“Visi Yang Sama Akan Menempatkan Para Spesialis Untuk Berkontribusi Buat Keberhasilan Tim. Dan Para Spesialis Akan Berkolaborasi Dalam Tim Bersama Nilai-Nilai Tim Untuk Menghasilkan Karya Terbaik.” ~ Djajendra




BEKERJA DALAM TIM HARUS DENGAN VISI YANG SAMA
Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra
“Seseorang Menjadi Pintar Karena Dia Bisa Meyakinkan Diri, Untuk Menemukan Jawaban Atas Berbagai Ketidaknyamanan Dalam Hidup. Seseorang Menjadi Tidak Pintar Karena Dia Hanya Mampu Menemukan Berbagai Alasan Pembenaran, Untuk Tidak Melakukan Apa-Apa, Atau Untuk Tidak Menemukan Jawaban Atas Ketidaknyamanan Dalam Hidup. Ketika Seseorang Membenarkan Status Quo Sebagai Cara Aman Dalam Mempertahankan Hidup, Maka Orang Tersebut Selalu Hidup Dalam Ketidakpuasan. Padahal, Hidup Adalah Kreatif Dan Manusia Adalah Kreatif. Bila Seseorang Tidak Mendorong Dirinya Menjadi Lebih Kreatif, Maka Dia Akan Menunggu Sangat Lama Dalam Ketidaknyamanaan Realitas. Orang Pintar Selalu Belajar Dan Berupaya Terus, Agar Dapat Bergerak Di Luar Zona Kenyamanan; Sedangkan Orang Tidak Pintar, Selalu Ngotot Dan Memiliki Banyak Alasan, Agar Dia Tetap Bersembunyi Di Dalam Tembok Zona Kenyamanan.” ~ Djajendra
Bekerja dalam tim berarti bekerja dalam visi yang sama. Setiap orang di dalam tim harus dapat memimpin diri sendiri dengan efektif, lalu mampu memotivasi diri sendiri dan orang-orang lain di dalam tim, untuk tetap berada dengan visi yang sama.
Visi yang sama harus menjadi dasar untuk setiap tindakan pencapaian kegiatan tim. Visi yang sama harus dibuat jelas aturan mainnya, agar orang-orang di dalam tim sadar untuk tetap berada pada jalur kelompok yang harus mereka ambil. Termasuk, selalu berada dalam arah yang sama, untuk saling membantu dan berkontribusi dalam ikatan saling percaya satu sama lain.
Setiap orang dalam tim harus mengedepankan kompromi sesuai visi, dan melaksanakan visi dengan sepenuh hati dalam tanggung jawab yang tidak mudah goyah oleh tantangan apa pun. Sekali visi diputuskan, maka setiap orang harus merasa tahu tentang tujuan masa depan yang harus mereka capai.
Setiap individu mampu menjadi mandiri dalam kekuatan kelompok. Artinya, setelah visi dijadikan dasar dalam kerja sama kelompok, maka setiap individu secara mandiri harus bisa mengartikulasikan visi dengan baik, melalui tugas, tanggung jawab, peran, dan fungsi masing-masing di dalam tim. Tidak ada lagi individu yang membuang-buang waktu dengan mencari dukungan ataupun bimbingan, tapi semuanya mampu bergerak harmonis, dalam tim yang solid dan unggul.
Ketika visi sudah terserap dan tersosialisasi dengan baik di dalam tim, maka tim secara otomatis akan mampu mengelola berbagai keragaman yang tersebar di dalam tim. Tim yang datang bersama-sama di seluruh unit yang berbeda akan melakukan pekerjaan sesuai visi, dan visi yang dipahami akan menjadi basis untuk membangun kepercayaan sebagai dasar kerja sama tim yang baik.
Anggota tim yang menguasai visi pastilah cerdas berbicara dan mendengarkan, karena visinya sudah sama, dan buatnya Komunikasi adalah kunci. Dia pasti cerdas mengajukan pertanyaan, mengakui kesalahan, mengangkat isu-isu, dan menawarkan ide-ide. Dia pasti memahami pengetahuan rekan kerjanya. Dia pasti memiliki keahlian, ide, dan keprihatinan.
Setelah visi menjadi sama, maka tidaklah akan sulit untuk mengintegrasikan sudut pandang yang berbeda. Tidaklah akan sulit untuk mensintesis informasi dan ide-ide secara kelompok. Dan tidaklah akan sulit untuk mengidentifikasi dan menggabungkan tantangan, peluang, dan solusi sehingga semuanya menjadi masuk akal untuk tim.
Visi yang sama akan membangun tim dalam lingkungan yang pasti, setiap orang dalam tim akan memahami langkah demi langkah yang harus mereka lakukan dalam waktu dan budget yang disepakati. Mereka akan saling mendiskusikan setiap kemajuan dalam satu visi yang sama, dan terfokus kepada upaya untuk mencapai tujuan tim.
Visi yang sama akan menyatukan ide-ide besar untuk diarahkan ke dalam proses inovasi. Visi yang sama akan membuat tim solid dalam mengeksekusi inovasi yang berdaya jual tinggi.  
Visi yang sama akan menempatkan para spesialis untuk berkontribusi buat keberhasilan tim. Dan para spesialis akan berkolaborasi dalam tim bersama nilai-nilai tim untuk menghasilkan karya terbaik.
Visi yang sama akan menjaga integritas antara apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan oleh para anggota tim. Ini akan membuktikan keaslian dari potensi spesialisasi masing-masing anggota tim. Selanjutnya, para anggota tim akan selalu menjadi konsisten dengan visi tim. Dan dari hari ke hari, dari anggota tim ke anggota tim, dari situasi ke situasi, dari perbedaan ke perbedaan, dan dari kerja keras ke kerja keras; setiap anggota tim selalu solid dalam satu visi yang tidak akan meragukan nurani mereka masing-masing.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra