MOTIVASI DJAJENDRA

MOTIVASI HARUS DILENGKAPI SIKAP SABAR DAN TEGAR

Motivasi diri bila tidak dilengkapi dengan sikap sabar dan tegar, akan mudah menimbulkan rasa bosan saat diri harus menunggu kedatangan sukses. Bahkan kadang-kadang, ketidaksabaran diri berpotensi untuk menimbulkan perasaan dan pikiran ragu atas kemampuan diri sendiri untuk meraih sukses. Padahal, sukses sedang dalam perjalanan yang sangat panjang untuk memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan buat diri.

DJAJENDRA


SALING MENGHORMATI DAN MENGHARGAI

Kebersamaan diri bersama orang-orang terdekat yang dicintai memerlukan hubungan yang saling mengerti, saling memaafkan, dan saling jujur satu sama lain. Bila kedekatan dan kebersamaan tidak dalam hubungan yang saling menghargai dan saling menghormati jati diri masing-masing, maka diri sangat mudah terjebak dalam percekcokan kecil, yang bila tidak disadari, akan terus membesar dalam percekcokan yang saling menyakiti. Padahal, semua orang tahu bahwa sebuah kebersamaan tidak akan pernah abadi untuk selamanya. Setiap orang di dalam kebersamaan dan cinta selalu akan berjalan sangat cepat bersama waktu yang sangat singkat. Dan, tidak pernah tahu kapan perpisahan abadi itu akan terjadi. Kenapa keikhlasan hati untuk saling menghormati, saling menghargai, saling mencintai, dan saling memahami jati diri masing-masing bisa diabaikan dan digantikan dengan perdebatan untuk percekcokan yang saling menyakiti? Bukankah lebih baik menghargai orang-orang terdekat seperti apa adanya mereka? Kemudian, memberikan cinta dan kepedulian sesuai realitas, tanpa berharap realitas seperti yang dirimu inginkan.

DJAJENDRA


SIKAP HIDUP PRIBADI

Setiap orang pasti memiliki sikap hidup yang biasanya ditunjukkan kepada orang lain melalui gaya, gambaran, fantasi, suasana hati, kepribadian, dan simbol. Semua itu seolah-olah akan menjadi seperti jati diri kehidupan seseorang, yang kadangkala bisa dinilai positif ataupun dinilai negatif oleh orang lain.

DJAJENDRA


BELAJAR

Bila dirimu sudah mulai meninggalkan belajar, maka dirimu sudah memulai proses untuk memundurkan kualitas diri. Belajar adalah keadaan yang harus berlangsung seumur hidup. Bila dirimu sudah merasa tahu semua, maka kemauan belajar dirimu akan terganggu, karena di dalam dirimu yang sudah merasa tahu semua, akan sulit menundukkan hati untuk menggali ilmu lebih dalam lagi.

Belajar yang baik adalah melatih secara teratur memori diri dengan informasi dan nilai kehidupan terbaik, agar pengetahuan terbaik yang diterima dapat bertahan dalam memori jangka panjang diri.

Belajarlah setiap hari dan kemudian rendahkan hatimu untuk terus-menerus belajar, walau mungkin orang-orang di sekitarmu sudah menganggap dirimu luar biasa pintar. Tapi, bila satu hari saja kau hentikan proses belajarmu, maka pengetahuanmu akan berkurang sangat banyak, dan akan tertinggal sangat jauh, oleh kecepatan pergerakan informasi di jaman yang baru ini.

DJAJENDRA


KHAWATIR

Khawatir tentang kegagalan sama saja dengan mengundang kegagalan ke dalam hidup. Sebagian besar peluang dan kesempatan untuk sukses kadang-kadang hilang oleh perasaan takut gagal. Ketika dirimu ketakutan akan kegagalan, maka saat itu semua energimu akan terfokus kepada kegagalan. Hasilnya, potensi kegagalan akan semakin membesar untuk setiap hal yang kau lakukan. Oleh karena itu, latihlah dirimu untuk benar-benar tidak mengenal kepada kegagalan, dan setelahnya, isilah jiwamu dengan nilai-nilai kehidupan hanya untuk mengenal sukses, agar energi sukses selalu menjadi bagian dari hidupmu.

DJAJENDRA


PRASANGKA BURUK

Prasangka buruk adalah energi buruk yang dapat memburuk-burukan hal-hal baik dan orang-orang baik. Akibatnya, semua suasana hati yang baik dalam keharmonisan kehidupan dapat dirusak oleh prasangka buruk. Bila prasangka buruk sudah menyebar dan menebarkan nilai-nilai kehidupan yang jauh dari keharmonisan dan kedamaian, maka prasangka buruk dapat berubah wajah menjadi alat untuk menyalahkan orang lain. Pengaruh dari prasangka buruk bila tidak dimbangi dengan pengetahuan yang mencerahkan hati dan pikiran, maka prasangka buruk dapat membangun fondasi yang sangat kuat, untuk menjadi alat dalam memberikan stigma negatif kepada orang-orang yang tidak disukai.

DJAJENDRA