"Walaupun Sesuatu Yang Dikerjakan Itu Tidak Mudah Dan Tidak Menyenangkan, Tapi Bila Mulai Belajar Untuk Menyukainya, Maka Lama - Kelamaan Akan Menjadi Hal Yang Menghasilkan Sukses Dan Kesenangan." - Djajendra

MEMIKIRKAN HAL-HAL YANG TIDAK DISUKAI

Bila seseorang selalu memikirkan tentang hal-hal yang tidak dia perlukan untuk hidupnya, maka yang tidak diperlukan itu berpotensi hadir meramaikan hidupnya. Orang-orang yang tersadarkan selalu mampu mengidentifikasi apa yang dia butuhkan buat hidupnya, lalu dia hanya berkonsentrasi pada apa yang dia butuhkan. Dan juga, dia tidak pernah akan membandingkan dirinya dengan orang lain, karena dia telah mengalokasikan semua fokus dan energi hidupnya buat hal-hal yang dia perlukan untuk menjadi diri sendiri yang unggul.

Djajendra


MENGHADAPI ORANG YANG BERWAWASAN DANGKAL

Pertanyaan

Bagaimana cara menghadapi orang yang berpendidikan tinggi tapi selalu ngotot dengan membenarkan wawasan dangkalnya?

Djajendra Menjawab

Wawasan seseorang sangat dipengaruhi oleh sistem keyakinan hidup. Oleh karena itu, walaupun seseorang secara formal memiliki pendidikan sangat tinggi, tapi bila semua pengetahuan yang sangat tinggi itu dikendalikan oleh sistem keyakinan orang tersebut, maka orang tersebut biasanya akan menutupi dirinya sebatas akal dan logika dari sistem keyakinan dirinya.

Anda tidak mungkin bisa berdiskusi atau melakukan brainstorming dengan seseorang yang menutupi semua kecerdasan dan pengetahuannya sebatas akal dan logika dari sistem keyakinannnya. Oleh sebab itu, saat Anda menghadapinya, Anda harus berjiwa besar dalam akal sehat untuk tidak menghakimi orang tersebut. Pastikan Anda sekedar mendengarkan sambil tersenyum dan jangan berdebat tentang apa pun dengan orang tersebut. Lebih baik Anda pahami melalui kecerdasan empati Anda untuk membiarkan orang tersebut hidup bersama wawasan dangkalnya.

Djajendra