“Budaya Organisasi Seperti Jam, Yang Terus-Menerus Memindahkan Jarum Jam, Untuk Menuju Ke Masa Depan, Dan Tidak Pernah Memindahkan Jarum, Untuk Kembali Ke Masa Lalu.” ~ Djajendra




BUDAYA ORGANISASI ADALAH TINDAKAN UNTUK MENGEKSPRESIKAN HATI NURANI KEPADA PERUSAHAAN DAN PEKERJAAN
Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra
“Budaya Organisasi Seperti Jam, Yang Terus-Menerus Memindahkan Jarum Jam, Untuk Menuju Ke Masa Depan, Dan Tidak Pernah Memindahkan Jarum, Untuk Kembali Ke Masa Lalu.” ~ Djajendra
Budaya organisasi adalah tempat Anda berdiri, bernafas, bekerja, bersikap, berpikir, bertindak, dan tempat membuat hari-hari kerja Anda penuh semangat dalam perasaan cinta kepada perusahaan dan pekerjaan. Ini adalah sesuatu yang bisa Anda jadikan pegangan, untuk menciptakan perilaku dan cara berpikir yang tidak abu-abu, tapi tegas dan jelas. Ini bukan sekedar tentang nilai, tata kelola, struktur, model, pola, ideologi, atau cara bekerja. Ini tentang tindakan. Apa yang sebenarnya Anda lakukan bersama organisasi Anda. Jadi, budaya organisasi adalah tindakan dan kecerdasan untuk menerima konsekuensi dari tindakan tersebut. Apapun tindakan Anda yang sesuai dengan nilai-nilai budaya perusahaan, tindakan itu harus menyatu dalam pikiran dan perasaan Anda. Tindakan yang berbudaya itu menjadi tindakan hati nurani Anda dalam melayani perusahaan, pekerjaan, stakeholder, dan diri Anda sendiri di tempat kerja.
Bekerja dalam sebuah budaya organisasi haruslah menjadi keputusan dari kesadaran tertinggi. Ketika Anda memutuskan akan mengambil sebuah pekerjaan, maka saat itu Anda harus menyelidiki budaya organisasi yang mendasari pekerjaan tersebut. Ajukan pertanyaan kepada pewawancara, dan pastikan bahwa budaya organisasi yang dijelaskan kepada Anda, sudah sesuai dengan hati nurani Anda, sehingga saat Anda bekerja, Anda sudah bisa langsung bertindak bersama potensi Anda, untuk meraih sukses tertinggi bersama perusahaan tersebut.
Budaya itu hidup dalam perubahan dan kesesuaian. Budaya itu sama seperti manusia. Manusia adalah kehidupan, dan budaya juga adalah kehidupan. Artinya, budaya organisasi selalu akan berkembang dengan perubahan, kreativitas, inovasi, teknologi, strategi, dan hati nurani yang menginginkan perilaku baru. Oleh karena itu, budaya organisasi sebagai tindakan, harus mau diubah untuk disesuaikan dengan strategi baru, agar dapat menjadi budaya yang fleksible dan lincah untuk mengikuti situasi dan kebutuhan.
Budaya organisasi yang ideal akan memudahkan semua orang bersikap dan bertindak untuk mendukung tujuan bisnis. Budaya organisasi yang berkualitas selalu cerdas memprioritaskan perilaku, dan memberdayakan setiap potensi organisasi dalam penerapan strategi. Budaya organisasi seperti jam, yang terus-menerus memindahkan jarum jam, untuk menuju ke masa depan, dan tidak pernah memindahkan jarum, untuk kembali ke masa lalu.
Budaya organisasi sebagai tindakan didasari oleh nilai-nilai inti organisasi. Nilai-nilai inti ini bukan motto atau slogan untuk digantungkan di dinding, tapi merupakan pilar-pilar yang membuat bangunan budaya organisasi berdiri kokoh tak tergoncangkan oleh sifat, sikap, perilaku, karakter, kepribadian, moral, atau hati nurani yang bertentangan dengan keberadaan nilai-nilai inti tersebut.
Nilai-nilai inti budaya organisasi merupakan sesuatu yang dipandu dalam perilaku kerja dan pengambilan keputusan sehari-hari. Nilai-nilai inti adalah sesuatu yang wajib dikembangkan, dikomunikasikan, dikendalikan, dilaksanakan, dan dikolaborasikan secara konsisten. Nilai-nilai inti diklarifikasi maknanya dan dijadikan perilaku yang konsisten dalam melayani perusahaan dan stakeholder. Nilai-nilai inti merupakan bahasan setiap hari, dan menjadikannya cerita tentang cara bekerja yang benar, sesuai visi dan misi organisasi.
Budaya organisasi merupakan tempat untuk meningkatkan kualitas persahabatan dalam keharmonisan kerja. Setiap orang dapat bersenang-senang bersama nilai-nilai inti, dan siap menikmati budaya organisasi untuk kebahagiaan dan kedamaian bersama di tempat kerja.
Rayakan setiap keberhasilan di tempat kerja sebagai kesuksesan bersama. Semangat budaya adalah semangat kebersamaan, dan oleh karenanya, jangan pernah meremehkan untuk merayakan kebersamaan, serta mengembangkan hubungan positif dengan sesama rekan di tempat kerja. Jadikan budaya organisasi sebagai sesuatu yang membuat setiap orang di dalam perusahaan bersatu untuk merayakan keberhasilan pribadi sebagai keberhasilan bersama.
Stakeholder harus menikmati budaya perusahaan dalam bentuk pelayanan, kualitas, dan kebanggaan atas inovasi dan kreativitas perusahaan. Kemampuan setiap orang dalam perusahaan untuk berkomunikasi dan melayani stakeholder secara formal dan informal, serta menciptakan kemudahan buat stakeholder untuk merasakan kebaikan budaya organisasi, akan menjadi cara yang paling efektif, untuk merawat dan menjaga loyalitas stakeholder kepada perusahaan.
Setiap orang dalam perusahaan wajib tumbuh menjadi profesional, berkomitmen untuk belajar terus-menerus, dan tidak menghentikan semangat belajar. Sebab, budaya organisasi adalah kehidupan yang membutuhkan tindakan dari kemajuan pengetahuan, teknologi, dan tradisi. Oleh karena itu, tingkatkan terus kualitas budaya organisasi dengan cara menjadi pembelajar yang rendah hati, dan terbuka untuk menerima berbagai perbedaan dan keragaman demi kemajuan budaya organisasi.
Jadikan budaya organisasi sebagai sesuatu yang menghubungkan Anda dengan setiap pribadi, potensi, kekuatan, dan kebaikan di dalam perusahaan dan di luar perusahaan. Jangan pernah membiarkan diri Anda mengisolasi diri secara otomatis oleh konflik dan hubungan negatif. Jadilah pembelajar yang mampu melihat dari persepsi positif, cerdas mengikuti perubahan, serta mudah mendapatkan cara untuk keluar dari zona kenyamanan.
Budaya organisasi adalah tindakan untuk mengekspresikan hati nurani kepada perusahaan dan pekerjaan. Dan tindakan ini telah dimulai dari para pendiri perusahaan. Harapan, impian, semangat, gairah, perjuangan, sikap, perilaku, hati nurani, pengalaman, dan kisah-kisah pribadi dari para pendiri perusahaan, merupakan akar dari budaya organisasi yang sedang Anda nikmati saat ini. Pastikan Anda mampu menyelami dan menghayati semangat dari kisah-kisah pribadi para pendiri perusahaan, agar Anda dapat melanjutkan kisah-kisah dan pengalaman baru, untuk memperkaya budaya organisasi di perusahaan Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra