"Membangun Budaya Perusahaan Yang Unggul Haruslah Menjadi Tujuan Dari Manajemen, Karena Budaya Unggul Akan Mengembangkan Pola Kerja Unggul Untuk Meningkatkan Budaya Kerja Yang Positif, Etis, Dan Berkinerja Tinggi." ~ Djajendra


BUDAYA PERUSAHAAN HARUS MEMBIASAKAN KARYAWAN DAN PIMPINAN UNTUK PATUH BEKERJA BERSAMA NILAI-NILAI INTI PERUSAHAAN
"Membangun Budaya Perusahaan Yang Unggul Haruslah Menjadi Tujuan Dari Manajemen, Karena Budaya Unggul Akan Mengembangkan Pola Kerja Unggul Untuk Meningkatkan Budaya Kerja Yang Positif, Etis, Dan Berkinerja Tinggi." ~ Djajendra
Manajemen yang cerdas selalu fokus untuk membangun budaya kelompok yang kuat, untuk saling berkolaborasi dan bersinergi secara lintas fungsional. Bila setiap orang terbiasa untuk berbudaya kerja kolaborasi dan sinergi, maka setiap kesulitan dalam pemecahan masalah bisnis akan menjadi tanggung jawab kelompok, bukan sekedar tanggung jawab individu. Sebab, budaya kelompok akan mengembangkan perasaan untuk berkontribusi dan bertanggung jawab terhadap semua tantangan dan peluang, dan inilah yang disebut sebagai budaya kelompok yang kuat dan positif, untuk mendukung rencana kerja dari manajemen dan kepemimpinan.
Pengembangan budaya perusahaan yang unggul memerlukan tanggung jawab dan kontribusi secara berkesinambungan dari para manajer dan pimpinan perusahaan. Sebab, para pimpinan di perusahaan adalah kunci untuk menyebarkan nilai-nilai inti dari budaya perusahaan. Kemampuan dan kecerdasan kepemimpinan untuk melambangkan nilai-nilai budaya perusahaan dalam berbagai kisah dan tindakan, akan memperkuat proses membiasakan karyawan dan pimpinan untuk patuh bekerja bersama nilai-nilai inti perusahaan.
Setiap simbol, motto, tujuan, slogan, dan pernyataan misi perusahaan haruslah melambangkan ataupun menggambarkan nilai-nilai inti perusahaan. Demikian juga, setiap ritual dan upacara formal perusahaan harus selalu mengedepankan nilai-nilai inti perusahaan. Setiap pola standar perilaku kerja haruslah merupakan implementasi untuk mengkomunikasikan nilai-nilai inti perusahaan ke dalam berbagai tindakan di tempat kerja. Budaya perusahaan sangat tergantung dari kemampuan setiap orang di tempat kerja untuk berpikir, bertindak, bertanggungjawab, berpersepsi, dan berkehidupan atas dasar nilai-nilai inti perusahaan.
Budaya perusahaan unggul selalu memiliki nilai-nilai inti yang berkemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, terutama dalam menanggapi perubahan dari keadaan eksternal perusahaan. Budaya perusahaan yang unggul bukanlah sebuah budaya mati, tapi dia merupakan budaya hidup, yang terus berkembang bersama berbagai perubahan untuk menciptakan jaringan kerja dan loyalitas kerja yang tinggi di internal perusahaan. Dan selalu mampu menjadi budaya yang mendedikasikan semua potensi untuk kinerja yang tinggi di dalam setiap situasi dan keadaan. Budaya perusahaan yang memiliki loyalitas tinggi dan keramahan yang tinggi. Di mana, setiap orang di dalam perusahaan bertindak seperti satu keluarga besar yang bahagia bersama nilai-nilai inti dalam sebuah kolaborasi kerja yang saling berkontribusi.
Budaya perusahaan unggul baru dapat dianggap unggul, bila budaya tersebut tertanam dalam interaksi sosial di internal dan eksternal perusahaan. Serta, secara sosial dan bisnis, nilai-nilai inti perusahaan mampu mempengaruhi setiap orang, untuk memiliki kecerdasan dalam menghasilkan kinerja kerja dan kinerja bisnis yang tinggi.
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com