"Umpan Balik Sangat Penting Untuk Pembelajaran Dan Pertumbuhan Karir. Dalam Kesalahan Anda Dapat Belajar Banyak Untuk Perubahan Sesuai Harapan, Dalam Keberhasilan Anda Dapat Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Kemenangan." ~ Djajendra


MENYAMPAIKAN UMPAN BALIK DENGAN DATA DAN INFORMASI YANG LENGKAP
"Umpan Balik Sangat Penting Untuk Pembelajaran Dan Pertumbuhan Karir. Dalam Kesalahan Anda Dapat Belajar Banyak Untuk Perubahan Sesuai Harapan, Dalam Keberhasilan Anda Dapat Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Kemenangan." ~ Djajendra
Di tempat kerja setiap orang boleh menyampaikan saran dan pendapat, tapi semua saran dan pendapat tidak boleh dipaksa, harus disampaikan dengan data dan informasi yang lengkap bersama analisanya. Dan semua keputusan akhir tetap akan berada ditangan pemimpin tertinggi melalui tim manajemen. Sebab, hanya pihak yang memiliki tanggung jawab, kekuasaan dan wewenang yang dapat memutuskan untuk menerima atau menolak saran tersebut.
Setiap saran dan pendapat dari karyawan adalah umpan balik yang wajib untuk didengarkan, dan mungkin juga akan menjadi sangat bermanfaat buat peningkatan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan kebesaran hati dari para pemimpin perusahaan untuk menerima umpan balik, agar aliran komunikasi di internal perusahaan dapat menciptakan inisiatif yang menguntungkan stakeholder dan perusahaan dalam jangka panjang.
Aliran komunikasi yang dapat berbagi informasi di internal perusahaan secara lintas fungsional, serta kemampuan kepemimpinan perusahaan untuk mendengarkan semua informasi dengan bijak, akan menjadikan perusahaan unggul dalam membuat setiap keputusan, dan tidak akan lagi berputar-putar terlalu lama untuk mencari solusi di meja rapat.
Setiap aliran informasi dalam bentuk umpan balik tidaklah boleh melanggar atau merusak kerahasiaan kerja, baik untuk perusahaan, karyawan, pimpinan, dan pengembangan karir Anda sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga etika dan integritas pribadi dalam memberikan umpan balik, dan selalu harus tahu apa kewajiban Anda ketika Anda datang ke tempat kerja. Informasi rahasia adalah informasi yang perlu dibatasi kepada orang-orang yang berwenang saja. Dan Anda harus selalu memastikan bahwa umpan balik Anda tidak melanggar kerahasiaan perusahaan atau juga kode etik kerja.
Informasi sensitif mengenai perusahaan, karyawan, pelanggan, pemilik saham, pimpinan, dan stakeholder lainnya, haruslah dianggap sebagai rahasia yang tidak boleh sembarangan dijadikan sebagai umpan balik. Mematuhi aturan dan etika kerja melalui integritas pribadi yang kuat, akan menjadikan Anda unggul dalam aliran informasi positif di internal perusahaan Anda.
Setiap orang harus mematuhi prosedur untuk menyampaikan saran yang bermanfaat buat kemajuan perusahaan. Jadi, perusahaan harus memiliki tata kelola yang sehat untuk menampung setiap aspirasi, informasi, cita-cita, data, saran, pendapat, dan imajinasi dari setiap orang di internal perusahaan dengan adil dan terbuka.
Umpan balik dari karyawan atau pun dari manajer ke karyawan tidaklah boleh dianggap karena ada masalah. Tapi, harus dianggap sebagai bagian dari proses kerja dan proses perubahan perilaku untuk menghasilkan tata kelola yang lebih baik. Umpan balik, baik positif maupun negatif, merupakan informasi yang penting untuk pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan ke masa depan. Setiap upaya untuk menghambat atau menghalang-halangi umpan balik karyawan ke manajer atau dari manajer ke karyawan hanya akan memutuskan aliran informasi di internal perusahaan.
Setiap pihak dalam menyampaikan umpan balik harus memberikan data, contoh, informasi, dan akal sehat untuk mendukung kesimpulan dari umpan balik tersebut. Sebab, setiap umpan balik yang bila tidak didukung dengan data dan informasi yang benar, dapat menjadi sasaran untuk di serang oleh orang-orang yang tidak suka dengan umpan balik tersebut.    
Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com