BERIKAN ENERGI POSITIF UNTUK ORGANISASI ANDA




Berikan Energi Positif Untuk Organisasi Anda
Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra
“Bila perasaan sibuk dengan pekerjaan selalu menjadi alasan untuk tidak memiliki waktu buat istirahat, maka jadwalkan pekerjaan Anda dengan lebih efektif, dan siapkan waktu untuk istirahat. Sebab, istirahat adalah sesuatu yang sangat penting untuk membuat tubuh, pikiran, dan emosi selalu bugar dalam menghasilkan energi positif buat kemajuan organisasi Anda.” ~ Djajendra
Organisasi dibentuk untuk menghasilkan karya dan kinerja terbaik. Pikiran, emosi, energi, keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan setiap individu; dalam kolaborasi yang terfokus pada tujuan organisasi, akan menjadikan organisasi bergerak sesuai arah. Dan, saat setiap karyawan dan pimpinan di dalam organisasi bertindak efektif dengan energi positif, untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan arahan; maka saat itu, energi positif setiap orang akan berkolaborasi dan berkontribusi untuk menghasilkan karya dan kinerja terbaik.  
Energi positif dari setiap orang di dalam organisasi harus dialirkan melalui integritas pribadi, serta diwujudkan saat mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan efektif, sesuai dengan prioritas. Artinya, setiap pimpinan dan karyawan memiliki kemampuan untuk fokus pada apa yang harus dilakukan. Kemudian, memiliki disiplin dan motivasi untuk mengelola pekerjaan dengan prioritas mulai dari yang paling penting hingga yang boleh ditunda. Memiliki daftar tugas dan hal-hal yang harus dikerjakan sesuai tenggang waktu, dan perilaku efektif untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab, akan menjadi penyelamat yang selalu membantu Anda untuk berkontribusi dengan energi positif.   
Miliki manajemen pekerjaan dengan mengkategorikan item-item pekerjaan sesuai dengan prioritas yang masuk akal. Lalu, atur setiap pekerjaan untuk diselesaikan dengan cara yang paling efektif. Dan bila jumlah item pekerjaan membutuhkan waktu penyelesaian yang melebihi waktu kerja, maka Anda harus segera mendelegasikannya kepada orang lain. Bila Anda tidak mendelegasikannya, maka perasaan sibuk yang terus-menerus akan menjadi beban hidup Anda. Dan akhirnya, Anda tidak dapat mengalirkan energi positif  ke dalam jaringan kerja organisasi Anda. Sebab, perasaan sibuk dan beban kerja yang berlebihan akan membuat Anda lelah dan sering tidak fokus untuk menghasilkan kinerja seperti yang diinginkan.
Siapkan daftar kerja dengan prioritas yang jelas, lalu setiap dua kali dalam seminggu lakukan revisi, dan buat daftar baru, transfer tugas lama yang belum selesai ke dalam daftar baru. Lakukan ini dalam kebiasaan kerja Anda. Dan pastikan setiap tugas dan tanggung jawab Anda selalu terorganisir dalam urutan prioritas yang sesuai target.
Kemampuan untuk memberikan energi positif  ke dalam jaringan kerja organisasi sangat ditentukan oleh kualitas dan kompetensi individu. Semakin tinggi kualitas pikiran positif, kualitas emosional yang cerdas, kualitas daya tahan fisik tubuh, dan kualitas kompetensi pekerjaan; maka Anda dapat mempertahankan kualitas kompetensi Anda untuk berkontribusi dengan efektif dalam konsistensi pelayanan Anda kepada organisasi dan stakeholders.
Setiap interaksi Anda di dalam setiap proses kerja akan melibatkan pikiran, emosi, energi, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan untuk berhubungan baik. Saat Anda terlatih dengan kualitas integritas diri yang berpandangan positif, maka diri Anda akan menjadi energi positif, yang dengan sendirinya mengirimkan sinyal positif di setiap titik proses kerja. Hal ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang dipercaya oleh kolega, atasan, dan bawahan. Dan, Anda akan menjadi sumber daya yang menarik hal-hal positif untuk menciptakan karya dan kinerja buat kemajuan organisasi Anda.
Jadilah yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dan butuhkan dari satu sama lain dalam hal rutinitas dan cara kerja sehari-hari. Sebab, di dalam organisasi ada sangat banyak orang, ada sangat banyak struktur, peran, dan fungsi yang harus Anda layani dalam kolaborasi. Diperlukan kesadaran dan disiplin terhadap waktu. Setiap orang dalam kolaborasi kerja harus memahami bahwa bila mereka ingin menjadi energi positif buat organisasinya, maka harus ada kesadaran dan disiplin untuk mengukir waktu bersama, agar setiap kegiatan dalam kolaborasi dapat menciptakan hasil akhir dari efektivitas kerja yang tinggi.     
Cara kerja yang didorong oleh energi positif, akan berkontribusi pada ketenangan dan pemenuhan rasa puas diri terhadap proses dan hasil akhir. Lebih penting lagi, setiap orang yang berkolaborasi dan berkontribusi melalui energi positif, akan menghabiskan rutinitas kehidupan di kantor dengan perasaan positif, dan selalu termotivasi untuk berkontribusi secara total buat organisasi dan stakeholders.
Saat Anda memberikan energi positif  untuk organisasi Anda, maka saat itu waktu-waktu produktif Anda bersama organisasi akan diisi dengan cinta dan sukacita. Artinya, Anda akan bekerja dengan perasaan bahagia dan dengan sadar akan mencintai setiap orang di tempat kerja dari hati nurani Anda yang paling tulus.
Djajendra
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra