SUKA MENYALAHKAN ORANG LAIN




JANGAN SUKA MENYALAHKAN ORANG LAIN
“Sikap suka menyalahkan orang lain hanya akan membuat hidup jauh dari rasa damai, nyaman, dan bahagia.”~ Djajendra
Anda adalah apa yang Anda pikirkan, rasakan, lakukan, dan berikan kepada diri sendiri dan orang lain. Bila Anda terlatih untuk bersyukur, berterima kasih, dan menjalani semua sisi kehidupan dengan keyakinan dan persepsi positif, maka Anda akan memiliki kehidupan dalam damai dan nyaman. Dan, Anda juga pasti akan bertemu dengan orang-orang baik dari seluruh proses kehidupan Anda, lalu menemukan sahabat-sahabat sejati di antara mereka.
Berhentilah untuk menyalahkan siapa pun, dan tatalah kepribadian untuk selalu berpikiran baik dalam jiwa besar yang luas. Kebahagiaan dan kedamaian hidup sangat tergantung kepada kesempurnaan jiwa besar. Jadilah pribadi yang berpikir dan merasakan keindahan dari semua sisi kehidupan. Hindarkan diri dari sikap yang menyalahkan siapa pun atau apa pun, apalagi membiarkan energi benci menjadi bagian dari sistem keyakinan hidup. Sebab, energi benci di dalam hati hanya akan membuat Anda jauh dari rasa damai, nyaman, dan bahagia. Setitik terkecil noda benci di dalam hati hanya akan menjadikan hidup Anda tidak damai. Apalagi bila noda benci di dalam hati sangat besar, maka pikiran dan perasaan baik akan kalah dengan pikiran dan perasaan negatif.
Sikap suka menyalahkan orang lain akan menghasilkan emosi negatif secara berlebihan, dan dampaknya Anda akan selalu hidup dalam stres yang berlebihan. Stres yang berlebihan merupakan ancaman yang sangat serius buat kesehatan diri Anda. Jadi, pastikan Anda selalu menjadi cerdas emosi untuk menghapus sikap suka menyalahkan, dan lebih memperbesar cinta di dalam hati terhadap apa pun dan siapa pun. Sikap suka menyalahkan adalah sumber penghasil energi negatif, dan energi negatif akan mengacaukan suasana hati, lalu membuat hidup Anda secara mental dan emosi selalu dalam kondisi tidak stabil.
Pastikan Anda mampu menyelamatkan diri Anda dari kebiasaan menyalahkan. Kemudian, menjadikan diri Anda sebagai wadah untuk menyelesaikan masalah Anda terhadap apa pun dan siapa pun dengan solusi untuk kedamaian, kebahagiaan, keindahan, dan kenyamanan hidup buat diri Anda sendiri dan orang lain.
Pahami setiap situasi yang menghasilkan perasaan suka menyalahkan di dalam hati Anda. Lalu, jadilah jujur dengan diri sendiri, dan lakukan identifikasi terhadap masalah Anda. Pahami apa masalah Anda. Pahami apa yang membuat Anda kesal dan suka menyalahkan orang lain. Lalu, jawablah semua hal tersebut dari hati nurani Anda yang terhapuskan dari rasa curiga dan ketidaksukaan.
Menyalahkan orang lain tidak akan membantu dengan solusi, dan juga tidak akan mengubah situasi. Semakin sering Anda menyalahkan orang lain, semakin Anda akan dibuat tidak berdaya oleh perasaan dan pikiran negatif Anda. Jangan pernah membuang-buang waktu dan energi hanya untuk menumpukkan rasa benci dan kesal. Rasa benci dan kesal dalam hati akan menghabiskan waktu dan kehidupan pada sesuatu yang sangat tidak produktif.
Bertanggung jawablah atas kehidupan Anda sendiri. Jadilah pribadi positif dengan keunggulan pikiran dan perasaan positif terhadap siapa pun dan apa pun.
Hadapilah ketakutan terhadap siapa pun dan apa pun dengan tanpa menyalahkan. Sikap suka menyalahkan adalah masalah yang ada dalam diri Anda. Oleh karena itu, bicaralah dengan diri Anda sendiri. Jadilah manajer untuk mengelola kehidupan pikiran dan perasaan Anda sendiri. Miliki kebiasaan untuk bersikap jujur, tidak hanya dengan diri sendiri, tetapi juga dengan orang lain.
Hentikan kebiasaan untuk menyalahkan orang lain, dan jadikan orang-orang yang menurut Anda suka bikin salah itu, sebagai cermin untuk meningkatkan kualitas Anda. Jadi, daripada Anda membuang-buang waktu, energi, dan kehidupan Anda untuk mengekspresikan kebencian dan ketidaksukaan, lebih baik Anda fokuskan semua hal terhebat diri Anda buat kebahagiaan, kedamaian, kesejahteraan, dan kesehatan hidup Anda. Bila Anda cerdas mengekspresikan kepribadian dan karakter Anda yang positif, maka Anda akan menjadi magnet yang menciptakan sumber kebaikan buat kehidupan orang banyak.
Djajendra

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra