MOTIVASI, PERUBAHAN, DAN KESADARAN DIRI

HARI INI UNTUK KEBAIKAN

Hari ini pasti banyak hal baik yang dapat Anda lakukan; hari ini pasti banyak kesulitan hidup yang dapat Anda tuntaskan; hari ini ketinggian hidup pasti dapat Anda capai dengan menyingkirkan kekurangan hidup; jangan lagi menunggu besok hari untuk membuat Anda bahagia di hari ini; hiduplah dengan menggunakan hal-hal terbaik yang dihasilkan oleh nilai-nilai positif; jangan pernah lagi mengabaikan sumber kebaikan hidup, tapi ciptakan kebesaran hidup dari segala sumber kebaikan hidup; semua kebaikan pasti akan hadir dalam hidup Anda, saat Anda mau membiarkan pikiran dan perasaan Anda bergerak dari harapan untuk berharap mewujudkan semua kebaikan, dan dari kesenangan untuk hidup dalam sumber kebaikan hidup.

Djajendra


MENGELUH

Mengeluh seperti bersembunyi dari kebenaran di dalam semak penuh duri. Bila diri terus mengeluh, perasaan sakit oleh semak duri akan semakin membuat diri menderita. Memotivasi diri untuk segera keluar dari semak duri akan membuat diri hidup dalam kebahagiaan. Sebuah kehidupan dalam kesadaran akan membuat diri bisa menikmati kebahagiaan. Sebuah kehidupan dalam semak duri akan membuat diri bisa tidak memahami tujuan hidupnya.

Djajendra


KESALAHAN

Membuat kesalahan tidaklah baik, apalagi membuat kesalahan dengan niat dan tujuan untuk menghasilkan hal-hal tidak baik. Kesalahan yang diciptakan untuk membenarkan sikap dan perilaku sendiri adalah pertanda bahwa diri telah kehilangan moral. Bila diri selalu mencari dukungan untuk memberi persetujuan terhadap kesalahan yang dibuat, maka diri sedang mengumpulkan semua ketidakbaikan ke dalam diri sendiri. Dan suatu hari, di ujung kehidupan, kesalahan akan menggelinding dalam ukuran besar untuk membuat diri kalah oleh kebenaran hidup.

Djajendra


PERASAAN DAMAI

Perasaan damai, bahagia, sehat, sejahtera akan menumbuhkan keseimbangan batin; perasaan marah, dendam, benci akan menumbuhkan racun buat menghancurkan keseimbangan batin. Batin siapa pun dapat bersinar terang dan menjadi lembut dalam ketenangan, kehangatan, dan kecintaan terhadap keharmonisan untuk kedamaian. Diperlukan niat, refleksi diri, afirmasi nilai-nilai positif secara terus-menerus, dan imajinasi tentang pola hidup ideal dalam kesejahteraan hidup yang diinginkan. Mengembangkan diri yang intuitif terhadap kebaikan, mendengarkan keyakinan yang menghadirkan cinta ke dalam diri, dan ke sekitar diri, akan membuat diri selalu hidup dalam keseimbangan batin yang penuh kedamaian.

Djajendra


PEKERJAAN

Bekerja dipekerjaan yang tidak disukai pasti akan membuat diri tidak puas dengan kehidupan di tempat kerja. Tapi, ketika diri memiliki prioritas pada uang, barang, dan kekuasaan; maka suka tidak suka harus bekerja, walaupun pekerjaan itu mungkin bertentangan dengan jalan hidup. Pekerjaan yang tidak disukai sulit memberikan nilai tambah buat diri sendiri. Bila keterpaksaan menjadi prioritas, maka keseimbangan batin akan terabaikan, dan mungkin juga hati kecil hidup dalam tipuan prioritas hidup.

Djajendra