Dalam Organisasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Adalah Dua Hal Yang Berbeda. Tapi, Dua Hal Yang Tak Terpisahkan, Dan Saling Terhubungkan Oleh Sebab-Akibat. Sama Seperti Cerita Buah Pepaya, Di Mana, Buah, Pohon, Dan Biji Pepaya, Secara Fakta Berbeda. Tapi Juga Secara Fakta, Merupakan Satu Kesatuan Yang Saling Terhubung, Dan Tak Mungkin Dipisahkan. Demikian Juga Dengan Manajemen Dan Kepemimpinan, Manajer Dan Pemimpin, Adalah Dua Hal Yang Tak Mungkin Dipisahkan Oleh Alasan Apapun, Karena Keduanya Ada Dalam Satu Jiwa.~ Djajendra




DALAM DIRI PEMIMPIN ADA MANAJER YANG ANDAL
“Manajer Dan Pemimpin Adalah Dua Hal Yang Tak Mungkin Dipisahkan Oleh Alasan Apapun, Karena Keduanya Ada Dalam Satu Jiwa.” ~ Djajendra
Mana yang harus ada dalam diri seseorang, manajer atau pemimpin, tanya seorang teman. Saat pertanyaan itu ditanyakan, kami sedang mengupas buah pepaya. Lalu, saya bertanya kembali kepada teman itu. Buah pepaya ini dari mana? Dari pohon pepaya, jawab teman tersebut. Pohon pepaya dari mana? Dari biji pepaya, jawab teman tersebut. Biji pepaya dari mana, dari buah pepaya, jawab teman tersebut. Nah, seperti itulah jawaban untuk pemimpin dan manajer, kata saya kepada teman tersebut.  
Setiap orang adalah pemimpin dan sekaligus manajer. Manajer dan pemimpin dalam diri adalah sebuah kebutuhan yang sangat mendasar, yang wajib dikembangkan, ditumbuhkan, dirawat dan dikelola oleh setiap orang. Manajer dan pemimpin adalah dua kompetensi, yang merupakan keahlian wajib untuk setiap individu, agar setiap individu dapat memimpin dan mengelola dirinya sendiri, dan orang lain, untuk dapat menuju kepada kehidupan seperti yang diinginkan.
Seorang manajer adalah pemimpin yang berkualitas, untuk membantu dirinya sendiri dan orang lain, agar mendapatkan lebih banyak manfaat positif dari kehidupan. Oleh karena itu, dalam diri manajer harus ada pemimpin yang andal, dan dalam diri pemimpin harus ada manajer yang andal. Manajer dan pemimpin merupakan satu kesatuan, yang saling terhubung secara solid, dalam satu jati diri, dalam satu kepribadian, yang dapat membantu dirinya sendiri dan orang lain.
Pemimpin terbaik adalah seorang manajer yang dapat memotivasi dirinya sendiri dan orang lain; yang dapat memberikan arah buat dirinya sendiri dan orang lain; yang dapat bekerja sama dalam kolaborasi menuju tujuan bersama; yang dapat memetakan risiko dan krisis; yang dapat menghapus hambatan, dan memberikan umpan balik, untuk kemajuan diri sendiri, orang lain, dan organisasi.
Pertama, manajer dan pemimpin harus tumbuh dari kesadaran diri sendiri, untuk dapat mengelola potensi dan sumber daya diri sendiri buat kemajuan dirinya. Dan setelahnya, barulah seseorang dapat menjadi manajer yang andal, untuk bertanggung jawab mengelola sebuah tim kecil, proyek kecil, unit kerja, organisasi, perusahaan, bisnis, dan yang lain sebagainya. Bila seseorang belum terbiasa atau belum mampu menjadi manajer dan pemimpin buat dirinya sendiri, maka orang tersebut pasti tidak akan berkualitas saat mengelola dan memimpin hal-hal di luar dirinya.
Seseorang dengan integritas pribadi, yang penuh tanggung jawab terhadap kehidupan pribadinya. Dia pastilah akan menjadi pemimpin dan manajer yang andal, dan yang tak terbatas untuk dirinya sendiri. Dia akan memiliki kualitas diri yang andal untuk menjalankan kepercayaan, wewenang, uang, dan kekuasaan yang diberikan dengan penuh integritas.
Manajer dan pemimpin adalah satu jiwa dalam keunggulan keterampilan manajemen, yang selalu bekerja dengan intensitas yang terfokus pada hasil akhir sesuai rencana. Setiap wilayah kerja akan diperhatikan secara sangat detail, lalu mengelola dan mengembangkannya sesuai rencana dan tata kelola yang efektif.
Dalam organisasi, manajemen dan kepemimpinan adalah dua hal yang berbeda. Tapi, dua hal yang tak terpisahkan, dan saling terhubungkan oleh sebab-akibat. Sama seperti cerita buah pepaya, di mana, buah, pohon, dan biji pepaya, secara fakta berbeda. Tapi juga secara fakta, merupakan satu kesatuan yang saling terhubung, dan tak mungkin dipisahkan. Demikian juga dengan manajemen dan kepemimpinan, manajer dan pemimpin, adalah dua hal yang tak mungkin dipisahkan oleh alasan apapun, karena keduanya ada dalam satu jiwa.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra