegas, tenang, dan penuh integritas, akan menjadi penyelamat yang membawa Anda berada di atas permainan politik kantor.
Kembangkan perilaku kerja yang tidak membuat Anda terjebak dalam permainan politik kantor. Jadikan diri Anda sebagai profesional yang tegas dan fokus dalam menjalankan pekerjaan di kantor. Tunjukkan visi pribadi yang kuat untuk melihat sukses Anda bersama organisasi tempat Anda bekerja. Jangan pernah membiarkan diri Anda hidup dalam pengaruh orang-orang yang bermain politik kantor.
Politik kantor dapat ditularkan melalui berbagai rumor dan rasa tidak puas, biasanya gunjingan atau gosip akan berkembang dari mulut ke mulut, untuk merusak konsentrasi dan daya juang kerja. Bila Anda tidak memiliki kecerdasan untuk mencegah aliran rumor dan rasa tidak puas, maka Anda dengan sangat mudah dapat tertular permainan politik kantor. Dan biasanya, orang-orang yang terpengaruh atau terjebak dalam permainan politik kantor, akan lebih banyak mengekspresikan perasaan tidak nyaman bersama realitas kantor. Dampaknya, kinerja mereka akan terus menurun, dan manajemen pasti akan mengambil sikap untuk menyelamatkan organisasi dari orang-orang yang tidak berkinerja bagus.
Orang-orang yang dapat memilih pekerjaan sesuai hati nurani, pasti akan dengan mudah dapat mencintai apa yang mereka lakukan. Dan mereka pasti dapat mengeluarkan dirinya dari pengaruh permainan politik kantor. Sayangnya, tidak semua orang dapat memilih pekerjaan sesuai dengan hati nurani. Keterbatasan jumlah lowongan kerja, dan membesarnya jumlah pencari kerja, telah membuat orang-orang menerima pekerjaan apa adanya. Karena menerima pekerjaan apa adanya dan tidak sesuai dengan hati nurani, maka pekerjaan tersebut akan membosankan atau selalu tidak memuaskan. Akibatnya, bila terinfeksi pengaruh rasa tidak puas dari permainan politik kantor, maka kondisi kejiwaan mudah terbakar oleh emosi. Dan, mereka akan menyia-nyiakan kehidupan kerjanya dengan larut dalam rumor dan perasaan tidak puas, tanpa pernah berpikir untuk merubah dirinya menjadi yang terbaik di tempat kerja.
Kemampuan Anda untuk bekerja terfokus pada prestasi dan kinerja, akan menjadi kunci untuk mendapatkan posisi yang aman dari goyangan politik kantor. Kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan dengan kepemimpinan dan budaya organisasi yang kuat, akan menjadi modal awal yang bagus untuk bebas dari politik kantor. Sebab, kepemimpinan yang kuat dalam budaya yang menghormati individu yang berprestasi atau berkinerja baik, akan membuat karir Anda mudah naik, dan Anda pun dengan mudah dapat terhindar dari pengaruh negatif politik kantor, yang berpotensi merugikan karir dan masa depan Anda di tempat kerja.
Tempat kerja yang baik adalah yang memiliki tata kelola yang dinamis, berkembang, terbuka untuk ide-ide baru, membayar untuk kinerja, dan memberikan peluang bagi orang-orang dengan ambisi dan inisiatif. Artinya, potensi dan bakat Anda dirangsang untuk dieksplorasi melalui berbagai pendidikan agar Anda dapat tumbuh, berkembang dan memiliki karir yang hebat bersama perusahaan Anda.
Kemajuan karir membutuhkan ambisi dalam kerja keras tanpa henti. Perusahaan yang sehat pasti menyiapkan kebijakan yang terbuka dan adil, untuk menampung semua orang-orang yang sangat ambisius dan pekerja keras, tanpa mengorbankan mereka dalam permainan politik kantor. Bila perusahaan mengabaikan orang-orang ambisius, maka mereka akan frustasi, dan akhirnya terjebak dalam permainan politik kantor.
Bila para pemimpin perusahaan sebagai penguasa dan pemilik otoritas manajemen, tidak mampu mengendalikan politik kantor, dan membiarkan politik kantor sebagai sebuah kewajaran; maka, orang-orang ambisius dengan kualitas dan kompetensi seadanya akan menjadi energi negatif, yang berpotensi menciptakan budaya organisasi informal, untuk menghambat prestasi dan kinerja.
Membebaskan diri dari politik kantor dimulai dari kemampuan diri untuk menikmati pekerjaan, dan ketekunan diri untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Anda yang tidak suka dengan apa yang Anda kerjakan akan membuat diri Anda terjebak dalam perasaan tidak suka, sehingga disiplin dan motivasi Anda tidak akan maksimal untuk mengantar Anda ke puncak kesuksesan karir. Pastikan bahwa perusahaan tempat Anda bekerja menyiapkan ruang untuk pertumbuhan karir Anda. Bila perusahaan tidak memiliki komitmen dan budaya untuk mengantar Anda menuju karir yang hebat, maka jangan habiskan masa depan Anda di tempat yang tidak memberikan Anda masa depan.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com