“Anda Berhak Untuk Bersahabat Atau Tidak Bersahabat Dengan Siapa Saja, Tapi Saat Teman Baik Anda Diam-Diam Berhenti Berbicara Dengan Anda, Maka Sebaiknya Mencari Solusi Untuk Membuat Hubungan Anda Tetap Harmonis.” ~ Djajendra



TEMAN DEKAT TIBA-TIBA BERHENTI BERBICARA DAN MENJAUH
 “Anda Berhak Untuk Bersahabat Atau Tidak Bersahabat Dengan Siapa Saja, Tapi Saat Teman Baik Anda Diam-Diam Berhenti Berbicara Dengan Anda, Maka Sebaiknya Mencari Solusi Untuk Membuat Hubungan Anda Tetap Harmonis.” ~ Djajendra
Pertanyaan.
Apa yang harus aku lakukan, kalau teman dekatku tiba-tiba berhenti berbicara denganku, dan semakin hari semakin menjaga jarak dariku?
Djajendra Menjawab
Saat komunikasi memburuk miliki kecerdasan emosi untuk menciptakan keharmonisan komunikasi.
Ketika teman baik Anda tiba-tiba berhenti berbicara dengan Anda, maka itu merupakan sebuah sinyal yang kuat bahwa Anda sedang mengalami hubungan yang kurang baik dengannya. Dan mungkin saja teman Anda menyimpan perasaan buruk tentang Anda, dan berusaha untuk melepaskan diri dari Anda.
Saat menghadapi realitas bahwa teman terbaik Anda sedang menjaga jarak dengan Anda, maka jangan biarkan hubungan tersebut terluka dan menghilang, segera cari solusi untuk membuat hubungan tersebut dapat tumbuh dalam keharmonisan.
Apalagi bila hubungan tersebut menjadi sangat penting untuk Anda, maka saat pertama kali Anda menduga bahwa hubungan tersebut sedang memburuk, saat itulah Anda harus segera memperlihatkan kepedulian yang tinggi untuk membawa  ke permukaan, agar ada titik terang terhadap hubungan yang memburuk tersebut.
Memiliki kesadaran untuk memperbaiki hubungan, dan melihat apa yang dapat Anda kontribusikan untuk memperkuat hubungan tersebut, akan membuat Anda terlihat lebih dewasa dalam membangun keharmonisan dari hubungan tersebut.
Lakukan komunikasi persuasif tanpa perilaku reaktif atau defensif, temukan informasi yang membuat teman Anda menjauh dari Anda. Lalu, kompromikan informasi tersebut dalam kejelasan dan kepastian, kemudian pasanglah perisai kepercayaan yang kuat, agar hubungan tersebut selalu terlindungi oleh rasa saling percaya.
Setelah memahami sifat dari hubungan Anda dengan teman Anda, jadilah sadar untuk selalu mengekspresikan dan menghargai hubungan tersebut dengan sepenuh hati. Lalu, berikan kontribusi terbaik yang membuat teman Anda selalu merasa penting untuk memiliki hubungan baik dengan Anda.
Latihlah diri Anda untuk bertanggung jawab terhadap persahabatan tersebut. Miliki empati dan simpati untuk memperkuat keharmonisan dari hubungan tersebut. Pastikan Anda menjadi orang penting yang memiliki pengaruh baik dalam hubungan tersebut.
Djajendra