PREDIKSI EKONOMI INDONESIA TAHUN 2013 DJAJENDRA




PREDIKSI EKONOMI INDONESIA TAHUN 2013
“Setiap bangsa harus menjadi kuat dan unggul secara ekonomi, agar bangsa itu dihormati dan diperhitungkan kekuatannya oleh seluruh bangsa-bangsa di dunia.” ~ Djajendra
Optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi harus diikuti dengan disiplin untuk mengelola semua anggaran dengan efektif dan efisien, baik itu oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, termasuk setiap individu di dalam rumah tangga. Pelemahan ekonomi global berpotensi terjadi di tahun 2013. Setiap pihak pelaku ekonomi sudah wajib untuk bersikap jujur dan membangun semangat dalam mengatasi tantangan pelemahan pertumbuhan ekonomi global. Apalagi krisis ekonomi di wilayah Eropa sepertinya belum akan berakhir, dan ada kecendrungan untuk terus meningkat dalam intensitas yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2012. Dampak dari perluasan krisis ekonomi dan keuangan di wilayah Eropa, dan juga Amerika Serikat, akan menjadi ancaman buat perusahaan-perusahaan dalam menjaga konsistensi bisnis ke wilayah tersebut.
Eropah dan Amerika Serikat adalah sebuah pasar bisnis yang sangat besar, dan menentukan daya tahan ekonomi dari negara-negara yang perusahaan-perusahaannya bergantung pada pasar di kedua wilayah tersebut. Bila ke dua wilayah tersebut pasarnya sedang sakit oleh krisis, maka harus ada kesadaran untuk menjalankan tata kelola ekonomi dan bisnis yang lebih efektif dan efisien. Tapi realitas menunjukkan, inflasi telah membuat berbagai komponen biaya menjadi lebih tinggi. Kenaikan tarif listrik, jalan tol, upah minimum, dan biaya-biaya rutin lainnya telah menciptakan tantangan baru yang harus dikelola dengan lebih hati-hati.
Banyak pihak telah memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2013 di atas 6 persen. Saya pribadi merasakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 6 persen akan berlangsung secara konsisten dalam jangka waktu yang lama. Dan hal ini seharusnya dijadikan momentum untuk memperkuat infrastruktur ekonomi nasional, agar pertumbuhan ekonomi nasional dapat menciptakan pemerataan kekuatan ekonomi di semua wilayah dan sektor usaha.
Sekaranglah waktunya buat pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama menjalankan semangat efisiensi dan efektivitas. Setiap individu sebagai pelaku ekonomi harus berkontribusi dengan produktif, dan menjadi lebih efisien terhadap pengeluaran. Semangat untuk menabung dan berinvestasi haruslah menjadi kebersamaan nasional secara kolektif, agar ekonomi Indonesia di masa depan lebih kuat dan produktif, sehingga masyarakat Indonesia lebih sejahtera.  
Bersama semangat efisiensi dan efektivitas, pemerintah harus menjalankan anggaran pengeluaran dengan prinsip hati-hati dari integritas untuk menjalankan tata kelola ekonomi negara yang sehat dan jujur. Setiap pinjaman harus diperlakukan untuk menciptakan nilai tambah ekonomi buat kejayaan negara, dan setiap nilai tambah harus digunakan untuk mengurangi beban pinjaman, agar di masa depan masyarakat tidak lagi menanggung beban ekonomi berat dari utang negara.
Konsumsi rumah tangga haruslah bisa lebih terkendali, agar setiap rumah tangga dapat melakukan investasi untuk memperkuat keuangan pribadi buat masa depan. Dan hal ini pasti akan menjadi kontribusi besar untuk memperkuat tabungan atau investasi nasional. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki semangat untuk melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada penghasilan yang diterima. Bila semua warga negara Indonesia terlatih dan terbiasa untuk hidup sederhana, serta membelanjakan uangnya untuk barang dan jasa produk lokal dengan konten lokalnya di atas 90 persen, maka secara perlahan-lahan ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi raksasa yang dihormati oleh bangsa-bangsa lain.
Tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien untuk menjaga impor barang modal yang benar-benar digunakan sebagai input untuk produksi ekspor, akan menjadikan pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin kuat di masa depan. Setiap unit kerja pendukung manajemen tata kelola pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, haruslah memiliki semangat kejujuran, dan bekerja untuk kinerja pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, serta memagari setiap risiko dengan tata kelola yang dapat dipercaya oleh semua pihak.
Setiap risiko ketidakpastian yang hadir di setiap situasi dan kondisi pergerakan ekonomi, harus diterjemahkan sebagai tantangan yang perlu ditekuni dengan penuh disiplin, untuk menemukan solusi yang membawa ekonomi Indonesia kepada kejayaan. Setiap kebijakan dan keputusan harus berenergi konsisten, serta tidak terjebak dalam sikap pesimis terhadap ketidakpastian. Setiap pihak yang memiliki otoritas harus menyiapkan pengetahuan dan wawasan, untuk menghadapi ketidakpastian dengan semangat optimis, yang penuh gairah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan.
Semoga ketidakpastian ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat tidak menjadi alasan atas setiap penurunan kinerja ekonomi nasional. Setiap bangsa harus menjadi kuat dan unggul secara ekonomi, agar bangsa itu dihormati dan diperhitungkan kekuatannya oleh seluruh bangsa-bangsa di dunia.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra