“Sangat Mudah Untuk Mengeluarkan Sebuah Kebijakan, Tapi Tidak Mudah Untuk Membuat Kebijakan Tersebut Menjadi Realitas Seperti Yang Diharapkan.” ~ Djajendra




PROSES PENGEMBANGAN KEBIJAKAN MENJADI  REALITAS
Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra
“Sangat Mudah Untuk Mengeluarkan Sebuah Kebijakan, Tapi Tidak Mudah Untuk Membuat Kebijakan Tersebut Menjadi Realitas Seperti Yang Diharapkan.” ~ Djajendra
Kebijakan adalah sebuah ide atau sebuah konsep pemikiran yang telah dituangkan dalam sebuah keputusan. Dan selanjutnya, dari sebuah keputusan itu harus dikembangkan program-program untuk mengimplementasi kebijakan tersebut ke dalam organisasi ataupun ke dalam hal pengembangan karyawan atau bisnis.
Sebuah kebijakan akan melibatkan banyak pekerjaan, dan ada sejumlah besar informasi yang dibutuhkan untuk membuat kebijakan tersebut terimplementasi dengan baik. Dan ada banyak fase yang harus dilalui sebelum kebijakan itu benar-benar bekerja, dan menjadi bermanfaat buat perusahaan, karyawan, pelanggan, serta buat kemajuan bisnis itu sendiri.
Pada tahap awal, pastikan Anda melakukan proses menganalisis terhadap isi, semangat, motivasi, filosofi dan makna dari kebijakan tersebut. Pahami apa jenis instruksi yang terkandung dalam kebijakan tersebut. Kemudian, mulailah dengan memikirkan kebutuhan organisasi terhadap kebijakan tersebut, dan membuatnya lebih efektif dalam penerapan. Cari tahu berapa banyak orang dalam organisasi Anda yang memahami semangat dan motivasi dari kebijakan tersebut. Lakukan identifikasi terhadap kesenjangan informasi, pengetahuan, wawasan, dan keterampilan yang muncul saat memahami kebijakan tersebut dalam organisasi. Pastikan Anda mempertimbangkan gaya dan cara orang-orang dalam menerima kebijakan tersebut. Pastikan Anda jujur mencari tahu apa kendala dan tantangan yang perlu dipertimbangkan dalam implementasi kebijakan tersebut.
Setelah Anda mengumpulkan data dan analisa secara teliti apa yang Anda butuhkan untuk implementasi kebijakan tersebut, saatnya untuk merancang atau mendisain tata cara implementasi. Buatlah sebuah strategi yang melibatkan semua orang dalam organisasi untuk memahami dan mematuhi jenis instruksi yang terkandung di dalam kebijakan tersebut. Tuliskan instruksi yang sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siapa pun. Buatlah rencana dan jadwal untuk proses memperkenalkan kebijakan tersebut kepada setiap orang di dalam organisasi. Ingat, sebuah kebijakan adalah sebuah ide atau konsep pemikiran, dan diperlukan banyak upaya untuk menginternalisasikan kebijakan tersebut, agar dapat diterima dan dipahami dengan sepenuh hati.  Siapkan metodologi atau alat-alat untuk mengukur pemahaman dan kemampuan menyerap atas maksud, tujuan, motivasi, filosofi, nilai-nilai, yang ada di dalam kebijakan tersebut.
Selama tahap pengembangan, Anda mengambil tindakan pada garis besar dan rencana yang Anda buat dalam tahap desain. Hal ini merupakan bagian inti dari proses, karena dari sinilah Anda mulai mengembangkan bentuk dan wujud dari kebijakan tersebut. Selama tahap pengembangan, Anda harus sudah membentuk tubuh atau wujud dari kebijakan tersebut, agar kebijakan tersebut dapat hadir secara virtual dalam realitas dan dapat dilihat secara kasat mata oleh siapapun. Pastikan Anda mendapatkan umpan balik dari setiap orang di dalam organisasi, sebelum Anda mengimplementasi bentuk atau wujud dari kebijakan tersebut, sehingga Anda dapat memperbaiki bentuk dan wujud tersebut, agar sesuai dengan harapan dan impian dari semangat kehadiran kebijakan tersebut.  
Setelah Anda mendapatkan cukup banyak umpan balik yang sesuai dengan semangat kebijakan tersebut, maka Anda sudah dapat memulai tahap implementasi. Dalam tahap implementasi, Anda harus yakin dan pasti, bahwa setiap orang di dalam organisasi telah memiliki antusiasme yang sangat emosional dan berenergi tinggi, untuk menerima dan menjalankan semua proses implementasi dengan sepenuh hati. Pastikan setiap orang memiliki akses ke semua bahan-bahan yang mereka butuhkan dalam proses implementasi. Pastikan setiap orang menjadi sangat nyaman dan senang dengan proses implementasi. Pastikan proses umpan balik dan perbaikan berkelanjutan tetap menjadi semangat dari implementasi.
Pada akhirnya, setiap hal yang dilakukan haruslah dievaluasi. Di mana, tujuan dan semangat dari evaluasi adalah sebagai proses untuk pembelajaran dan perbaikan secara terus-menerus terhadap hal-hal yang dirasakan belum sempurna. Implementasi dan internalisasi adalah tahap yang sangat penting untuk menghadirkan kebijakan menjadi wujud, tubuh dan bentuk yang dapat dilihat. Dan oleh karena itu, evaluasi secara terus-menerus atas hasil akhir dari implementasi dan internalisasi, akan membuat wujud dan bentuk dari kebijakan tersebut lebih sempurna dan lebih indah, untuk dinikmati oleh semua pemangku kepentingan dari organisasi Anda.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra